8 Manfaat merica untuk kecantikan, menghilangkan bekas jerawat

Kesehatan

8 Manfaat merica untuk kecantikan, menghilangkan bekas jerawat

Nggak cuma bermanfaat sebagai bumbu masakan ternyata.

Nur Luthfiana Hardian, 13 Maret 2019 22:21

Brilio.net - Bumbu yang sederhana memiliki manfaat lebih dari yang bisa kamu bayangkan. Salah satunya adalah merica. Merica sama dengan lada. Memiliki dua warna, hitam dan putih. Lada hitam berasal dari biji buah mentah yang dimasak kemudian dikeringkan. Sedangkan lada putih berasal dari buah tanaman yang matang. Dari teksturnya, lada hitam lebih memiliki kerutan dibandingkan dengan lada putih.

Merica atau lada biasanya tumbuh di negara tropis. Merica dianggap sebagai bumbu penting sejak zaman dulu. Seperti lansiran brilio.net dari food.ndtv, pada zaman Yunani kuno, merica atau lada juga digunakan sebagai mata uang. Pada tahun-tahun berikutnya, merica menjadi sangat penting dalam perdagangan rempah-rempah di seluruh dunia.

Negara Vietnam dianggap sebagai penanam dan pengekspor merica terbesar. Kemudian diikuti oleh India, Brasil, dan Indonesia. Lada hitam, saat dimasak atau dijadikan bumbu, tidak hanya membuat makanan menjadi lezat, namun juga memiliki manfaat bagi kecantikan.

Merica yang berperan memiliki khasiat kecantikan adalah lada hitam. Lada hitam kaya akan karoten dan vitamin K, yang mampu meningkatkan metabolismem darah, dan kekuatan tulang pada tubuh. Lada hitam juga mengandung potasium, selenium, dan kalsium.

Nah, apa saja kehebatan dari bumbu masak kecil ini untuk kecantikan alami? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (13/3).

1. Menghilangkan keriput.

merica kecantikan pixabay
foto: pexels

Antioksidan dalam lada hitam melawan radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dan membahayakan kulit. Lada hitam melawan tanda-tanda penuaan dini, termasuk keriput, garis-garis halus, dan bahkan bintik-bintik gelap.

Selain dengan cara dicampurkan dalam makanan, kamu juga bisa menjadikan merica sebagai masker. Caranya campurkan satu sendok teh lada hitam dengan madu atau kunyit. Kemudian tambahkan air agar campuran lebih halus dan encer. Lalu oleskan pada wajahmu. Kamu bisa melakukan perawatan ini dua kali sehari agar mendapatkan efek yang lebih terasa.


2. Mengangkat sel kulit mati.

merica kecantikan pixabay
foto: pexels

Lada hitam dapat digunakan sebagai scrub untuk mengelupas dan mengangkat sel kulit mati, sehingga dapat membuat kulit lebih halus. Caranya, hancurkan beberapa lada hitam dan buat scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan eksfoliasi kulit. Ambil 1/2 sendok teh lada hitam bubuk dan 1 sendok teh yogurt. Oleskan ke wajah, diamkan kurang lebih 20 menit, lalu cuci wajah dengan bersih.


3. Mencegah jerawat.

merica kecantikan pixabay
foto: pixabay

Jadikan lada hitam atau merica untuk masker dan scrub wajahmu. Campurkan lada yang sudah dihaluskan dengan yogurt. Setelah 20 menit bilas dengan air sampai bersih. Lada hitam membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyediakan lebih banyak oksigen dan nutrisi bagi kulit. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri membantu mencegah timbulnya jerawat.

 

4. Menyembuhkan vitiligo.

merica kecantikan pixabay
foto: pixabay

Vitiligo adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit kehilangan pigmentasi di daerah-daerah tertentu. Ketika kulitmu kehilangan pigmentasi alami, kulit akan menjadi putih. Salah satu masalahnya karena sering menggunakan makeup bahan kimia yang keras. Menurut lansiran brilio.net dari laman stylecraze, banyak pasien wajah akhirnya beralih ke lada hitam atau merica sebagai obat. Para peneliti dari London mengatakan, piperin yang ditemukan dalam lada hitam memberikan alternatif yang aman dan alami untuk perawatan berbasis bahan kimia.


5. Menghilangkan bekas jerawat.

merica kecantikan pixabay
foto: pixabay

Antioksidan dalam lada hitam menawarkan manfaat membersihkan kulit dan membantu mengobati bekas jerawat. Caranya campurkan lada merica atau lada hitam satu sedok makan dengan 2 sendok makan yoghurt. Cuci wajahmu terlebih dahulu dengan air hangat. Oleskan lada yang sudah dicampur tadi ke wajah sebagai masker. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas bersih dengan air dingin. Cara ini ini akan membantu menghilangkan racun dari kulitmu, menjadikannya lembut dan bercahaya.


6. Membantu menghilangkan ketombe.

merica kecantikan pixabay
foto: Instagram/@alana_bookhout

Jika kamu mengalami masalah ketombe, lada hitam atau merica bia jadi pengobatan terbaik. Tambahkan satu sendok teh lada yang sudah dihancurkan ke mangkuk dan oleskan ke kulit kepala, biarkan selama sekitar 30 menit. Cuci bersih dengan air. Jangan gunakan sampo.

Jika mau, kamu bisa keramas pada hari berikutnya karena ini akan memberi campuran waktu yang cukup untuk mengatasi ketombe. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak merica karena bahan ini akan membuat kulit kepalamu terbakar dan menyebabkan rasa tidak nyaman yang luar biasa.


7. Merevitalisasi rambut.

merica kecantikan pixabay
foto: pixabay

Campurkan satu sendok teh lemon dan lada hitam, kemudian oleskan ke kulit kepala dan rambutmu. Cara ini akan merevitalisasi rambutmu, menjadikannya berkilau dan lembut. Biarkan campuran selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.


8. Mencegah kebotakan.

merica kecantikan pixabay
foto: pexels

Caranya cukup mudah, campur satu sendok teh lada hitam bubuk dengan jumlah madu yang sama. Kemudian oleskan ke rambut. Merica akan memperkuat akar rambut dan bahkan dapat membantu mencegah kebotakan.

 

RECOMMENDED

(brl/lin)

Kecantikan Bumbu Dapur Jerawat
Loading...

More delicious idea for you

10 Cara membuat tahu walik crispy, lezat, dan bikin nagih
Kisah sukses Widodo dari budidaya kroto yang mudah dan menghasilkan
4 Fakta gerai boba dengan menu yang unik dan beda dari biasanya   
10 Cara membuat onion ring kekinian, crispy dan mudah
13 Cara membuat brownies kukus, enak, lembut & mudah dibuat
8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif
Sensasi Es Campur Prasmanan, cara unik hilangkan dahaga
10 Cara membuat siomay bumbu kacang, empuk dan lezat
10 Cara membuat sup jagung, enak, sederhana, dan praktis
7 Cara membuat nugget tahu enak, crispy dan sederhana
Back to top BACK TO TOP