8 Sayuran turunkan asam urat, alami tanpa efek samping

Kesehatan

8 Sayuran turunkan asam urat, alami tanpa efek samping

Sayuran ini gampang didapat kok.

Nur Luthfiana Hardian, 09 Juli 2019 14:32

Brilio.net - Asam urat merupakan senyawa alami yang ada di setiap tubuh manusia. Namun, asam urat bisa menjadi sebuah penyakit jika tidak bisa menjaganya. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit degenaratif yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar asam urat di dalam darah.

Peningkatan kadar asam urat itu kebanyakan karena dipengaruhi oleh pola makan yang tidak baik. Kadar asam urat yang sudah tinggi dapat membentuk kristal di persendian. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan yang parah. Pada umunya kristal ini akan terbentuk di bagian ibu jari kaki, namun rasa nyerinya akan terasa hingga bagian lutut.

Penderita asam urat akan mengalami nyeri yang tak tertahankan, bahkan hingga susah berjalan. Maka dari itu bagi mereka yang takut asam urat naik, perlu mewasapadai beberapa makanan. Disarankan bagi kamu untuk mulai menjauhi makanan yang tinggi akan purin.

Medicalnewstoday menulis jika merujuk pada American Academy of Family Physicians bahwa diet rendah purin membantu meminimalkan jumlah purin dalam tubuh dan mengurangi jumlah asam urat dalam darah. Dengan cara mengenali makanan yang tinggi purin dan mulai mengonsumsi makanan yang rendah purin.

Masih banyak makanan lezat yang mengandung purin rendah. Kali ini brilio.net sudah mengumpulkan jenis sayuran yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dari berbagai sumber, Selasa (9/7).

1. Tomat.

sayur turunkan asam urat pixabay

foto: pixabay

Tomat mengandung banyak vitamin C. Vitamin C ini bagus untuk antioksidan tubuh, selain itu cocok bagi penderita penyakit asam urat pemula. Sebab menurut sciencedaily, vitamin C pada tomat ini tidak dapat secara signifikan mengurangi kadar asam urat bagi pasien yang sudah terjangkit asam urat kronis, namun dapat membantu mencegah asam urat untuk pemula.

2. Kentang.

sayur turunkan asam urat pixabay

foto: pixabay

Kentang mengandung zat anti-radang yang disebut potassium. Selain itu kentang juga mengandung vitamin B6 yang dapat meringankan terjadinya pembengkakan dan nyeri akibat asam urat.

Tak hanya dapat menurunkan risiko asam urat saja, kentang juga mengandung lemak rendah yang sangat efektif untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin menurunkan kolesterol. Agar lebih baik bagi kesehatan tubuh, alangkah baiknya kamu mengonsumsi kentang dengan cara dikukus.

3. Seledri.

sayur turunkan asam urat pixabay

foto: pixabay

Seledri banyak mengandung zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Pada sayur seledri kaya akan chlorine, asam folat, potassium, inositol, seng, vitamin B1, selenium, esensial, sulfur, mangan, vitamin A, dan masih banyak lagi lainnya.

Semua kandungan yang ada pada seledri ini mampu menekan risiko penyakit asam urat. Kamu bisa mengonsumsi seledri dengan mengolahnya menjadi masakan sup atau dijadikan minuman jus.

4. Timun.

sayur turunkan asam urat pixabay

foto: pixabay

Sayur timun mengandung purine cukup rendah. Maka dari itu timun menjadi salah satu sayur yang dapat menurunkan risiko asam urat. Selain itu juga bagi orang yang sudah divonis penderita asam urat akut, timun juga menjadi pilihan yang baik bagi mereka. Selain untuk menjaga kestabilan asam urat, timun juga memiliki efek diuretik yang dapat menjaga kesehatan ginjal secara alami.

5. Wortel.

sayur turunkan asam urat pixabay

foto: pixabay

Wortel dikenal mengandung vitamin A yang tinggi. Selain itu wortel ternyata juga mengandung khasiat lainnya, yaitu serat, vitamin K, magnesium, dan juga folat. Jika kamu mengonsumsi wortel secara rutin, maka kadar asam urat pada tubuh akan menurun. Sayuran oranye ini dapat membantu mencegah peradangan pada sendi akibat tingginya asam urat.

6. Brokoli.

sayur turunkan asam urat pixabay

foto: pixabay

Brokoli dikenal sebagai salah satu sayuran yang kaya akan banyak manfaat. Brokoli dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebab brokoli mengandung kromium, potassium tinggi, dan vitamin C yang dapat memberikan dampak baik bagi penderita asam urat.

7. Terong.

sayur turunkan asam urat pixabay

foto: pixabay

Salah satu menu sayur yang memiliki purin rendah adalah terong ungu. Sayuran ini dapat memperbaiki dan menjaga persendian, mengurangi rasa sakit nyeri akibat asam urat. Maka dari itu terong ungu sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sudah menderita asam urat kronis.

8. Kecipir.

sayur turunkan asam urat pixabay

foto: Instagram/@annimarianisiregar

Kecipir merupakan salah satu tanaman legum tropis, termasuk tanakan merambat anggota suku Fabaceae. Kecipir mengandung nutrisi yang berlimpah dan sangat luar biasa bagusnya untuk kesehatan tubuh. Kecipir kaya akan mineral dan vitamin, bagus untuk mengatasi peradangan akibat asam urat.

RECOMMENDED

(brl/lea)

Sayuran Kesehatan Tips Asam Urat
Loading...

More delicious idea for you

Sensasi Es Campur Prasmanan, cara unik hilangkan dahaga
10 Cara membuat onion ring kekinian, crispy dan mudah
8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif
10 Cara membuat sup jagung, enak, sederhana, dan praktis
10 Cara membuat siomay bumbu kacang, empuk dan lezat
4 Fakta gerai boba dengan menu yang unik dan beda dari biasanya   
Kisah sukses Widodo dari budidaya kroto yang mudah dan menghasilkan
10 Cara membuat tahu walik crispy, lezat, dan bikin nagih
13 Cara membuat brownies kukus, enak, lembut & mudah dibuat
7 Cara membuat nugget tahu enak, crispy dan sederhana
Back to top BACK TO TOP