Brilio.net - Cumi merupakan salah satu seafood atau makanan laut yang paling populer. Cumi bisa diolah menjadi berbagai macam menu yang sangat lezat dan menggugah selera, seperti digoreng, tumis, bakar, dan lain sebagainya.

Namun rupanya, saat mengolah cumi ada cara khusus, karena bila salah memasaknya, cumi akan menjadi alot. Executive Chef Swiss Belhotel Airport, Imbron Fakhrudin memberi contoh, bila memasak cumi goreng tepung lebih baik menggunakan air dingin yang berfungsi melindungi cumi agar saat digoreng tidak menjadi keras.

Olahan cumi © 2017 brilio.net


"Kalau pake es cumi ini terlindungi, proses mengerasnya lama," jelasnya kepada media di Swiss Belhotel Airport belum lama ini.



Selain itu, Chef Imbron mengatakan saat ingin membuat olahan cumi yang menggunakan kuah, lebih baik cuma dimasak di tempat yang berbeda.

"Kalau masak cumi, dimasak di tempat yang berbeda sama bumbu. Jadi rebus cumi di wadah dengan air mendidih lalu masukkan cumi dan langsung angkat, tidak perlu didiamkan, langsung angkat karena itu akan membuat cumi menjadi keras," tuturnya.

RECOMMENDED