Jalani diet tapi tak kunjung langsing, begini penjelasan medisnya

Kesehatan

Jalani diet tapi tak kunjung langsing, begini penjelasan medisnya

Bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin menjalankan diet.

Syifa Fauziah, 12 Agustus 2019 08:29

Brilio.net - Siapa sih yang tidak mau memiliki tubuh yang ideal? Tentu hal itu menjadi dambaan setiap orang. Guna mendapatkan bobot tubuh ideal, saat ini sudah banyak sekali caranya. Mulai dari berbagai macam jenis olahraga hingga diet.

Namun sayangnya, hingga saat ini banyak masyarakat yang masih salah kaprah dalam menjalankan diet. Hal itu berujung penyakit yang menderita tubuh.

Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Samuel Oetoro pun mengatakan banyak orang yang menjalani diet ketat namun sulit mendapatkan tubuh ideal. Salah satu alasannya adalah karena kebutuhan nutri masing-masing orang berbeda.

"Ini karena jumlah kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan setiap orang berbeda berdasarkan kondisi tubuh masing-masing, namun yang utama adalah berdasarkan gen dalam tubuh. Gen berpengaruh pada sifat, fisik, kesehatan dan respons tubuh terhadap berbagai macam nutrisi," ungkap dalam Seminar Nasional Prodia 'Get Nutrified? Ask Your DNA!' di Jakarta, kemarin.

Oleh sebab itu, Regional Product Executive Prodia Fakhril Akmal, menyarankan kepada masyarakat yang ingin memilili tubuh ideal tapi tetap sehat adalah dengan melakukan nutrigenomic. Nutrigenomic diperlukan untuk dapat mengetahui efek dari nutrisi terhadap gen, serta interaksi antara gen dan nutrisi yang berkaitan dengan kesehatan. Sehingga dapat digunakan sebagai dasar dan panduan untuk melakukan gaya hidup yang sesuai

"Dokter setelah itu harus menterjemahkan ke dalam bentuk makanan. kalau bentuk makananya salah ya engga berhasil dong. Makanya perlu untuk tetap pergi ke dokter gizi. Karena yang mengetahui ilmu makanan detail mau tidak mau dokter gizi," jelas Samuel.

Samuel juga menambahan bahwa waktu yang diperlukan seorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal sendiri juga beragam. Hal ini tergantung respons dari tubuh terhadap makanan yang masuk.

"Respons orang beda-beda, ada yang ngikutin resep makanan bener, ada yang respons 1 bulan, ada yang dua bulan, tapi rata rata setrelah 3 bulan rata rata akan mencapai. dan setelah 3 bulan akan bisa periksa lainnya. Ini memang ilmu baru yang sangat powerfull mengubah pandangan ilmu gizi," kata Samuel.

RECOMMENDED

(brl/lea)

Diet tips langsing Diet Melangsingkan Tubuh Kesehatan Tips Sehat

More delicious idea for you

4 Kandungan makanan cegah radikal bebas, lindungi tubuh dari polusi
15 Resep olahan kangkung istimewa, super simpel dan nikmat
11 Resep rempeyek gurih renyah, enak dan sederhana
6 Resep olahan daging dari berbagai negara ini bisa kamu coba
6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker
Sate dan makanan panggang bisa sebabkan kanker, ini penjelasannya
Cara menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama
Jalani diet tapi tak kunjung langsing, begini penjelasan medisnya
18 Resep masakan jengkol paling nendang, mudah dan sederhana
5 Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit
Back to top BACK TO TOP