35 Resep sambal khas Nusantara, menggugah selera foto: Instagram/@kumpulansambalenak & Instagram/@sambal.mama_lily

Masak Yuk

35 Resep sambal khas Nusantara, menggugah selera

Menu pendamping makanan yang pedas dan nikmat.

Lola Lolita, 16 Mei 2019 17:03

Brilio.net - Sambal menjadi salah satu pelengkap makanan yang banyak digemari di Indonesia. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, makanan akan terasa lebih nikmat jika ada sambal. Seperti yang diketahui Indonesia terdiri dari gugusan pulau. Hal ini jelas memberikan keunggulan tersendiri bagi Indonesia, salah satunya adalah kekayaan alam, rempah-rempah, hingga bahan baku kuliner yang khas.

Setiap daerah akan memiliki ragam kiliner yang berbeda. Meski terkadang ada beberapa makanan terbilang sama, tetap saja rasanya memiliki ciri khas tersendiri. Sambal merupakan salah satu contohnya. Hampir di setiap daerah mempunyai sambal, namun setiap daerah punya keistimewaannya masing-masing.

Buat kamu nih yang doyan makan sambal, coba beberapa jenis sambal khas Nusantara berikut ini, di jamin selera makan akan bertambah dan buat kamu bakal ketagihan. Nah untuk bisa mencicipi setiap sambal di Nusantara, kamu nggak perlu repot-repot mengunjungi daerahnya jika tidak sempat, kamu bisa membuatnya sendiri.

Berikut ini ada beberapa jenis sambal khas Nusantara yang bisa kamu buat sendiri. Seperti apa? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/5).

1. Sambal bajak

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@ideresepmakanan

Sambal satu ini dijamin nggak ada yang berani menolak deh! Makan dengan nasi hangat, ditambah tempe goreng dan ayam goreng, rasanya pasti nendang banget.

Bahan-bahan:
- Segenggam cabai rawit.
- 8 Cabai merah keriting.
- 5 Siung bawang putih.
- Garam secukupnya.
- Minyak panas secukupnya.

Cara membuatnya:
- Goreng cabai dan bawang sebentar saja, kemudian ulek kasar.
- Beri garam secukupnya.
- Terakhir siram pakai minyak goreng panas.

2. Sambal belimbing wuluh

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@serbapedas.id

Wah dari gambarnya saja sudah bikin ngiler ya. Yuk buat sendiri!

Bahan-bahan:
- 4 Buah belimbing wuluh besar.
- 1 Buah terasi.
- 10 Buah cabai rawit.
- 1 Buah bawang putih.
- 1 Sdt garam.

Cara membuatnya:
- Rebus belimbing wuluh terlebih dahulu (atau boleh langsung ulek).
- Campurkan semua bahan lalu di ulek. Beri garam dan gula.
- Masukan 2 sdt gula.

3. Sambal cumi

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@dapur_ibok

Wah tampaknya ini bisa jadi paduan yang pas, sambal cumi bakal buat selera makan nambah.

Bahan-bahan:
- 1/4 Kg cumi, bersihkan potong cincin, kucuri jeruk nipis.
- 3 Buah cabai merah keriting, iris serong.
- 1 Buah tomat, iris.
- Gula merah secukupnya.
- 1/2 Sdt gula pasir.
- 1 Sdt garam.
- 1/2 Sdt kaldu bubuk.
- Air asam jawa.

Bumbu halus:
- 5 Siung bawang putih.
- 3 Siung bawang merah.
- 6 Buah cabai merah keriting.
- 5 Buah cabai rawit merah.
- 1 Bungkus terasi kecil.

Cara membuatnya:
- Tumis bumbu halus hingga wangi.
- Masukkan cabe merah keriting, tomat, aduk hingga rata.
- Masukkan air asam jawa, gula jawa, garam dan kaldu bubuk, aduk hingga rata, tunggu mendidih.
- Masukkan cumi, masak sebentar.
- Sambal cumi siap disajikan.

4. Sambal bawang goreng

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@aneka_resep.sambel_indon

Sambal bawang goreng sering dijumpai di warung makan hingga restoran. Cita rasa yang menggugah selera pastinya enak banget. Dijamin bikin ngiler.

