Brilio.net - Nasi uduk jadi salah satu menu andalan masyarakat Indonesia. Rasanya menu satu ini hampir disukai semua orang. Nasi uduk juga cocok kalau disebut sebagai menunya orang Indonesia. Kenapa nggak? Menu ini menyajikan lauk pauk yang disandingkan dengan nasi panas. Widih dijamin bakal bikin kenyang dan perut jadi tenang. Berbagai macam pilihan lauk ini nggak cuma enak tapi juga penuh nutrisi.

Menu nasi uduk juga kerap dijadikan menu andalan untuk sajian keluarga. Bahan yang mudah didapatkan, rasanya yang nikmat dan bisa dinikmati bersama jadi poin andalan buat masakan satu ini. Eh tapi jangan sedih, anak kos juga cocok kok buat bikin nasi uduk. Selain bisa dinikmati sendirian, kamu juga bisa ajak tetangga kos-an. Nah, makan ramai-ramai depan kamar pasti akan jadi lebih nikmat deh.

Salah satu alasan lain kenapa nasi uduk cocok untuk anak kos, karena pembuatannya yang mudah nih. Apalagi nasi uduk juga bisa dibuat menggunakan rice cooker. Andalan banget dong buat anak kos? Langsung sikat deh keburu ngiler. Simak ya ulasan brilio.net pada Selasa (2/6) dari berbagai sumber berikut.

1. Nasi uduk.

Resep nasi uduk © 2020 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@byviszaj

Bahan:
- 3 cup beras
- 5 cup air santan
- 2 serai, potong dan geprek
- 4 daun pandan
- 4 daun salam
- 1 sdt jinten bubuk (optional)
- Garam secukupnya

Bahan pelengkap:
- Bihun goreng
- Tempe kering
- Telur dadar iris
- Bakwan goreng
- Kerupuk
- Sambal kacang

Cara membuat:
- Cuci beras sampai bersih. Masukkan beras pada rice cooker.
- Masak air santan dengan serai, daun salam, daun pandan dan garam. Masak sampai mendidih sebentar sambil diaduk.
- Masukkan santan bersama bahan-bahan yang sudah dimasak pada rice cooker, aduk lalu tekan tombol "cook" seperti biasa.
- Masak sampai matang. Setelah tombol "cook" mati, aduk rata nasi pelan-pelan lalu tutup lagi sebentar.
- Atau bisa juga masak nasi uduk untuk dikukus, setelah masak air santan masukkan beras untuk diaron.
- Lalu kukus nasi uduk sampai matang. Taburkan bawang goreng, siap sajikan dengan pelengkap lainnya.

2. Nasi uduk cabai.

Resep nasi uduk © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ifah_lc

Bahan:
- 2 helai daun jeruk
- 3 helai daun salam
- 1 batang serai
- 1 cm jahe
- 1 helai daun kunyit
- 700 ml santan
- 500 gr beras

Cara membuat:
- Aduk dalam satu panci. Bisa masak di ricecooker agar lebih aman dan tidak gosong.
- Takaran air tetep dengan patokan 2 garis jari telunjuk dari permukaan atas beras.

3. Nasi uduk magic com.

Resep nasi uduk © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@uminyanada.kitchen

Bahan:
- 3 cup beras
- 4 butir cengkeh
- 2 lembar daun pandan
- 2 lembar daun salam
- 2 batang sereh, memarkan
- Santan sebanyak masak nasi biasa
- Garam secukupnya

Cara membuat:
- Cuci beras sampai bersih, masukkan semua bahan, lalu santan, aduk rata kemudian tekan tombol cook.
- Tunggu sampai matang, sajikan dengan lauk pendamping.

4. Nasi uduk biru.

Resep nasi uduk © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@fransiskarie

Bahan:
- Beras secukupnya
- 20 kuntum bunga telang, rendam dalam air, peras supaya warnanya keluar, lalu saring
- Santan (sesuaikan banyaknya dengan takaran beras)
- 5 butir bawang merah, iris
- 3 siung bawang putih, iris
- 1 ruas lengkuas, memarkan
- 2 batang serai, memarkan
- 3 lembar daun salam
- 4 lembar daun jeruk, sobek-sobek
- 1 lembar pandan, sobek-sobek
- 2 sdm garam (sesuaikan dengan jumlah beras dan santan)
- 1 sdm margarin

Cara membuat:
- Campur air bunga telang dan santan, tambahkan semua bumbu, aduk rata.
- Tuang campuran santan dan bumbu ke dalam magic com, lalu masukkan beras. Ukur air sesuai dengan kebutuhan.
- Masak nasi seperti biasa.

