Tak hanya telur asin, ini dia 15 makanan yang hits di jalur Pantura

Kuliner

Tak hanya telur asin, ini dia 15 makanan yang hits di jalur Pantura

Jalur pantura menyimpan sejuta pesona dalam kulinernya.

Septika Shidqiyyah, 11 Agustus 2016 10:41

Brilio.net - Jalur pantura menjadi jalur yang dilalui ketika akan bepergian ke Jakarta dari daerah-daerah di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan begitu juga sebaliknya. Jalur ini ramai menjadi perbincangan setiap kali musim liburan datang. Kendaraan pribadi tampak memenuhi jalur ini.

Ternyata, selain dikenal sebagai rute perjalanan. Jalur pantura menyimpan sejuta pesona dalam kulinernya. Banyak warung makan menyediakan makanan khasnya masing-masing yang siap akan memanjakan lidahmu, baik yang terletak di pinggir jalan maupun harus masuk-masuk ke dalam gang.

Penasaran makanan apa saja yang terkenal di jalur pantura ? berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber.

1. Nasi Jamblang di Cirebon.

kuliner pantura © 2016 brilio.net

foto: pubinfo.id

Nasi ini biasanya disajikan dalam porsi kecil seperti nasi kucing. Bedanya, nasinya dibungkus daun jamblang atau daun jati. Lauk yang jadi andalan nasi Jamblang adalah sambal goreng, sate kentang, semur tahu kulit, telor kampung dadar, perkedel, dan teri daging/ati.


2. Mi Koclok di Cirebon.

kuliner pantura © 2016 brilio.net

foto: instagram/@nendies


Mi yang berkuah putih kental ini disajikan dengan tauge dan irisin tipis telur rebus.

 

3. Kerupuk melarat

kerupuk melarat © 2016 brilio.net

foto: wikipedia

Kerupuk melarat adalah salah satu makanan khas Pantura. Makanan ini disajikan dengan menambahkan sambal asam. Jajanan kerupuk melarat sangat cocok disantap pada musim kemarau, selain menambah selera makan juga dapat membangkitkan semangat kerja.

Tepung tapioka adalah bahan dasarnya, dengan bentuk seperti tali rafia yang ruwet (urak-urakan) dengan beragam warna, di antaranya merah mudah, kuning, putih, dan hijau. Melarat berarti miskin. Kerupuk melarat digoreng tidak memakai minyak goreng, tapi memakai pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, yang melalui proses pengeringan dan penyaringan dengan cara diayak.


4. Kupat Bongkok di Tegal.

kuliner pantura © 2016 brilio.net

foto: instagram/@shufianafebrihati

Kuliner khas yang satu ini bahan utamanya adalah olahan tempe yang sudah dibusukkan (tempe semangit). Selain itu, kuah dari hasil rebusan tempe juga digunakan untuk menambah rasa lezat dan gurih menu ini. Dalam satu mangkuk kupat bongkok, terdiri dari potongan lontong, olahan tempe semangit, sambal goreng, taoge, kecap, sambal dan kuah dari rebusan tempe.


5. Rujak Teplak di Tegal.

kuliner pantura © 2016 brilio.net

foto: instagram/@inong03

Menu ini seperti pecel. Isinya terdiri dari berbagai sayuran, ada bayam, kangkung, kecipir, tauge, pare, timun, jantung pisang, kembang turi, dan sayur lain. Biasanya ada ekstra tahu acinya. Sedangkan, olahan bumbu teplak terdiri dari singkong yang dicampur dengan bumbu cabai.


6. Kupat Glabed di Brebes.

kuliner pantura © 2016 brilio.net

foto: instagram/@aliapewe

Kupat glabed adalah potongan lontong yang disiram kuah kental. Di kuahnya ada lembaran-lembaran mie sedikit dan potongan tempe kecil-kecil. Menu ini paling sedap jika ditemani sate bukur, yaitu sate kerang bumbu kelapa. Rasa pedas kupat ini diperoleh dari ulekan cabe rawit yang sudah direbus.


7. Sate Cempe di Brebes.

kuliner pantura © 2016 brilio.net

foto: nandonurhadi.wordpress.com

Sate kambing muda ini memang enak bagi penyuka makanan sate, sebab, dagingnya empuk, lain halnya dengan daging kambing yang sedikit keras ketika dimakan.



8. Soto Gombyang di Pemalang.

kuliner pantura © 2016 brilio.net

foto: instagram/@yelyakurniawan


Yang unik dari soto ini selain dari rasanya yang enak adalah dari penyajiannya yang unik. Cabai rebus diulek di dasar mangkuk, lalu ditambahkan nasi, kemudian disiram kuah hitam pekat beserta potongan-potongan daging. Lalu ditaburi bawang goreng dan beberapa sendok kuah pekat berbahan dasar kelapa parut sangrai, semuanya diracik dalam mangkuk kecil (sebesar mangkuk soto kudus)


9. Sego Megono di Pekalongan.

kuliner pantura © 2016 brilio.net

foto: instagram/@pekalonganculinary

Bahan sayur megono adalah nangka muda yang dicincang halus kemudian diberi bumbu khas urap yang pedas gurih, ditambah dengan sambal tauco yang sedap dan terik tempe yang berbalut santan.

 

Tuh kan kalau soal kuliner, Indonesia memang rajanya. Nah kalau kamu lagi jalan melalui Pantura jangan dilewatkan ya icip-icip kulinernya, apalagi kuliner lima tersisa berikut ini, khas banget pokoknya. KLIK NEXT.

(brl/swh)

Kuliner Kuliner Indonesia Jalur Pantura
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

10 Resep makanan khas Jawa Barat mudah dipraktikkan
Macam-macam jamur yang bisa dimakan, enak dan menyehatkan
10 Manfaat daun kelor untuk rahim dan cara mengolahnya
Cara membuat whipped cream sendiri ala kafe, mudah dibuat
Mi ayam kelapa muda, kuliner unik lezat dan menyegarkan
Resep urip urip gulung, makanan kesukaan Sri Sultan HB IX
5 Cara membuat gado-gado enak, sehat, mudah, dan sederhana
10 Manfaat minyak zaitun extra virgin untuk kesehatan
Mencicip Kobra Imperial Kitchen, kuliner ekstrem cita rasa juara
McDonald's Indonesia hadirkan mainan edisi 90-an
Back to top BACK TO TOP