Bahan-bahan:
- 8 Siung bawang merah.
- 6 Siung bawang putih.
- 15 Buah cabai merah keriting.
- 6 Buah rawit (Jika ingin lebih pedas, kamu bisa nambahkan cabainya).
- 1 Buah Tomat merah ukuran sedang.
- 1 Sdt terasi.
- 200 Ml minyak sayur.
- 1 Sdm garam, lada.
- 2 Sdm gula pasir.

Cara membuatnya:
- Panaskan minyak di wajan lalu masukan semua bahan-bahannya.
- Masak hingga agak kecokelatan, lalu angkat.
- Ulek bahan yang telah digoreng, usahakan untuk tidak diulek terlalu halus.
- Masukan garam, gula dan lada ulek dan aduk rata.
- Masukan sisa minyak, kemudian aduk rata dengan sendok.
- Tambahkan sedikit jeruk nipis.

5. Sambal cumi asin pete

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@pandai_memasak

Campurkan pete dan cumi bisa jadi pelengkap makan paling nikmat nih. Yuk buat.

Bahan-bahan:
- 150 Gr cumi asin.
- 2 Papan pete.
- 1 Ons bawang merah.
- 1 Ons cabe rawit campur keriting merah.
- 3 Buah cabe merah besar.
- 1 Buah tomat merah besar.
- 1 Buah jeruk nipis.
- Secukupnya garam dan gula pasir.
- Minyak untuk menggoreng.

Cara membuatnya:
- Rendam cumi dengan air panas. Bilas dan bersihkan cumi. Goreng cumi sebentar, angkat sisihkan.
- Goreng cabai dan bawang setengah matang. Angkat. Beri air jeruk nipis, lalu ulek kasar/halus sesuai selera.
- Goreng cabai dan bawang yang sudah diulek dengan minyak agak banyak.
- Goreng dengan api kecil. Beri garam dan gulpas. Masukkan pete.
- Masak hingga cabai berwarna cerah dan minyak menjadi bening.
- Terakhir masukkan cumi asin. Masak sebentar matikan api.

6. Sambal tempe penyet kemangi

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@berbagiresepsambal

Tempe dan sambal memang kerap disatukan menjadi salah satu makanan yang cukup menggugah selera. Masak yuk!

Bahan-bahan:
- Iris tempe sesuai selera, lalu rendam dengan bumbu (ketumbar, garam, kunyit, bawang putih, sedikit kemiri) diamkan 15 menit, lalu goreng.
- Kemangi secukupnya.
- 2 Siung bawang putih.
- 4 Siung bawang merah.
- 10 Buah cabai rawit merah.
- 1 Sdt terasi bakar/ 1 bungkus kecil terasi goreng.
- 1 Buah tomat ukuran sedang.
- Garam dan gula secukupnya.

Cara membuatnya:
- Goreng bawang merah, putih, cabai, dan tomat sampai matang
- Haluskan beserta terasi bakar garam dan gula, bisa ditambah vetsin bila suka.
- Setelah halus siram sambel dengan 1 sdm minyak panas, aduk rata.
- Penyet tempe di atas sambel, tambah kemangi, aduk rata.

7. Sambal teri

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@sambal.mama_lily

Sambal teri memang menjadi banyak pilihan orang. Makan dengan nasi hangat, tambah menggugah selera.

Bahan-bahan:
- 100 Gr teri nasi, cuci bersih, goreng, sisihkan.
- 2 Buah bawang bombay ukuran sedang, kupas, potong-potong.
- 4 Siung bwg putih.
- 100 Gr cabai merah.
- 15 Cabai rawit.
- 2 Buah tomat potong-potong.
- 1 Bungkus terasi.
- Gula merah, garam, penyedap, minyak secukupnya.

Cara membuatnya:
- Goreng semua bahan sambal, setengah matang, angkat, ulek, tumis kembali.
Masukkan gula, garam, penyedap, teri, aduk rata.
- Koreksi rasa dan sambal teri siap disajikan.

8. Sambal mangga

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@kumpulansambalenak

Mungkin ini terdengar aneh bagi sebagian besar orang, namun percaya atau tidak sambal mangga enak banget.

Bahan-bahan:
- Cabai rawit dan cabai keriting secukupnya.
- 2 Siung bawang merah.
- 1 Buah tomat.
- 1 Sachet terasi, bakar sebentar.
- Gula merah dan garam secukupnya.
- Cacahan mangga muda.

