Brilio.net - Ngomongin soal kuliner di Indonesia seringkali kita mengidentikannya dengan William Wongso. Pakar kuliner ini memang dikenal memiliki perhatian khusus terhadap beragam citarasa Indonesia.

Bukan sekadar mengulik soal rasanya, Om Will, begitu dia biasa disapa, juga kerap menelusurinya dari sisi akar budaya dan sejarah kuliner itu sendiri. Bahkan ia tak segan blusukan ke daerah-daerah atau pasar-pasar tradisional di Indonesia untuk mendapatkan informasi langsung dari peracik kuliner yang ingin dia ketahui.

Tak heran jika Om Will ketika berbicara satu jenis kuliner, maka dia bakal menguliknya secara detail, termasuk soal aneka bahan yang terdapat pada makanan tersebut.

“Selama ini kalau kita bicara kuliner selalu ngomongin resep-resep saja. Tapi pernahkah kita tahu soal sejarah dan budaya yang ada pada kuliner itu. Jadi kalau kalian ke satu daerah, misalnya Aceh, belajarlah soal kuliner di situ dari masyarakat langsung,” ujar Om Will dalam jumpa pers virtual peluncuran lauk siap makan Pawon Om Will, Kamis (8/4/2021).

Loading...

Om Will selama ini memang dikenal bukan hanya berkutat soal rasa semata, tapi sangat perhatian pada pelestarian kuliner yang merupakan bagian dari budaya Indonesia.

Apalagi Indonesia sangat dikenal sebagai negara yang bukan hanya kaya suku bangsa tapi juga keragaman budaya, termasuk kuliner. Sayangnya, hingga saat ini masakan Indonesia relatif belum terekspos dengan baik di mancanegara dibandingkan kuliner Korea, Vietnam, dan Thailand.

Mirisnya lagi nih, di dalam negeri saja, terutama generasi muda, lebih memilih sajian khas budaya lain karena dinilai lebih kekinian dan praktis. Padahal jika dipromosikan dengan lebih baik, bukan tidak mungkin masakan Indonesia menjadi yang terbaik di dunia.

Racik lauk siap makan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pawon Om Will | Siap Makan (@pawonomwill)

Fenomena inilah yang membuat Om Will tergerak memajukan kuliner Indonesia lewat lauk siap makan Pawon Om Will (POW). Produk ini hadir dalam tiga varian yakni ayam bumbu bali, opor ayam, dan rendang ayam yang dikemas dalam kemasan praktis 100 gram. Om Will juga sedang melakukan riset untuk mengembangkan produk sambal dan bumbu pasta.

Lewat produk ini, Om Will ingin memperkenalkan dan melestarikan masakan khas Nusantara di kancah Internasional, dan mengubah persepsi yang sudah ada di masyarakat bahwa makanan Indonesia repot dan tidak sehat.

“Ini adalah cara saya memperkenalkan kuliner Indonesia kepada generasi muda Indonesia dan juga pada dunia. Saya ingin mereka bisa menikmati kekayaan rasa negeri ini dengan mudah dan tanpa khawatir,” kata Om Will.

Cermat memilih bahan

Cara William Wongso Lestarikan Kuliner Nusantara  © 2021 brilio.net

Melalui produk ini Om Will mengembangkan berbagai resep Nusantara dengan bahan serta cara pengolahan yang halal dan alami, termasuk pengganti santan FiberCreme, yang tinggi serat, rendah gula, dan mengandung nol miligram kolesterol.

Proses pengemasannya pun dilakukan secara retort atau sterilisasi produk dengan pemanasan. Tujuannya untuk membunuh bakteri sehingga produk ini bisa bertahan di suhu ruang hingga satu tahun meski tanpa bahan pengawet. Meski demikian, rasa autentik dan kandungan gizinya tetap terjaga.

Nah menariknya, proses tersebut memungkinkan produk Om Will ini bisa dikonsumsi langsung tanpa harus dimasak. Jadi dengan mudah dibawa kemanapun sebagai oleh-oleh khas Indonesia, serta bisa dikonsumsi kapanpun dan di manapun.

Cara William Wongso Lestarikan Kuliner Nusantara  © 2021 brilio.net

Selama ini, Om Will secara cermat memilih bahan terbaik dan sehat dalam  mengembangkan resep. Cara ini pula yang ia lakukan untuk membuat lauk siap makan POW sehingga  bisa dibawa kemana-mana, disimpan dalam waktu lama, dan dinikmati sewaktu-waktu.

Menariknya, produk OM Will ini juga telah diekspor ke Amerika Serikat dan Turki untuk memenuhi permintaan pecinta masakan Indonesia yang ada di kedua negara tersebut.

Nah buat yang penasaran dengan lauk siap makan POW, kamu bisa mendapatkannya secara daring melalui e-Commerce dan order web, termasuk di modern market. Selain itu, lauk siap makan POW juga bisa didapatkan melalui reseller yang ada di Jabodetabek, Karawang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Semarang.

RECOMMENDED