5. Nasi uduk hijau pandan.

Resep nasi uduk © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hartatitrifena

Bahan:
- 350 gr beras pulen
- 450 ml air jus pandan (5 lembar daun pandan + 3 lembar daun suji)
- 100 ml santan kara
- 2 batang serai
- 2 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- 1 st kaldu jamur bubuk
- 1/2 st garam

Bahan pelengkap:
- Tempe orek
- Perkedel kentang
- Bihun goreng
- Empal gepuk
- Telur dadar
- Krupuk

Cara membuat:
- Cuci bersih beras, tiriskan
- Rebus air daun pandan, santan, serai, daun salam dan daun jeruk hingga mendidih, masukkan beras, aduk rata, beri kaldu jamur dan garam.
- Masak beras sampai jadi aron, angkat.
- Kukus kurleb 45 menit atau sampai matang, aduk rata, buang daun-daunan, sajikan dengan pelengkap.

6. Nasi uduk praktis.

Resep nasi uduk © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@icha.irawan

Bahan:
- 2 cup beras
- 200 ml santan instan
- 1 batang serai, memarkan
- 1 lembar daun pandan
- 2 lembar daun salam
- 3 butir cengkeh
- Garam secukupnya
- Air.

Cara membuat:
- Cuci beras hingga bersih, tambahkan santan, masukkan bumbu-bumbu dan daun.
- Lalu tambahkan air sesuai ukuran masak nasi seperti biasa.
- Tekan tombol cook. Tunggu hingga tanak.
- Jika masih agak keras, tambahkan sedikit air lagi. Aduk, lalu tekan kembali tombol cook.
- Tunggu hingga nasi tanak. Sajikan dengan bawang goreng.

7. Nasi uduk Betawi.

Resep nasi uduk © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@enengsari

Bahan:
- 1 liter beras
- 1/2 butir kelapa parut
- 1-1/2 liter air putih

Bumbu halus:
- 1 sdm munjung ketumbar
- 1/3 sdt lada putih
- Garam secukupnya

Bumbu geprek:
- 2 cm kencur
- 3 cm jahe
- 5 cm lengkuas
- 4 bh sereh
- 10 lbr daun salam (jika kecil boleh jadi 15 lbr)

Bahan pelengkap:
- 1 sdm minyak goreng bekas goreng bawang goreng.

Cara membuat:
- Masak dalam panci campuran bumbu halus, bumbu geprek & air putih sampai mendidih. Tetap masak hingga tambahan waktu kira-kira 5 menit. Angkat dinginkan.
- Setelah dingin saring bumbu (untuk bumbu geprek tidak perlu dipisahkan, yang disisihkan hanya bumbu halus).
- Masukkan kelapaparut ke dalam air hasil saringan untuk dijadikan santan (banyaknya air santan untuk membuat beras aron / nasi uduk sama dengan banyaknya air ketika masak nasi biasa)
- Masak santan hingga mendidih.
- Masukan beras aduk agar tidak hangus. Masak hingga ada sisa air santan sekitar 5 ml dipermukaan.
- Matikan kompor, campurkan 1 sdm minyak sisa goreng bawang, aduk.
- Siapkan panci kukusan, masukkan aronan beras masak hingga 1- 1/4jam.

8. Nasi uduk ubi ungu.

Resep nasi uduk © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hendrikabundapurple

Bahan:
- 3 gelas ukur magic com beras, cuci bersih
- 3 lembar daun salam
- 1 btg serai, memarkan
- 2 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 3 siung bawang putih, cincang, tumis sampai harum
- 200 ml santan instan
- 200 gr ubi ungu, kukus
- 400-600 ml air

Cara membuat:
- Blender ubi ungu dengan santan hingga lembut.
- Masukkan beras, bubur ubi ungu, daun salam, serai, bawang putih, garam, merica dan air ke dalam magic com, aduk rata, masak sampai matang.
- Saat tanda sudah berpindah ke 'warm' aduk rata, diamkan 15-30 menit.
- Siap disajikan dengan pelengkap.

RECOMMENDED