Cara menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama foto: indiatimes.com

Masak Yuk

Cara menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama

Langkah pertama sih daging hewan kurban jangan dicuci...

Lola Lolita, 12 Agustus 2019 08:50

Brilio.net - Tepat 11 Agustus 2019 kemarin, umat muslim di Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha. Seperti yang diketahui Idul Adha atau kerap disebut Hari Raya Haji ini identik dengan hewan kurban. Bagi umat muslim yang mampu maka diwajibkan bagi mereka untuk berkurban. Di Indonesia sendiri umumnya kurban yang berupa sapi, kerbau dan kambing.

Daging kurban tersebut kemudian dibagikan kepada seluruh masyarakat sekitar, fakir miskin dan keluarga. Ada beberapa orang yang mungkin memilih untuk segera mengolahnya menjadi makanan lezat karena khawatir daging busuk atau tidak segar lagi.

Namun sebagian dari mereka ada yang menyimpannya agar bisa diolah keesokan harinya. Nah kamu perlu ketahui cara tepat menyimpan daging agar tetap segar dan berkualitas.

"Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk menyimpan daging kurban di lemari pembeku sehingga bertahan lama dengan kualitas yang tetap terjaga," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Yogyakarta seperti dilansir dari Antara.

Berikut ini langkahnya seperti dilansir brilio.net dari Antara, Senin (12/8).

 

1. Jangan dicuci.

Cara menyimpan daging yang benar istimewa

foto: healthline.com

 

Langkah pertama yang perlu kamu ketahui adalah, daging yang akan kamu simpan di dalam kulkas, jangan dicuci. Pasalnya daging yang dicuci malah mungkin tercemar bakteri bila tidak segera diolah.

 

2. Potong sesuai standar konsumsi keluarga.

Cara menyimpan daging yang benar istimewa

foto: pixabay.com

 

Orang sering lupa untuk membersihkan tangannya sebelum memotong daging. Padahal ini merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tidak ada bakteri yang menempel di daging. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menggunakan pisau bersih untuk memotong daging sesuai kebutuhan konsumsi keluarga.

"Jika dalam sehari rata-rata mampu mengonsumsi sekitar 300 gram daging, maka daging kurban perlu dipotong tiap 300 gram," kata Sugeng.

 

3. Simpan di wadah makanan.

Cara menyimpan daging yang benar istimewa

foto: babylino.gr

 

Setiap potongan daging ditempatkan di tempat yang berbeda. Pilih tempat penyimpanan yakni wadah makanan yang sudah tersertifikasi keamanannya.

"Jika daging disimpan dalam potongan besar dan tiap akan dimasak harus dicairkan untuk dipotong dan sisanya dibekukan kembali, maka kualitas daging akan menurun. Lebih baik dipotong sesuai standar konsumsi saja," katanya Sugeng.

Menurut Sugeng, daging yang disimpan dengan baik di lemari es, mampu bertahan cukup lama, yakni sekitar satu tahun. Terkadang saat daging kurban dipotong tidak dialasi, sehingga tanah atau pasir menempel. Jika Anda mendapatkan daging seperti ini sebaiknya langsung dimasak.

"Terkadang, ada saja daging yang kotor karena terkena debu atau pasir saat dipotong. Jika kondisinya seperti itu, maka lebih baik langsung diolah saja," kata Sugeng.

Penting bagi masjid mengetahui tata cara penyembelihan dan pemotongan hewan kurban yang baik dengan memperhatikan higienitas dan sanitasi lingkungan.

 

 

RECOMMENDED

(brl/lin)

Daging Kurban Hewan Kurban Idul Adha

More delicious idea for you

5 Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit
18 Resep masakan jengkol paling nendang, mudah dan sederhana
Jalani diet tapi tak kunjung langsing, begini penjelasan medisnya
Sate dan makanan panggang bisa sebabkan kanker, ini penjelasannya
6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker
6 Resep olahan daging dari berbagai negara ini bisa kamu coba
4 Kandungan makanan cegah radikal bebas, lindungi tubuh dari polusi
11 Resep rempeyek gurih renyah, enak dan sederhana
15 Resep olahan kangkung istimewa, super simpel dan nikmat
Cara menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama
Back to top BACK TO TOP