Cara membuatnya:
- Campur semua bahan kecuali mangga, ulek, cek rasa, jika sudah pas terakhir beri cacahan mangga muda.

9. Sambal terong

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@qqieajoe

Sambal terong paling enak kalau di makan bersamaan dengan nasi hangat-hangat, duh nggak butuh lauk lainnya deh. Cukup pakai sambal saja.

Bahan-bahan:
- Buah terong ungu.
- 10 Cabai rawit merah.
- 10 Cabai merah keriting.
- 5 Siung bawang merah.
- 1 Siung bawang putih.
- 1/2 Buah tomat.
- Secukupnya gula garam.

Cara membuatnya:
- Goreng terong sampai matang angkat tiriskan.
- Buang kulitnya ambil bagian dalam lalu lumatkan dengan garpu.
- Rebus sebentar cabai bawang merah putih dan tomat sampai layu lalu ulek atau blender kasar.
- Panaskan wajan masak cabe yang telah di ulek/blender masukan gula dan garem masukan terong aduk rata biarkan sampai tercampur tes rasa.
- Angkat dan sajikan.

10. Sambal belut

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@langsungenakofficial

Mau coba yang beda? Coba deh buat sambal belut.

Bahan-bahan:
- 250 Gram belut yang sadah dibuang isi perutnya dan dicuci bersih.
- 10 Buah cabai rawit merah.
- 3 Buah cabai rawit keriting.
- 2 Siung bawang putih.
- Garam dan gula secukupnya.

Cara membuatnya:
- Goreng belut sampai kering, kemudian angkat dan tiriskan.
- Setelah agak dingin, bagi belut menjadi tiga bagian.
- Goreng cabai rawit dan cabai merah sampai layu, kemudian angkat dan tiriskan.
- Pakai minyak bekas menggoreng belut saja untuk menambah cita rasa.
- Ulek cabai yang telah digoreng bersama dengan bawang putih, garam dan gula sampai halus.
- Masukkan belut, penyet-penyet sedikit, lalu aduk sampai seluruh belut tercampur dengan sambal.
- Siram sambal belut dengan satu sendok makan minyak bekas menggoreng belut.
- Sambal belut siap dinikmati.

11. Sambal gledek

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@ladangkuliner

Dari gambarnya aja sudah enak banget nih. Kamu bisa coba buat di rumah. Gampang banget caranya.

Bahan-bahan:
- Segenggam cabai merah rawit.
- Segenggam cabai hijau rawit.
- Sedikit tomat merah/ setengah potong.
- 8 Siung bawang merah.
- 1 Keping terasi ukuran kecil lalu dibakar.
- 1/2 Sdt garam.
- 1/4 Sdt kaldu bubuk.
- Minyak sedikit.

Cara membuatnya:
- Panaskan minyak, goreng bawang merah dan tomat hingga setengah layu saja, angkat tiriskan.
- Taruh diatas cobek, beri terasi, kaldu bubuk dan garam ulek kasar dan siram dengan sedikit minyak panas kurang lebih 5 sdm.
- Siap disajikan.

12. Sambal jeruk limau

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@Betty Febrianita

Sambal dicampur dengan jeruk memang memiliki cita rasa yang sangat enak. Segar dan bikin nagih.

Bahan-bahan:
- 12 Siung bawang merah (sisakan 3 siung potong kecil-kecil).
- 4 Siung bawang putih.
- 3 Cabai merah.
- 10 Cabai merah keriting.
- Cabai rawit sesuai selera.
- 4-5 Tomat merah.
- Gula merah.
- Garam.
- Kaldu udang bubuk.
- 1 sdt terasi.
- Jeruk limau.
- Minyak goreng.

Cara membuatnya:
- Tumis bawang merah dan putih, aneka cabai, tomat, dan terasi.
- Pindahkan ke cobek tambahkan gula merah,garam dan kaldu bubuk ulek tambahkan perasan jeruk limau, koreksi rasa.
- Tumis sambal tambahkan potongan bawang merah ,tumis sampai bawang merah layu.

13. Sambal daun jeruk

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@berbagiresepsambal

Sambal daun jeruk bisa jadi pilihan yang tepat nih. Bakal jadi menu makanan yang enak banget nih.

