Brilio.net - Saat ini, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah karena hampir semua aktivitas dilakukan secara virtual. Rutinitas baru ini ternyata bisa jadi momen cukup menantang bagi semua anggota keluarga, tak terkecuali ibu. 

Selain membiasakan diri dengan rutinitas baru para anggota keluarga, ibu juga menghadapi beberapa tantangan lain. Mulai dari menyesuaikan waktu untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari, lebih waspada akan kebersihan bahan makanan, hingga berkreasi dengan resep masakan untuk membuat makanan yang selain enak juga terjamin sehat dan higienis.

Meski menantang, momen ini justru semakin mendekatkan anggota keluarga. Saat anggota keluarga lebih sering ada di rumah, banyak hal yang bisa dilakukan bersama. Seperti selebgram Adyakirana yang membuat keseruan bersama keluarga lewat memasak. Menyajikan masakan hasil kreasi sendiri, membuat Adyakirana bisa menjamin kesehatan dan kebersihan makanan untuk keluarga tercinta. Adyakirana pun ternyata punya rahasia #MasakJadiBeda, lho.

“Ngomong-ngomong masak, sekarang masak aku jadi lebih gampang dan makin enak karena ada bumbu Maggi Magic Lezat Rasa Ayam yang bisa bikin #MasakJadiBeda,” tulisnya dalam caption unggahan berikut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Apa kabar kalian? Gimana pun kondisinya kita harus tetap semangat ya! • Buat yang udah mulai kembali lagi sama aktivitasnya, jangan lupa tetap ikuti protokolnya dengan baik. Apalagi di kondisi sekarang ini penting banget buat kita selalu jaga kesehatan terutama untuk diri sendiri dan keluarga tersayang. • Jadi salah satu cara yang biasa aku lakuin adalah dengan masak di rumah untuk keluarga, supaya lebih sehat dan terjamin kebersihannya. Ngomong-ngomong masak, sekarang masak aku jadi lebih gampang dan makin enak karena ada bumbu Maggi Magic Lezat Rasa Ayam yang bisa bikin #MasakJadiBeda. • Penasaran sama masakan aku jadinya gimana? Yuk langsung aja follow @maggi.indonesia, moms!

A post shared by Kenny (@adyakirana) on


Nah, ternyata mempraktikkan resep masakan rumahan yang nggak itu-itu saja ternyata nggak perlu modal banyak. Ibu bisa #MasakJadiBeda hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan di kulkas atau dapur.

Penasaran? Yuk, intip tiga resep kreatif pakai bahan yang sering Ibu stok seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (17/7). Selain hemat, resep-resep ini juga cepat dibuat, lho. Nggak sampai 30 menit sudah jadi!

1. Tempe Tumis Nanas.

3 Resep kreatif pakai bahan di kulkas, tak sampai 30 menit jadi  berbagai sumber

foto: maggi.id

Bosen tempe goreng? Olah tempe di kulkas jadi sajian berbeda dengan ditumis bersama nanas. Perpaduan rasa asam dan gurih bisa memberikan sensasi rasa yang beda saat disantap. Yuk, coba bikin! Cuma butuh waktu 30 menit, lho.

Pertama, siapkan 200 gram tempe (potong dan goreng), dua sendok makan minyak goreng segar, dua siung bawang putih (digeprek), satu buah bawang bombay ukuran sedang (iris memanjang), 200 gram nanas madu (rendam air garam dan potong-potong), dan 150 mililiter air.

Untuk bumbu, siapkan dua sendok makan saus tomat, satu sendok teh gula pasir, satu setengah sendok teh Maggi Magic Lezat Rasa Ayam, setengah sendok teh merica, satu sendok makan maizena (larutkan dengan air), satu batang daun bawang (iris), dan dua buah cabai merah besar (iris).

Sebelum membuat, ada #TipsMaggi agar nanas tidak bikin gatal. Caranya rendam dan bilas nanas dengan air garam, kemudian potong sedang bentuk kotak. Sisihkan. Selanjutnya, potong tempe bentuk kotak ukuran sedang, dan tumis dengan 1/2-1 sendok makan minyak goreng segar di wajan anti lengket.

Lalu, panaskan 1 sendok makan minyak goreng segar, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan potongan bawang bombay dan cabai. Tambahkan saus tomat, merica, nanas, dan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Lalu, tambahkan air. Masak hingga mendidih.

Terakhir, masukkan potongan tempe, lalu aduk rata. Setelah mendidih, masukkan larutan maizena, lalu aduk hingga mengental. Jika sudah mengental, tempe tumis nanas pun siap dihidangkan dengan sepiring nasi hangat.

