Brilio.net - Biasanya, kalau ke Semarang, selain bandeng presto dan lunpia, kamu pasti berburu kue mochi untuk dijadikan oleh-oleh orang tersayang di rumah. Nah, bagaimana kalau ternyata pas lagi pengen kue mochi sementara untuk ke Semarang jaraknya jauh dan nggak ada waktu ke sana?

Tenang, sebab sebenarnya kamu bisa kok menikmati kue mochi ini dengan membuat sendiri di rumah. Kamu nggak usah khawatir karena bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya gampang.

Penasaran? Ini dia resep kue mochi, yang bisa kamu coba di rumah, yang dirangkum brilio.net dari resepkoki.co, Senin (2/5).



BACA JUGA: Kenalkan Julia Vins, cewek imut yang ternyata punya bodi kekar

Ini alat yang kamu butuhkan:
- Blender
- Kukusan
- Panci
- Mangkuk
- Spatula
- Kain bersih
- Loyang
- Kertas roti

Bahan isi:
- 150 gram kacang hijau kupas yang direndam selama 1 jam
- 125 ml santan kental siap saji
- 70 gram gula pasir
- Setengah sendok teh garam
- 1 Lembar daun pandan

Bahan Mochi-nya:
- 400 gram tepung ketan
- 550 ml air
- 100 gram gula pasir
- 100 ml santan kental siap saji
- Tepung sagu secukupnya
- Setengah sendok teh garam

Cara membuat isi:
1. Tiriskan kacang hijau kupas yang sebelumnya direndam selama 1 jam. Kukus hingga berubah matang selama 10 menit.
2. Masukkan kacang hijau, santan, gula, garam ke dalam blender dan tunggu hingga halus lalu tuang ke dalam panci.
3. Masukkan daun pandan dan aduk terus selagi dimasak, hingga air menyusut dan kering. Gunakan api kecil dan sisihkan jika adonan sudah berubah menjadi kalis dan siap untuk dibentuk.

Cara membuat mochi:
1. Masukkan tepung ketan ke dalam sebuah mangkuk dan tuang ½ bagian air dan aduk hingga rata. Tuang semua sisa airnya dan aduk hingga membentuk adonan.
2. Letakkan kain bersih di atas mangkuk dan tuang adonan tepung ke dalamnya. Peras hingga benar-benar kering dan tamping air perasan tepung pada sebuah mangkuk.
3. Tuang 50 ml air dari perasan tepung, santan, gula, dan juga garam ke dalam panci kecil dan masak hingga mendidih. Jangan lupa mengaduknya saat dimasak, ya.
4. Tuangkan tepung ketan yang telah diperas ke dalam mangkuk, masukkan larutan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
5. Oles semua loyang yang ingin digunakan dan alasi dengan kertas roti dan tuang adonan tepung ke dalamnya lalu kukus selama 20 menit hingga adonan berubah kenyal.
6. Lumuri kedua telapak tangan kamu dengan tepung sagu yang sudah disangrai lalu kamu bisa memipihkan adonan dan letakkan adonan isi pada bagian tengahnya dan jepit adonan hingga bisa tertutup rapat dan rapi.
7. Gulingkan adonan yang kamu bentuk di telapak tangan hingga membentuk bola. Lumuri kue dengan tepung sagu sangrai hingga seluruh bagian permukaan kue tertutup sagu.

Mudah, kan?


RECOMMENDED