Bahan-bahan:
- 20 Buah rawit lombok (rawit setan).
- 15-20 Rawit ijo biasa.
- 3 Siung bawang putih.
- 8 Siung bawang merah.
- 1 Buah tomat merha ukuran besar/ 2 tomat merha ukuran kecil
- Garam secukupnya.
- Gula pasir secukupnya.
- 3-4 Lembar daun jeruk, buang tulang daunnya.
- Asam sundai/jeruk limau secukupnya.
- Minyak goreng yang dipanaskan secukupnya.

Cara membuatnya:
- Ulek semua bahan (kecuali jeruk limo/asam sundai, daun jeruk & minya goreng).
- Panaskan minyak goreng bersm daun jeruk secukupnya, lalu tuang ke tempat cabai yang telah di ulek, aduk rata, tambahkan air jeruk limo/asam sundai.
- Siap disajikan.

14. Sambalado kutu

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@resep.minang

Sambalado kutu? Namanya unik banget ya. Tapi rasanya nggak bisa diremehin nih.

Bahan-bahan:
- Cabai rawit 50 gram atau sesuai selera.
- 3 Siung bawang putih, setengah buah tomat ukuran sedang.

Cara membuatnya:
- Goreng semua bahan, lalu ulek kasar.
- Tambahkan sedikit garam dan penyedap bila suka.
- Sajikan dengan lalapan dan lauk menu utama.

15. Sambal terasi

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@momychikitchen

Sambal terasi bukan menu baru di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan ini bisa jadi makan sehari-hari mereka lho.

Bahan-bahan:
- Rawit merah sesuai selera.
- 1 Siung bawang putih.
- 5 Siung bawang merah.
- 1 Buah tomat, potong menjadi 4 bagian.
- Terasi secukupnya.
- Gula dan garam.
- Gula merah secukupnya.
- Jeruk limau.
- Minyak goreng.

Cara membuatnya:
- Goreng sebentar dengan minyak panas semua bahan,kecuali gulgar dan gula merah, lalu ulek, beri gulgar dan gula merah, setelah itu siram dengan minyak panas, beri perasan jeruk limau, aduk rata.

16. Sambal tempat telur kemangi

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Hanhanny Photography

Bahan-bahannya mudah banget didapatkan, rasanya juga top banget deh! Cobain yuk!

Bahan-bahan:
- Tempe secukupnya (potong-potong beri bahan rendaman yang terdiri dari air, garam secukupnya dan 1 siung bawang putih halus).
- 1 Butir telur.
- Daun kemangi secukupnya.
- Minyak goreng secukupnya.

Bahan sambal:
- 15 Buah cabai rawit (pedas sesuai selera).
- 4 Buah cabai merah keriting.
- 3 Siung bawang merah.
- 4 Siung bawang putih.
- Sedikit terasi.
- 3 Cm kencur.

Cara membuatnya:
- Goreng Tempe hingga matang, angkat sisihkan.
- Kocok telur beri sedikit garam, dadar, sisihkan.
- Goreng bahan sambal sebentar, kemudian ulek dan beri sedikit minyak goreng panas bekas menggoreng tempe.
- Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk cek rasa, baru masukan potongan tempe, telur dadar, ulek kasar campur bersama daun kemangi,aduk rata.
- Siap disajikan

17. Sambal hijau Padang

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@rika_mustafa

Sambal hijau ini kerap dijumpai di rumah makan Padang. Nah kamu bisa membuatnya sendiri lho.

Bahan-bahan:
- 10 Buah cabai hijau besar.
- 6 Buah cabai hijau keriting.
- 10 Buah cabai rawit hijau, jika ingin lebih pedas boleh ditambah.
- 3 Buah tomat hijau.
- 5 Siung bawang merah.
- 2 Siung bawang putih.
- 1 Buah jeruk sambal.
- 2 Lembar daun jeruk.
- Penyedap rasa, optional.
- Minyak goreng untuk menumis.

