Brilio.net - Ayam geprek merupakan kuliner yang cukup tren sekarang ini. Tak heran memang kuliner satu ini begitu digemari, ayam yang digeprek di atas cobek bersama cabai memang dapat menggoyang lidah setiap orang yang mencicipinya. Nah, sekarang ini, orang semakin kreatif untuk mengkreasikan beberapa jenis makanan yang memang lagi hits.

Salah satu yang cukup diburu pecinta kuliner pedas saat ini ternyata ayam geprek keju mozarella. Tentunya sudah kebayang dong, gimana enaknya ayam dengan paduan keju mozarella? Lumer di mulut dengan rasa pedasnya, nggak ada yang bisa nolak deh untuk mencicipi ayam geprek satu ini. Dijamin bikin ketagihan.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba ayam geprek mozarella, kamu bisa kok membuatnya sendiri. Caranya mudah banget.

Berikut beberapa resep ayam geprek mozarella, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/10).


1. Ayam geprek mozarella sambal korek.

Resep ayam geprek mozarella mudah dibuat istimewa

foto: Instagram/@wulandariiiri



Bahan-bahan:
- 1 potong ayam fried chicken yang sudah jadi dan siapkan secukupnya keju mozarella

Bahan sambal korek:
- 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
- 1 siung bawang putih
- Sedikit garam
- 1 sdm minyak goreng panas

Cara membuat:
- Buat sambal korek terlebih dahulu, lalu sisihkan
- Taruh ayam di atas cobek lalu keprak/geprek dan beri sambal korek di atasnya
- Parut keju mozarella di atas teflon lalu panaskan dengan api kecil aja
- Kalau semua mozarella sudah meleleh, segera tuangkan di atas ayam yang sudah diberi sambal dan digeprek
- Ayam geprek mozarella sambal korek siap dihidangkan dengan nasi panas.


2. Ayam geprek mozarella.

Resep ayam geprek mozarella mudah dibuat istimewa

foto: Instagram/@reseptaste



Bahan-bahan:
- 1 potong dada ayam, cuci bersih, lumuri air jeruk nipis dan garam, bilas
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 2 bawang putih, parut halus
- 1 sdt jahe parut

Bahan pencelup:
- 2 butir telur, kocok lepas dengan sedikit garam

Bahan tepung bumbu (campur dan ayak rata):
- 1 bks tepung bumbu serbaguna
- 5 sdm terigu
- 1/2 sdt merica bubuk

Bahan sambal:
- Sesuai selera cabai rawit merah (pedas sesuai selera)
- 2 buah cabai merah keriting
- 2 siung bawang putih
- Secukupnya garam dan gula pasir
- Minyak panas secukupnya
- Keju mozarella secukupnya

Cara membuat:
- Iris daging ayam tipis-tipis besarnya sesuai selera. Marinasi ayam dengan sisa bahan minimal 30 menit
- Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Ambil potongan ayam, balur ke tepung bumbu, celupkan ke kocokan telur, balur lagi dengan tepung bumbu sambil ditekan-tekan dan dicubit biar keriting
- Goreng ayam hingga matang, angkat tiriskan
- Ulek semua bahan sambel, beri minyak panas
- Geprek ayam tepung ke sambal hingga merata
- Tata ayam, beri keju mozzarella di atasnya, panggang hingga keju meleleh
- Angkat, sajikan dengan nasi dan lalapan


3. Ayam geprek sambal matah mozarella.

Resep ayam geprek mozarella mudah dibuat istimewa



foto: cookpad.com/Cuanesa Eva Puspita



Bahan-bahan:
- 1/4 kg filet dada ayam
- Bahan pencelup basah
- 2 sdm tepung terigu
- 1 sdt masako
- 1 butir telur
- 2 sdt merica bubuk
- Bahan pencelup kering
- Secukupnya tepung terigu
- 1/2 sachet masako
- Bahan sambal matah
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 serai ukuran jari tengah
- 2 lembar daun jeruk
- 1 tomat
- 10 cabai rawit
- 2 cabai merah
- Secukupnya mozarella