2. Mie Kangkung Tauco.

3 Resep kreatif pakai bahan di kulkas, tak sampai 30 menit jadi  berbagai sumber

foto: maggi.id

Mau bikin menu kangkung jadi lebih menarik? Caranya mudah, coba kreasikan bahan sederhana ini jadi resep mie kangkung tauco. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan utama siapkan 400 gram mi kuning basah, satu ikat kangkung, dan 150 gram tauge (direndam air panas). Untuk bahan tauco, siapkan setengah buah bawang bombay (potong kotak), dua sentimeter jahe (cincang halus), dua lembar daun jeruk, satu lembar daun salam, satu batang serai, dua sendok makan tauco, satu sendok makan saus sambal, satu sendok makan Maggi Seasoning Cair, satu sendok makan Maggi Saus Tiram, satu sendok teh Maggi Magic Lezat Rasa Ayam, seperempat sendok teh lada, seperempat sendok teh gula, 50 mililiter air, dan dua sendok makan minyak goreng segar.

Siapkan juga bahan kuah yaitu 150 mililiter kaldu ayam, satu sendok makan saus sambal, dua sendok makan kecap manis, satu sachet Maggi Magic Lezat Rasa Ayam, satu sendok makan Maggi Seasoning Cair, setengah sendok teh gula, seperempat sendok teh lada, dan dua sendok makan tepung maizena (larutkan dengan tiga-empat sendok makan air).

Langkah pertama, buat bahan tauco. Tumis bawang bombay, kemudian masukkan jahe, daun jeruk, daun salam, dan serai. Masukkan air dan seluruh bumbu, biarkan hingga agak mengental. Sisihkan.

Untuk bahan kuah, pertama panaskan kaldu ayam, kemudian masukkan semua bumbu kuah. Ketika sudah mendidih, masukkan larutan maizena. Pastikan aduk terlebih dahulu. Sisihkan.

Siapkan mangkuk dan masukkan mie kuning, tumisan kangkung, dan tauge. Tuangkan kuah dan 2-3 sendok makan tauco di atasnya. Hanya dalam waktu setengah jam, mie kangkung tauco pun siap disajikan .

3. Tahu Telur Asin.

3 Resep kreatif pakai bahan di kulkas, tak sampai 30 menit jadi  berbagai sumber

foto: maggi.id

Tahu bisa jadi lebih menggugah selera jika diolah menjadi menu tahu telur asin. Nggak cuma lebih menarik, dengan mengikuti resep satu ini, Ibu juga bisa bikin tahu telur asin yang lebih terjangkau. Selain lebih hemat, bikinnya pun cepat. Cuma perlu 20 menit. Sontek bahan-bahan dan caranya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan yaitu tiga buah tahu putih (potong kotak sedang), lima kuning telur asin (haluskan), 75 mililiter susu evaporasi, 75 mililiter air, satu batang daun kari, satu buah cabai merah (iris), satu sendok teh Maggi Magic Lezat Rasa Ayam, tiga siung bawang putih (cincang), satu sendok makan minyak goreng segar, dan satu sendok makan air jeruk nipis.

Lalu untuk bahan campuran tepung, siapkan 100 gram tepung terigu serbaguna, 50 gram tepung beras, setengah sendok teh merica, dan setengah sendok teh Maggi Magic Lezat Rasa Ayam.

Langkah pertama, campurkan tepung beras, tepung terigu, merica, dan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Aduk rata. Kemudian, potong tahu ukuran kotak sedang dan beri perasan jeruk nipis. Lalu, gulingkan tahu dalam campuran tepung. Goreng dengan api kecil masak hingga kecokelatan, sisihkan.

Hancurkan kuning telur asin dengan garpu dan berikan sedikit air hingga tidak menggumpal. Campurkan susu dan air, sisihkan.

Selanjutnya, panaskan minyak. Tumis bawang putih cincang hingga wangi. Masukkan kuning telur asin yang telah dihaluskan. Masukkan cabai merah, daun kari, dan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Tambahkan sedikit air lagi jika terlalu kental. #TipsMaggi untuk saus telur asin, setelah memasukkan susu, kecilkan api dan terus diaduk agar susu tidak pecah.

Terakhir, masukkan potongan-potongan tahu yang sudah digoreng. Tahu telur asin pun siap disantap dengan nasi hangat.

Nah, ketiga resep ala Maggi di atas bisa langsung Ibu coba sendiri di rumah. Hanya memanfaatkan beberapa bahan stok di kulkas atau dapur, sekarang Ibu bisa bikin momen di rumah makin istimewa dan punya ide masak apa yang beda setiap harinya.

Selain hemat biaya, resep-resep ala Maggi ini juga tak butuh waktu lama dan mudah dibuat. Masih banyak inspirasi resep masakan rumahan dan tips masak pintar dari Maggi®. Yuk, klik www.maggi.id untuk bikin sajian berbeda juga anti gagal.

 

RECOMMENDED