Brilio.net - Lebaran tinggal menghitung hari lagi, kamu sudah pada mudik belum? Satu hal yang biasanya ditunggu dari lebaran adalah ada banyak jajanan di meja ruang tamu. Mulai dari nastar, putri salju, rengginang hingga jajanan tradisional semacam madu mongso.

Ayo kamu tahu nggak madu mongso? Makanan ini memang termasuk langka dan hanya ada saat lebaran saja. Warnanya hitam dengan tekstur lembut dan dibungkus kertas atau plastik. Namun jangan salah perpaduan rasa ketan, tape bikin mulut nggak berenti ngunyah. Nah, di era kekinian ini ada resep madu mongso yang pas buat anak muda. Bagaimana caranya? Ini resepnya madu mongso kekinian seperti brilio.net lansir dari Diah Didi Kitchen, Rabu (29/6):

Bahan-bahan:
1. 500 gram tape ketan
2. 200 ml santan kental
3. 2 lembar daun pandan
4. 1/4 sendok teh garam
5. 100 gram gula merah yang sudah dipotong halus
6. Kitkat greentea potong kecil kotak-kotak
7. cokelat batangan potong kecil kotak-kotak
8. Kacang goreng
9. Selai nanas
10. Keju potong kotak kecil-kecil

Cara pembuatan:
1. Masukkan santan, daun pandan dan gula dalam panci anti lengket lalu masak di atas kompor dengan api kecil.
2. Setelah gula terlihat mencair masukkan garam dan tape ketan dan masak kembali hingga semua tercampur dan menjadi adonan yang cukup kering.
3. Angkat dan taruh dalam baki lalu dinginkan.
4. Setelah itu bungkus dengan plastik atau kertas. Biar makin kekinian masukkan potongan kitkat greentea, cokelat, kacang, selai nanas atau keju sesuai dengan selera.
5. Masukkan dalam toples dan siap disajikan.

Loading...

Selamat mencoba!

RECOMMENDED