Brilio.net -

Daging yang disajikan secara mentah biasa kita dapati pada steak maupun sushi. Padahal, daging mentah dapat membawa penyakit yang berbahaya bagi tubuh, lho. Bahan makanan yang masih mentah dapat membawa bakteri, virus, parasit, maupun racun pada tubuh.

Maka dari itu, daging yang aman untuk dikonsumsi adalah daging yang sudah dimasak. Pasalnya, daging yang sudah melewati proses memasak, berarti telah terhindar dari patogen berbahaya. Patogen pada daging mentah dapat menimbulkan risiko seperti mual, muntah, diare, kram perut, demam, dan sakit kepala.

Loading...

Aman gak sih konsumsi daging mentah? © freepik.com

foto: freepik.com

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsi daging mentah. Terlebih lagi, bagi anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta lansia. Lebih baik menghindari mengonsumsi daging mentah agar terhindar dari risiko-risiko berbahaya.

Walaupun banyak pendapat menyebutkan mengonsumsi daging mentah lebih baik daripada daging yang sudah dimasak, tapi ternyata hal tersebut nggak dianjurkan. Dilansir brilio.net dari healthline.com pada Selasa (20/4), Richard Wrangham dan NancyLou Conlik-Brittain dalam penelitiannya mengungkapkan belum ada manfaat yang terbukti dari mengonsumsi daging mentah.

Lantaran belum terbukti, tidak ada jaminan dan cara untuk mengurangi risiko sakit setelah mengonsumsi daging mentah. Di samping itu, di antara semua daging mentah, daging ikan dianggap cenderung lebih aman untuk dikonsumsi.

Aman gak sih konsumsi daging mentah? © freepik.com

foto: freepik.com

Bukan tanpa alasan, karena daging ikan langsung dibekukan setelah ditangkap. Hal tersebut dapat membunuh sejumlah patogen berbahaya pada daging ikan yang masih mentah. Maka dari itu, penting untuk selalu mengetahui bagaimana proses penyimpanan daging sebelum sampai ke tanganmu, ya.

Jika daging ikan termasuk aman dikonsumsi mentah, maka berbeda dengan daging ayam. Daging yang satu ini sama sekali tidak dianjurkan dimakan dalam kondisi masih mentah. Nggak hanya ayam, daging unggas lainnya juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dibandingkan dengan daging lainnya, daging unggas cenderung memiliki lebih banyak bakteri, seperti bakteri salmonella yang sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging unggas dalam kondisi mentah.

RECOMMENDED