Studi membuktikan makanan Korea ini bisa atasi kebotakan

Kesehatan

Studi membuktikan makanan Korea ini bisa atasi kebotakan

Makanan fermentasi yang terbuat dari kol dan bawang putih ini begitu populer bagi sebagian masyarakat.

Aliftya Amarilisya, 20 Agustus 2019 11:01

Brilio.net - Siapa yang tak kenal kimchi? Makanan fermentasi yang terbuat dari kol dan bawang putih dengan citarasa unik asal Korea Selatan ini begitu populer bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Namun tahukah kamu? Selain rasa uniknya yang enak di lidah, kimchi rupanya juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Ya, makanan yang mengandung bakteri baik atau probiotik ini mampu menyehatkan usus.

Studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Dankook University menyebutkan bahwa kimchi dapat menebalkan rambut yang sudah ada dan mengatasi masalah kebotakan.

Dilansir brilio.net dari Daily Mail, Selasa (20/8), riset tersebut dilakukan pada 23 laki-laki yang mana sebagian telah memasuki tahap awal kebotakan, sedangkan sisanya sudah benar-benar botak.

kimchi © 2019 brilio.net

foto: istockphoto.com

Mereka kemudian diminta untuk meminum minuman kimchi yang banyak dijual di Korea dua kali sehari, yakni saat sebelum sarapan dan sebelum tidur.

Sebelum para pria tersebut berpartisipasi dalam riset ini, jumlah rata-rata rambut pada yang dimiliki adalah 85 helai per cm persegi. Lalu, setelah satu bulan berlalu, jumlah tersebut bertambah menjadi 90 helai dan dalam 4 bulan, ia bertambah lagi menjadi 92 helai per cm persegi.

Hasil riset ini kemudian diterbitkan dalam The World Journal of Men's Health. Mereka mengklaim bahwa kimchi dapat dijadikan solusi untuk mengatasi kebotakan yang sering terjadi pada pria. Lebih jauh, dibandingkan dengan obat yang mana memiliki efek samping dan hanya dapat digunakan untuk sementara waktu, strategi perawatan rambut dengan meminum kimchi ini juga lebih aman bagi pasien.

"Kami membuktikan kimchi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi kebotakan. Ini adalah strategi perawatan yang lebih aman bagi pasien," pungkas sang peneliti.


RECOMMENDED

(brl/guf)

Kesehatan Makanan Kimchi Manfaat Makanan Kuliner

More delicious idea for you

20 Resep pizza rumahan paling simpel tapi menggugah selera
15 Resep olahan jamur, lezat dan mudah dibuat
Kampanye ini ajak masyarakat mulai hidup sehat dengan cara gampang
Seni penjara bukti napi bisa berkarya
15 Resep olahan buah sukun, enak dan mudah dibuat
10 Kebiasaan cara konsumsi makanan bikin nutrisi nggak maksimal
15 Resep olahan nanas lezat, praktis dan menggugah selera
Nasi Langgi Pak Man, kuliner malam legendaris Jogja sejak 1988
Back to top BACK TO TOP