Identik dengan masakan Padang, ini 6 manfaat daun singkong bagi tubuh

Kesehatan

Identik dengan masakan Padang, ini 6 manfaat daun singkong bagi tubuh

Sehat dan enak lho.

Annisa Amalia Hapsari, 08 Juli 2018 03:03

Brilio.net - Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang banyak dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya yang menjadikan singkong sebagai sumber kalori nomor tiga terpenting setelah padi dan jagung.

Selain umbi singkong, salah satu bagian dari tanaman singkong yang juga kerap dikonsumsi sebagai santapan adalah daun singkong. Ya, daun singkong sering dijumpai pada masakan Sunda dan Padang. Biasanya pada masakan Padang kamu selalu menemukan daun singkong yang disajikan sebagai sayuran pelengkap.

Daun singkong memang sering dijadikan berbagai macam hidangan oleh sebagian masyarakat Indonesia seperti gulai daun singkong dan daun ubi tumbuk. Sama seperti umbi singkong yang bermanfaat bagi tubuh, daun singkong juga mempunyai manfaatnya sendiri bagi kesehatan.

Apa sajakah itu? Berikut 6 manfaat daun singkong bagi tubuh yang dilansir brilio.net dari hellosehat.com, Sabtu (7/7).

1. Sumber tenaga.

6 manfaat daun singkong © 2018 Istimewa

foto: resepkoki.id

Kandungan berbagai macam protein atau asam amino esensial yang terdapat pada daun singkong adalah sumber tenaga atau energi yang bermanfaat bagi tubuh. Zat asam amino esensial ini membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh dalam beraktivitas.

 

2. Metabolisme tubuh.

6 manfaat daun singkong © 2018 Istimewa

foto: dapurlagi.blogspot.com

Daun singkong mengandung banyak protein dan kaya akan sumber protein nabati. Protein nabati di dalamnya banyak mengandung vitamin B yang dibutuhkan tubh untuk membentuk sel-sel tubuh. Nah sel-sel tubuh ini nantinya akan membentuk enzim-enzim yang membantu proses metabolisme dalam tubuh manusia.

 

3. Sumber antioksidan.

6 manfaat daun singkong © 2018 Istimewa

foto: bumburacik.com

Daun singkong juga menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik dalam mencegah serta membuang zat-zat radikal bebas yang ada dalam tubuh. Seperti yang diketahui, radikal bebas menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker.

 

4. Baik untuk diet.

6 manfaat daun singkong © 2018 Istimewa

foto: resepkoki.id

Daun singkong ternyata sangat baik bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet lho! Selain karena kalorinya yang rendah, kandungan serat dan protein yang tinggi juga sangat ideal untuk menu diet sehat sehari-hari.

 

5. Regenerasi sel tubuh.

6 manfaat daun singkong © 2018 Istimewa

foto: resepharian.com

Asam amino esensial yang ada pada daun singkong merupakan salah stau sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino sendiri merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan perbaikan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

 

6. Pencernaan.

6 manfaat daun singkong © 2018 Istimewa

foto: advan.oomph.co.id

Sayuran memang dikenal baik untuk proses pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus bedar manusia. Daun singkong mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh manusia. Dengan mengonsumsi daun singkong, pencernaan dalam tubuh dapat menjadi semakin baik.

RECOMMENDED

(brl/del)

Kuliner Makanan Sehat Singkong Masakan Padang
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

20 Resep makanan khas daerah, mudah dibuat
6 Cara membuat keripik singkong, renyah dan gurih
7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan
7 Resep dan cara membuat krim kue lembut, enak & mudah
7 Cara membuat manisan mangga enak, mudah, dan sederhana
11 Resep makanan unik, simpel, kreatif, dan menggugah selera
7 Resep soto ayam kuning enak, segar dan sederhana
7 Resep macaroon, enak, warna-warni dan antigagal
11 Manfaat bawang putih hitam untuk kesehatan dan kecantikan
Back to top BACK TO TOP