Brilio.net - Kalau biasanya udang hanya dimasak asam manis, atau digoreng tepung biasa, kali ini kamu harus coba varian olahan udang yang tak kalah enak dan dijamin akan menggugah seleramu untuk menyantapnya.

BACA JUGA: Tak cuma jago akting, 10 artis ini ternyata sukses berbisnis kuliner

Kamu pecinta seafood pun tak perlu lagi kebingungan untuk mengolah udang, karena di bawah ini adalah 10 inspirasi olahan udang yang bisa kamu semua coba, yang berhasil dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/4).

1. Udang Garo Rica-Rica.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: resepmakansedap.com

Rica-rica Manado terkenal sarat dengan daun rempah yang membuat rasa dan aromanya lain dari yang lain.

2. Sambal Goreng Udang.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: dapurdini.wordpress.com

Sambal goreng udang ini cocok disajikan bersama ketupat dan opor ayam.

3. Gulai Udang Aceh.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: resepkoki.co

Kebanyakan olahan gulai dibuat dengan menggunakan daging ayam atau sapi. Kali ini kamu bisa mencoba untuk menggunakan udang dalam masakan santan yang satu ini.

Aceh dikenal sebagai penghasil rempah terutama dataran tinggi Gayo, Pulau Weh, dan Pulau Simeuleu atau Sinabang. Kamu pecinta rempah-rempah pun bisa mencoba kreasi yang satu ini.

4. Cabai Hijau Udang Petai.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: dapuribukreatif.blogspot.com

Petai memang memiliki bau yang khas, tapi petai bisa menjadi kombinasi yang unik dengan udang dan cabai hijau, lho.

5. Udang Bakar.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: resepmagz.com

Kalau memasak udang biasanya digoreng, kali ini coba dengan cara dibakar. Karena selain lebih sehat karena kandungan minyak lebih sedikit, memasak udang dengan cara dibakar bisa menjaga citarasa manis udang, lho.  

6. Gimbal Udang.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: www.diahdidi.com



Gimbal udang terbuat dari udang yang dipotong kecil-kecil lalu dicampur ke dalam tepung terigu yang telah dicampur dengan santan. Rasanya unik karena memang berbeda tidak seperti bakwan ataupun rempeyek.

7. Lumpia Udang Keju.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: resepanekajajanpasar.blogspot.com

Resep lumpia udang keju dibawa oleh imigran dari China yang kemudian menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang. Udang bisa juga dijadikan camilan, lho.

8. Udang Mayonaise.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: www.flickr.com

Gurihnya udang kupas yang digoreng kering, berpadu dengan citarasa manis sedikit asam dari saus mayonaise, akan memuaskan indra pengecap kamu semua.

9. Spaghetti Saus Udang.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: vemale.com

Di Italia, pasta tidak hanya diolah menggunakan daging dan sayur-sayuran, namun juga divariasikan dengan makanan laut seperti kerang dan udang. Nah, kamu bisa coba membuat spaghetti dengan saus udang.

10. Siomay Udang.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: tokomesin.com

Siomay udang ini bisa kamu coba dan pas untuk camilan sore hari bersama keluarga. Bosan dengan tenggiri, coba udang aja!

Bonus kreasi olahan:
Udang Sambal Belacan.

Olahan Udang © 2016 brilio.netfoto: resepmagz.com

Sambal belacan merupakan sambal yang berasal dari daerah Bangka Belitung. Belacan sendiri merupakan bahasa Melayu yang berarti terasi. Nah, nikmatnya sambal belacan ini akan lebih lengkap bila kamu sandingkan dengan gurihnya udang.


RECOMMENDED