10 Jajanan dari ketan ini bikin ngiler, kamu suka yang mana?

Kuliner

10 Jajanan dari ketan ini bikin ngiler, kamu suka yang mana?

Jajanan tradisional enak-enak dan bergizi lho.

Andi Rosita Dewi, 28 Mei 2016 01:03

Brilio.net - Ingat nggak apa jajanan masa kecilmu yang nggak bisa kamu lupakan sampai hari ini? Bicara soal jajanan masa kecil, nggak bisa dipungkiri bahwa saat ini keberadaan jajanan tradisional mulai berkurang dan sulit untuk ditemukan lagi. Padahal jajanan tradisional enak-enak dan bergizi lho.

Sadar atau nggak ternyata jajanan tradisional dalam negeri itu hampir sebagian besar terbuat dari ketan. Sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (27/5), berikut 10 jajanan dari ketan yang akan membuatmu kangen masa kecil.

1. Kue tepung beras isi gula.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Tepung ketan putih dan gula merah menjadi bahan utama pembuatan kue ini. Sangat pas buat sarapan.

2. Kue getas ketan.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Jauh sebelum sarapan dengan roti atau sereal populer di Indonesia, masyarakat kita punya sarapan tradisional yang nggak kalah enak dan bergizinya yaitu kue getas ketan.

BACA JUGA: 13 Ilustrasi kocak beda cowok dan cewek soal penampilan, ngena banget

3. Lupis.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Yummy banget kan. Lupis ini terbuat dari beras ketan, kelapa parut dan gula aren. Pasti waktu kecil jajanan manis ini sangat akrab bagimu.

4. Bolu kukus ketan.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Ketan pun bisa dibikin bolu kukus kayak gini lho.

5. Kue Mochi.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Tepung ketan, tepung berasm tepung maizena, gula pasir, tepung tapioka, air dan garam adalah bahan-bahan penyusun mochi. Hayo ngaku dulu nenek kamu sering ngasih oleh-oleh mochi nggak?

6. Onde-onde.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Makanan dari tepung ketan yang masih eksis dan mudah ditemui saat ini adalah onde-onde. Camilan ala supermarket tidak bisa menggeser keberadaan onde-onde deh. Kapan terakhir kali kamu makan onde-onde?

7. Gemblong.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Pecinta makanan manis pasti pernah mencicipi gemblong deh. Jangan ngaku pecinta kuliner kalau nggak tau jajanan ketan satu ini.

8. Kue tepung beras ketan tabur abon.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Ternyata olahan jajanan ketan itu nggak selalu untuk makanan manis lho. Dikombinasikan dengan abon juga bisa kayak kue tepung beras ketan tabur abon.

9. Awug-awug tepung ketan.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Ini menu sarapan dari ketan yang paling hits nih, awug-awug tepung ketan. Kamu pernah pasaran pakai jajanan ini?

10. Klepon tepung ketan.

 jajanan pasar © 2016 brilio.net

Klepon pastinya udah pada tahu dong ya? Makanan manis satu ini hampir terdapat di berbagai daerah di Indonesia.


RECOMMENDED

(brl/pep)

Kuliner Camilan Jajanan Tradisional
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

Mi ayam kelapa muda, kuliner unik lezat dan menyegarkan
5 Cara membuat gado-gado enak, sehat, mudah, dan sederhana
Mencicip Kobra Imperial Kitchen, kuliner ekstrem cita rasa juara
Resep urip urip gulung, makanan kesukaan Sri Sultan HB IX
10 Manfaat minyak zaitun extra virgin untuk kesehatan
10 Manfaat daun kelor untuk rahim dan cara mengolahnya
McDonald's Indonesia hadirkan mainan edisi 90-an
10 Resep makanan khas Jawa Barat mudah dipraktikkan
Macam-macam jamur yang bisa dimakan, enak dan menyehatkan
Cara membuat whipped cream sendiri ala kafe, mudah dibuat
Back to top BACK TO TOP