Cara membuatnya:
- Rebus cabai, bawang dan tomat sebentar. Tiriskan.
- Taruh di ulekan (atau chopper tapi sebentar saja jangan terlalu halus), ulek kasar semua bahan yang direbus, tambahkan perasan jeruk.
- Panaskan minyak di wajan, agak banyak. Tumis sambal, tambahkan gula garam, penyedap rasa dan daun jeruk.
- Jika sambal sudah matang dan mengeluarkan minyak, matikan kompor.
- Dinginkan dan siap disajikan.

18. Sambal tomat usus

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@hobbyinem

Belum semua orang pernah membuat sambal tomat usus. Coba deh, rasanya nampol abis.

Bahan-bahan:
- 1/2 Kg usus bersihkan rebus sebentar.
- 4 Buah tomat ukuran sedang cincang.
- Garam secukupnya.
- Penyedap/gula secukupnya.

Bumbu halus:
- 10 Cabai rawit.
- 3 Siung bawang merah.
- 2 Siung bawang putih.
- 1 Sdt merica.
- 1 Ruas jari tangan jahe.

Cara membuatnya:
- Panaskan minyak tumis bumbu halus lalu masukan tomat aduk aduk sambil di tekan tomatnya sampai harum.
- Kemudian masukan usus rebus dan beri garam dan gula/penyedap aduk rata biarkan sebentar.
- Lalu koreksi rasa nya dirasa pas mati kan api angkat dan sajikan.

19. Sambel telur puyuh mix ati ampela

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@resephidangan

Siapa yang nggak ngiler coba? Buruan buat yuk!

Bahan-bahan:
- 5 Hati ampela, cuci bersih, rebus dengan salam jahe, garam secukupnya.
- 20 Butir telur puyuh rebus, kupas.
- Garam dan gula pasir secukupnya.
- Kaldu bubuk ayam secukupnya.
- 1 Papan petai.
- 1 Jumput terasi.
- 1 Jumput asam matang.
- Minyak goreng.
- Air secukupnya.

Bumbu halus:
- 3 Siung bawang putih.
- 8 Siung bawang merah.
- 10 Cabai merah rebus.
- 5 Cabai rawit rebus.

Cara membuatnya:
- Potong-potong ati ampela sesuai selera, goreng sebentar, sisihkan.
- Tumis bumbu halus sampai matang berminyak, masukan terasi, asam matang, garam gulpas, kaldu bubuk secukupnya aduk-aduk kemudian masukan ati ampela aduk-aduk kembali.
- Kemudian tambahkan telur puyuh dan air sedikit saj. Aduk-aduk biarkan sampai bumbu meresap, tes rasa.
- Menjelang diangkat masukan petai.
- Siap disajikan.

20. Sambal gami mandai

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@elabundaela

Banyak yang sudah mencoba sambal gami mandai dan ketagihan. Kamu juga bisa memasaknya!

Bahan-bahan:
- 2 buah mandai atau nangka muda lalu potong kotak.
- 4 Siung bawang merah.
- 1 Buah cabai merah besar.
- 9 Biji cabai rawit.
- 1 Buah tomat.
- 1/2 Sdt terasi.
- Sejumput garam dan secukupnya gula.
- Minyak goreng.

Cara membuatnya:
- Goreng hingga agak kering mandai, sisihkan.
- Iris semua bahan lain, diulek kasar juga bisa pada cobek tanah liat.
- Beri terasi, garam, gula, dan minyak goreng. Aduk rata.
- Panaskan cobek di kompor, masak hingga semua bahan layu, dan mendidih, masukkan mandai.
- Campur merata, masak sebentar lalu sajikan.

21. Sambal kecap

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@cooking.with.dil

Sambal kecap bukan jenis makanan yang baru. Rasanya sudah pasti tahu dong.

Bahan-bahan:
- 9 Cabai rawit (sesuai selera).
- 2 Sdm bawang merah goreng.
- 1 Sdm bawang putih goreng.
- Secukupnya garam.
- Secukupnya kecap.

Cara membuatnya:
Goreng cabai rawit sampai layu, kemudian haluskan bersama bawang merah dan bawang putih, beri garam dan kecap, lalu aduk rata.

22. Sambal Gandaria

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@_dapurvy

Gadaria merupakan jenis buah yang sangat segar, nah kalau dibuat sambal enak banget nih.