Cara membuat:
- Potong dada ayam menjadi beberapa bagian
- Campur semua bahan pencelup basah. Masukkan ayam ke dalam adonan pencelup basah, lalu gulingkan ke adonan pencelup kering. Lakukan sampai habis
- Goreng ayam dengan api kecil agar matang sempurna. Goreng hingga kecokelatan lalu tiriskan
- Potong dadu bawang merah, bawang putih, dan tomat
- Potong serong kecil-kecil cabai rawit, cabai merah, daun jeruk, dan serai
- Campur sambal menjadi satu. Panaskan minyak yang benar-benar panas. Lalu siram ke dalam sambal matah
- Geprek ayam dengan cobek
- Tata ke dalam teflon. Taburi sambal matah di atasnya. Parut keju mozarella, lalu taburi di atas sambal matah
- Panaskan teflon dengan api sangat kecil lalu tutup teflonnya
- Jika sudah meleleh. Tata ke dalam piring
- Ayam geprek sambal matah mozarella siap dihidangkan


4. Ayam geprek mozarella simpel.

Resep ayam geprek mozarella mudah dibuat istimewa

foto: cookpad.com/Kristina Heryawati



Bahan-bahan:
- 500 gr fillet ayam bagian paha atau dada
- Secukupnya minyak goreng

Bumbu perendam :
- 1 sdm bawang putih giling
- 1 sdt lada bubuk
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm penyedap rasa jamur/ayam

Bahan baluran:
- 1 sachet ukuran kecil tepung bumbu serbaguna
- 5 sdm tepung terigu serbaguna
- 1 butir telur

Topping:
- Secukupnya mozarella

Cara membuat:
- Cuci bersih fillet ayam, buang bagian lemaknya, sisihkan
- Marinasi dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, lada, garam, kaldu jamur (atau penyedap rasa lainnya)
- Campur jadi satu, taruh di kulkas minimal 30 menit. Kemudian siapkan telur yang sudah dikocok kasar, tepung (campur tepung bumbu serbaguna dengan tepung terigu)
- Masukkan ayam di telur kemudian gulingkan di terigu sampai rata (sambil sedikit ditekan-tekan daging ayam dengan tepungnya), lalu goreng ayam di minyak panas dengan api sedang cenderung kecil, agar ayam matang merata. Goreng sampai berwarna kecokelatan. Tiriskan
- Geprek ayam dengan ulekan. Lalu taruh di wadah
- Kemudian potong tipis mozarella lalu taruh di atasnya dan lelehkan dengan oven (bisa juga microwave)


5. Ayam geprek mozarella tanpa sambal.

Resep ayam geprek mozarella mudah dibuat istimewa

foto: cookpad.com/Dewi Rhainy



Bahan-bahan:
- 500 gr ayam dada fillet atau ayam potongan utuh

Bumbu perendam:
- 1 sdm bawang putih giling
- 1 sdt lada bubuk
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm penyedap rasa jamur/ayam

Untuk menggoreng:
- 1 sachet ukuran sedang tepung bumbu serbaguna
- 1 butir telur
- Minyak goreng

Cara membuat:
- Belah tipis-tipis ayam fillet, boleh juga ayam potongan, aduk rata dengan bumbu perendam/marinasi, setelah itu diamkan di kulkas, semakin lama semakin baik agar bumbu meresap
- Jika sudah mau di goreng, campurkan telur ke dalam ayam lalu aduk rata, lalu lumuri dengan tepung bumbu, sambil sedikit ditekan-tekan ketika melumuri/menyelimuti daging ayam dengan tepungnya
- Goreng dengan minyak panas, dengan api kecil supaya matang sampai ke dalam, goreng sampai kuning kecokelatan (lebih baik lagi jika menggorengnya dengan minyak banyak sampai ayamnya terendam)
- Setelah digoreng, angkat, lalu panas-panas ayamnya digeprek/tumbuk, letakkan di piring, taburi dengan mozarella parut
- Mozarela akan meleleh karena daging ayam masih panas ketika ditaburi mozarella, atau bisa juga setelah ditaburi mozarella, bakar sedikit dengan bantuan torch
- Sajikan