Brilio.net - Buah mangga salah satu favorit banyak orang. Buah tropis yang memiliki rasa manis ini tak hanya lezat dikonsumsi buahnya, tapi juga daunnya loh.

Banyak orang yang tidak tahu kalau daun mangga bisa diolah menjadi berbagai olahan. Selain itu, daun mangga memiliki gizi yang tinggi sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut delapan manfaat daun mangga yang bagus untuk kesehatan seperti dilansir brilio.net dari healthline, Kamis (2/7).

1. Tingkatkan sistem imun.

8 Makanan penambah imun tubuh, antisipasi cegah Corona © 2020 brilio.net

Loading...

© 2020 brilio.net/pixabay

Sejak munculnya pandemi Covid-19, semua orang fokus mencari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan sistem imun. Perlu kamu tahu, bahwa daun mangga ini juga mampu meningkatkan sistem imun.

Daun mangga memiliki kandungan polifenol dan terpenoid. Kedua kandungan ini bagus untuk meningkatkan sistem imun, membuat penglihatan lebih baik, serta sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas.

2. Memiliki sifat antikanker.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Daun mangga
© 2020 brilio.net/pixabay

Senyawa mangiferin dalam daun mangga memiliki sifat anti-kanker. Sebuah studi dilakukan bagi para penderita kanker leukemia dan kanker paru-paru, kanker otak, kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker prostat. Dan hasilnya sangat signifikan terhadap penderita kanker. Namun kamu harus ingat, bahwa daun mangga bukan sebagai obat kanker.

3. Mengobati masalah lambung.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Daun mangga
© 2020 brilio.net/pixabay

Salah lambung kerap dialami oleh banyak masyarakat. Nah, ternyata duan mangga memiliki manfaat untuk mengobati masalah lambung.

Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa pemberian ekstrak daun mangga dengan 113–454 mg per pon (250-1.000 mg per kg) dari berat badan menurunkan jumlah lesi di perut.

4. Mencegah penuaan.

Baik perempuan maupun laki-laki merasa takut menghadapi masalah penuaan terutama pada wajah. Estrak daun mangga ini dipercaya dapat mengurangi tanda penuaan. Kandungan antioksidan dan polifenol dalam daun mangga dapat memperlambat tanda penuaan pada wajah.

5. Merangsang pertumbuhan rambut.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Daun mangga
© 2020 brilio.net/pixabay

Tidak semua orang terlahir dengan rambut yang tebal atau bisa jadi rambut menipis disebabkan oleh beberapa faktor. Nah untuk mendapatkan rambut yang tebal, kamu bisa menggunakan daun mangga. Kandungan antioksidan pada daun mangga dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan, sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut.

6. Meredakan peradangan.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Daun mangga
© 2020 brilio.net/pixabay

Kandungan polifenol pada daun mangga memiliki sifat inflamasi. Peneliti menyebut, anti-inflamasi pada daun mangga dapat melindungi kesehatan otak dan mengatasi peradangan.

7. Mencegah obesitas.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Daun mangga
© 2020 brilio.net/pixabay

Berkembangnya tren makanan membuat kita tidak mengontrol makanan yang dikonsumsi. Hal itu membuat tubuh kita lebih banyak lemak karena mengonsumsi makanan siap saji.

Namun, dengan mengonsumsi ekstrak daun mangga ini dapat mengelola obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik dengan mengganggu metabolisme lemak.

Peneliti menyebut ekstrak daun mangga memiliki ladar lemak yang lebih rendah dan kadar adiponektin yang lebih tinggi sehingga mampu meningkatkan metabolisme lemak dan pengaturan gula dalam tubuh.

8. Mengatasi penyakit diabetes.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Daun mangga
© 2020 brilio.net/pixabay

Ekstrak daun mangga dapat membantu mengelola diabetes karena efeknya pada gula darah dan trigliserida. Kadar trigliserida yang meningkat sering dikaitkan dengan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

RECOMMENDED