Bahan-bahannya:
- 10 Buah Gandaria, cuci buang bijinya, potong-potong.
- 10 Buah cabai rawit merah.
- 5 Buah cabai merah keriting.
- 1 Sdt terasi, bakar.
- 1 Sdm gula merah.
- Sedikit garam.
- Sedikit gula pasir.

Cara membuatnya:
- Rebus cabai sampai matang kurang lebih 5 menit, angkat dan tiriskan.
- Ulek kasar cabai dengan terasi, campurkan gula dan garam.
- Masukkan gandaria, geprek, campur rata.

23. Sambal goreng manis

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@karlinaazis

Sambal goreng manis cocok buat kamu yang tidak terlalu suka pedas.

Bahan-bahan:
- 1/4 Cabai merah.
- 10 Buah cabai rawit.
- 2 Buah tomat ukuran besar iris.
- 7 Siung bawang merah iris.
- 5 Siung bawang putih iris.
- Gula merah secukupnya.
- Secukupnya garam,kaldu bubuk.
- Minyak untk menumis.
- 3 Lembar daun salam.
- 1 Batang serai potong-potong geprek.

Cara membuatnya:
- Rebus cabai sampai matang. Lalu haluskan
- Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu iris, daun salam, dan serai masak sampai wangi.
- Masukan cabai yang sudah dihaluskan, garam, gula, kaldu masak sampai mengental dan sambal sedikit menyusut,cek rasa angkat.
- Siap disajikan.

24. Sambel goreng ebi

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@yani2n

Bakal enak banget nih sambal campuran ebi. Coba buat yuk.

Bahan-bahan:
- 100 Gr ebi direndam air panas sebentar lalu di sangrai sebentar, kemudian dihaluskan.
- 2 Lembar daun jeruk.
- 1 Buah jeruk nipis.
- 1 Sdt saus tiram.
- 1 Sdm kecap manis.
- 2 Jumput gula pasir atau 1 sdm gula merah.
- 1 Sdt lada halus.
- Garam, Kaldu jamur secukupnya.
- 5 Sdm minyak goreng.

Bumbu halus:
- 10 Buah bawang merah.
- 4 Siung bawang putih.
- 1 Buah tomat sedang.
- 15 Buah cabai merah keriting.
- 10 Buah cabai rawit merah.

Cara membuatnya:
- Panaskan minyak tumis bumbu halus, daun jeruk sampai berubah agak gelap.
- Tambahkan saus tiram, kecap, gula, lada, garam, kaldu jamur, aduk-aduk sampai rata setelah agak kering baru masukkan ebi halus.
- Masak sampai matang tambahkan air jeruk nipis, aduk rata koreksi rasa angkat.
- Sajikan.

25. Sambal kemangi

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@resep_bapak

Kemangi memang sering dijadikan lalapan, sesekali dijadiin sambal nggak apa-apa dong. Dijamin rasanya enak banget.

Bahan-bahan:
- 1-2 Ikat kemangi cuci tiriskan dan iris halus.
- 100 Gr cabai rawit hijau muda.
- 5 Siung bawang merah iris.
- 3 Siung bawang putih iris.
- Garam.
- Penyedap.
- Sedikit terasi.

Cara membuatnya:
- Goreng bawang merah, putih dan cabai hingga layu sisihkan, lalu goreng pula daun kemangi hinga layu.
- Ulek semua bahan hingga halus. Koreksi rasa.
- Sambal siap disantap.

26. Sambal dabu-dabu

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@masakancinta

Sambal dabu-dabu juga bisa jadi pilihan kamu untuk meningkatkan selera makan.

Bahan-bahan:
- 40 Cabai rawit hijau, iris.
- 20 Cabai merah, iris.
- 2 Buah tomat, iris.
- 25 Bawang merah, iris.
- 2 Buah jeruk nipis.
- Minyak goreng.
- Sedikit garam dan gula.

Cara membuatnya:
- Ambil wadah, isi dengan irisan cabai rawit, cabai merah, tomat, bawang merah, garam dan gula secukupnya dan air perasan jeruk nipis, aduk aduk, sisihkan.
- Selanjutnya, panaskan minyak goreng, tunggu sampai panas, kalau udah panas, angkat dan tuangkan minyak panas langsung ke wadah irisan sambal tadi, aduk aduk lgi ampe tercampur rata.
- Sambal siap disantap.

