Brilio.net - Tak seperti saat berbuka puasa, biasanya waktu sahur dijalani dengan malas-malasan karena masih mengantuk. Padahal sahur justru sangat krusial bagi tubuh kita untuk memberikan cadangan energi dalam menjalankan aktivitas di siang hari.

Tentu saja kamu harus mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi ketika sahur. Hal ini untuk mengimbangi energi yang kamu pakai beraktivitas sampai waktu berbuka. Lalu, makanan sehat apa saja yang kaya akan nutrisi dan wajib untuk dikonsumsi ketika sahur? Berikut daftarnya yang dirangkum brilio.net dari boldsky.com, Selasa (30/5).

1. Biji-bijian utuh

makanan wajib sahur © 2017 brilio.net

Loading...

foto: coachmag.co.uk

Dengan mengonsumsi biji-bijian utuh saat sahur bisa membuatmu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini karena biji-bijian utuh dikenal kaya serat dan karbohidrat sehat. Beberapa biji-bijian utuh yang bisa kamu masukkan dalam menu sahurmu adalah biji bunga matahari, chia seed, atau flax seed. Kamu bisa mencampurkannya dalam oatmeal yang akan kamu konsumsi.

2. Kurma

makanan wajib sahur © 2017 brilio.net

foto: beszamel.se.pl

Lazimnya, orang yang berpuasa akan memakan kurma pada saat berbuka. Namun ternyata mengonsumsi 1 - 2 buah kurma saat sahur juga bermanfaat, lho. Alasannya, karena kurma mengandung fruktosa alami dan serat yang membantu untuk menstabilkan kadar glukosa dalam darah.

3. Buah dan Sayur

makanan wajib sahur © 2017 brilio.net

foto: healthyforgood.heart.org

Tentu saja buah dan sayur tak boleh ketinggalan dalam menu sahurmu. Sebagaimana diketahui sayur dan buah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan air, serat, vitamin, kalsium, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh membuatmu selalu kuat menjalani puasa.

4. Nasi

makanan wajib sahur © 2017 brilio.net

foto: realsimple.com

Makanan pokok satu ini rupanya juga tak boleh ketinggalan lho. Nasi ternyata menyehatkan untuk dikonsumsi saat puasa. Alasannya nasi mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga akan membuatmu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Untuk kamu yang diet, bisa memilih nasi merah yang lebih tinggi serat namun kandungan gulanya rendah.

5. Daging rendah lemak

makanan wajib sahur © 2017 brilio.net

foto: Bodybuilding.com

Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan oleh tubuh. Karenanya, kamu perlu asupan protein dalam menu sahurmu. Menambahkan sedikit daging tanpa lemak untuk menu makananmu akan membantu menyediakan protein yang dibutuhkan tubuh serta menjaga kesehatan sistem metabolisme.

6. Sup

makanan wajib sahur © 2017 brilio.net

foto: totalbodynourishment.com

Sebelum mengonsumsi makanan berat saat sahur, ada baiknya memulainya dengan semangkuk sup hangat. Selain padat nutrisi, sup juga akan membantu menghidrasi tubuh dengan baik selama puasa.

RECOMMENDED