27. Sambal tomat

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@kumpulansambalenak

Sambal tomat juga merupakan favorit banyak orang. Coba buat yuk.

Bahan-bahan:
- 2 Buah cabai merah besar.
- Segenggam cabai rawit.
- 3 Buah tomat ijo atau tomat keriting/sayur ukuran sedang iris-iris biar lebih gampang nguleknya.
- 1 Bungkus terasi instan bakar.
- 2 Buah jeruk limau.
- 1 Sdm gula merah.
- Garam, kaldu secukupnya.
- Minyak goreng.

Cara membuatnya:
- Goreng cabai rawit, cabai merah, tomat hingga layu.
- Ulek bahan yang digoreng tadi bersama terasi bakar, tambahkan garam, gula merah, dan kaldu.
- Beri perasan jeruk limau, aduk-aduk dan koreksi rasanya.
- Sajikan.

28. Sambal pecel lele

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@seto_beri

Sambal pecel lele menjadi salah satu sambal yang banyak disukai. Meski mudah ditemui di warung-warung tenda pinggir jalan, sambal buatan sendiri pasti lebih nikmat.

Bahan-bahan:
- Bawang merah secukupnya.
- Bawang putih secukupnya.
- Tomat.
- Cabai rawit merah.
- Cabai rawit hijau.

Cara membuatnya:
Haluskan semua bahan, kemduian tumis dengan sedikit minyak sampai agak layu lalu masukkan ke cobek dan beri garam dan terasi lalu ulek sampai halus.

29. Sambal mentah

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@kumpulansambalenak

Bagi kamu yang doyan pedas, sambal mentah cocok banget nih buat kamu.

Bahan-bahan:
- 8 Buah cabai besar.
- 8 Buah cabai rawit.
- 4 Siung bawang merah.
- 1 Buah terasi sachet, lalu dibakar.
- Garam secukupnya.
- Gula pasir secukupnya.
- 8 Buah tomat rampai hijau/tomat kecil2-kecil.
- 1 Buah tomat merah ukuran kecil.
- 1 Buah jeruk limau.

Cara membuatnya:
- Selah dicuci bersih uleg semua bahan. Koreksi rasa
- Kucuri jeruk limau
- Sambal siap disajikan


30. Sambal colo-colo

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@sambalcolocolo

Sambal colo-colo merupakan sambal khas daerah Ambon, Maluku yang sangat terkenal.

Bahan-bahan:
- 40 Gram bawang merah kupas, iris.
- 8 Gram cabai rawit hijau kecil.
- 10 Gram cabai rawit merah kecil.
- 140 Ml kecap manis.
- 15 Gram perasan air jeruk nipis.
- 50 Gram tomat merah, buang isi dan potong dadu.

Cara membuatnya:
- Siapkan wadah, campurkan cabai, bawang, tomat, dan air jeruk nipis jadi satu. Aduk rata.
- Tambahkan kecap manis ke dalamnya, kemudian aduk rata dan sajikan bersama ikan atau sate.

31. Sambal Matah Bali

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@ailiehoalie74

Sambal khas Bali ini, punya rasa yang enak banget.

Bahan-bahan:
- 3 Buah bawang merah diiris tipis.
- 2 Batang serai diiris tipis.
- 5 Buah cabai rawit iris tipis.
- 3 Buah cabai merah keriting iris tipis.
- 3 Buah cabai hijau keriting iris tipis.
- 1 Buah tomat potong kecil-kecil.
- 50 ml minyak kelapa panas.
- 1 Buah jeruk nipis dan ambil airnya.
- Terasi bakar kemudian haluskan.
- Gula dan garam sesuai selera.

Cara membuatnya:
- Campur semua bahan tadi jadi satu, lalu aduk rata.
- Tuangkan minyak kelapa panas dan tambahkan air perasan jeruk nipis.
- Aduk rata lagi & sajikan.

32. Sambal nanas

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@daporsakatobelitung

Mungkin kamu belum pernah membuatnya, karena memang sedikit terdengar asing. Namun untuk rasanya tidak diragukan lagi.

Bahan-bahan:
- 1/2 Buah nanas kupas, cuci bersih dan potong-potong.
- 1 Sendok teh terasi bakar.
- 2 Siung bawang putih yang dikukus.
- 5 Buah cabai rawit merah yang sudah dikukus.
- 3 Buah cabai merah keriting yang sudah dikukus.
- 1 Sendok makan air jeruk limau.
- Garam dan gula sesuai selera.

Cara membuatnya:
-  Blender bahan yang sudah dikukus dengan garam, gula dan terasi.
-  Masukkan potongan nanas dan air jeruk limau, blender kasar agar tak terlalu halus.
-  Keluarkan dari blender, masukkan dalam wadah dan dihidangkan.

33. Sambal Hitam Pahang.

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah  istimewa

foto: Instagram/@sambal_lehamanja

Sambal satu ini bisa banget kamu coba, enaknya nggak ketolong.

Bahan-bahan:
- 1/2 Gelas belimbing wuluh rebus.
- 1/2 Gelas cabai rawit.
- 2 Gelas teri yang dibuang kepala dan isi perutnya.
- 6 Buah bawang merah, 3 buah ditumbuk dan 3 buah diiris tipis.
- 5 Sendok makan kecap manis.
- Garam dan gula secukupnya.
- Minyak untuk menumis.

Cara membuatnya:
-  Sediakan terlebih dahulu belimbing wuluh, cuci bersih lalu masukkan ke dalam panci yang sudah di atas api kompor dan panci, biarkan tanpa diisi air.
-  Masak hingga layu dan airnya keluar dari belimbing, sehingga belimbing berubah warna. Masaknya dengan api kecil agar tidak gosong. Sambil diaduk terus.
-  Tumbuk cabai rawit sehingga halus. Tumbuk 3 buah bawang merah sehingga lumat. Tumbuk juga teri tetapi jangan terlalu lumat. Tumbuk belimbing wuluh juga separuh lumat.
-  Panaskan minyak dalam kuali. Tumiskan bawang yang diiris sehingga wangi. Masukkan bahan-bahan tumbuk sekaligus dan tumislah sehingga bahan-bahan tersebut nampak agak kering dan garing. Tambahkan kecap manis, garam dan gula secukupnya. Biarkan sambal kering sedikit.
-  Bila sudah garing matikan api lalu dan tiriskan.

34. Sambal cobek.

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@lawrencetjandra

Sambal cobek merupakan sambal yang memiliki cita rasa enak dan banyak disukai oleh orang.

Bahan-bahan:
- 200 Gram cabai merah keriting.
- 100 Gram cabai rawit merah.
- 1 Buah tomat.
- 10 Buah bawang merah.
- 4 Buah bawang putih.
- 2 Sendok makan gula merah.
- 2 Sendok makan terasi bakar.
- Gula pasir secukupnya.
- Garam secukupnya.
- 2 Buah jeruk limau.

Cara membuatnya:
- Cabai rawit, tomat, terasi, bawang digoreng dulu hingga layu. Setelah itu baru diulek.
- Tambahkan gula merah, gula pasir, serta garam, dan perasan jeruk limau.

35. Sambal Pecel Kediri

35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera  istimewa

foto: Instagram/@sambelpecel_han

Sambal pecel kediri ini memiliki cita rasa yang nentang banget, nggak heran kalau banyak yang suka.

Bahan-bahan:
- 1 Kilogram kacang tanah.
- 700 Gram gula merah/gula aren.
- 20 Biji cabai merah ukuran sedang.
- Cabai rawit sesuai selera.
- 20 Biji kencur ukuran sedang.
- 40 Siung bawang putih ukuran sedang.
- 20 Biji asam.
- 1 Lembar daun jeruk.

Cara membuatnya:
- Goreng kacang hingga matang, tiriskan, giling hingga masih agak kasar.
- Goreng bawang putih, cabai merah dan kencur, lalu haluskan.
- Beri gula halus, campur bumbu halus, garam, asam dan kacang, aduk hingga tercampur rata.
- Koreksi rasa, agar pas sesuai selera.

keyword: 35 Resep sambal khas nusantara, menggugah selera

(brl/vin)

Resep Masakan Resep Sambal Memasak
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

9 Resep nasi goreng pedas, enak, sederhana dan bikin nagih
Hada Hiroshi, penjual takoyaki di Solo dengan harga Rp 5 ribu
10 Resep nasi goreng Hongkong, enak dan mudah dipraktikkan
Back to top BACK TO TOP