Brilio.net - Dalam proses tumbuh kembang, anak akan belajar mengenai banyak hal. Nggak hanya belajar membaca dan menghitung, namun juga berproses dalam mengenali aneka macam bentuk dan rasa.

Dalam momen ini, anak akan mengenali makanan apa yang mereka sukai. Terkadang anak-anak akan lebih tertarik dengan makanan yang memiliki tampilan menarik. Namun di sisi lain, anak justru jadi mengabaikan makanan yang memiliki serat dan gizi tinggi yang baik untuk perkembangannya.


Nggak bis dimungkiri, situasi tersebut membuat anak kehilangan nafsu makan. Anak akan lebih menjadi pemilih dalam menu makannya. Disinilah tantangan untuk orang tua dalam mencukupi kebutuhan gizi seimbang si kecil.

Loading...


Maka dari itu, sebagai orang tua perlu menambah nafsu makan pada anak agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga. Orang tua bisa mendapatkan rahasianya dari bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu lho. Kreasikan makanan ini menjadi aneka jenis menu yang menarik perhatian anak. Dengan begitu gizi si kecil tetap terpenuhi dan anak tetap merasa bahagia.


Yuk simak jawabannya dalam ulasan brilio.net pada Jumat (20/11) dari berbagai sumber berikut ini.


1. Jahe.

Makanan sehat penambah nafsu makan anak © freepik.com

foto: freepik.com

Jahe terkenal karena khasiatnya dalam mengatasi berbagai jenis permasalahan tubuh. Mulai dari batuk, flu, sampai nafsu makan yang menurun. Ya, nggak hanya orang dewasa saja yang bisa merasakan manfaat jahe. Air jahe bisa kamu coba untuk untuk nafsu makan yang buruk. Di dalam jahe terkandung vitamin A, vitamin D, vitamin B12, kalium, natrium, hingga karbohidrat.

Selain itu, jahe juga memberi manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan dan pencernaan pada anak. Nah jika muncul tanda anak mengalami permasalahan pencernaan seperti mual, kembung, dan muntah, jahe dapat membantu pengeluaran gas dari lambung sehingga gejala tersebut berkurang. Agar anak dapat mengonsumsinya, kamu bisa menambahkan jahe sebagai bumbu dalam racikan masakanmu.


2. Kencur.

Makanan sehat penambah nafsu makan anak © freepik.com

foto: freepik.com

Nggak kalah keren dari jahe, kencur juga bisa jadi opsi dalam menambah nafsu makan. Sebagai obat tradisional, biasanya kencur diolah menjadi jamu penambah nafsu makan. Kamu bisa mengolahnya dengan racikan kencur, beras, gula merah, dan asam jawa.


Ramuan ini dapat meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Kencur juga berkhasiat untuk mengurangi gejala sakit maag. Maka dari itu, kamu bisa mencoba mengolah kencur agar anak bisa kembali memiliki nafsu dalam menyantap makanan.


3. Temulawak.

Makanan sehat penambah nafsu makan anak © freepik.com

foto: freepik.com

Temulawak menjadi jawaban lain penambah nafsu makan anak. Bahan alami ini kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh lho. Selain mengatasi permasalahan, anak juga bisa tetap tercukupi gizinya. Temulawak dapat mengatasi perut kembung dan baik untuk orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

Sama halnya seperti kencur, kamu bisa mengolah temulawak menjadi ramuan jamu. Selain itu, rempah yang satu inijuga sering menjadi tambahan obat herbal untuk membuat obat-obatan penambah nafsu makan. Temulawak juga banyak ditemukan dalam bentuk suplemen yang dapat dengan mudah dikonsumsi oleh anak.


4. Kunyit.

Makanan sehat penambah nafsu makan anak © freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit adalah salah satu bahan makanan yang rasanya hampir ada di setiap rumah. Hal ini dikarenakan manfaat kunyit yang begitu banyak. Mulai dari bumbu masakan, pewarna alami, sampai menjadi obat tradisional.


Menariknya, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang juga ditemukan pada temulawak lho. Senyawa kurkumin, berperan dalam meningkatkan nafsu makan anak. Kurkumin pada kunyit juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


Ramuan kunyit juga bisa bantu redakan anak yang demam, nyeri di perut, dan antiseptik untuk anak yang sariawan. Selain dijadikan jamu, kamu juga bisa menambahkan kunyit dalam bahan makanan anak. Salah satu yang menarik bisa kamu olah sebagai bahan pembuat nasi kuning yang bisa menarik perhatian si kecil.


5. Kacang-kacangan.

Makanan sehat penambah nafsu makan anak © freepik.com

foto: freepik.com

Selain rempah, kamu juga bisa menemukan penambah nafsu makan dari keluarga kacang-kacangan. Makanan ini lebih mudah untuk menggoda anak-anak. Akan lebih menarik jika kamu mengolahnya menjadi camilan lezat bagi anak.


Mulai dari kacang mete, kacang almon, dan kacang tanah adalah beberapa contoh kacang-kacangan yang dapat diberikan pada anak untuk meningkatkan nafsu makannya. Di samping kandungan protein, kacang-kacangan juga mengandung asam lemak serta berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh anak. Yuk coba!


6. Wortel.

Makanan sehat penambah nafsu makan anak © freepik.com

foto: freepik.com

Sayuran yang satu ini cocok disebut kaya akan manfaat. Wortel terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan mata. Namun kandungannya juga dapat menambah semangat anak dalam malahap makanan.

Cara mengolahnya gampang banget. Kamu bisa mencampurkan dalam sayur sup, tumis, ataupun lauk lainnya. Akan lebih menyegarkan lagi, jika kamu mengolah wortel menjadi segelas jus yang bisa dinikmati anak dengan mudah. Anak bisa mengonsumsi ramuan ini 30 menit sebelum makan. Nggak hanya merangsang rasa lapar, jus wortel juga dapat mempersiapkan saluran pencernaan untuk menerima makanan.


7. Alpukat.

Makanan sehat penambah nafsu makan anak © freepik.com

foto: freepik.com

Hmm yang satu ini akan lebih mudah disukai anak-anak. Buah alpukat mengandung 109 kalori di dalam 68 gram-nya. Hal ini berarti terdapat 160 kalori pada 100 gram alpukat.

Keistimewaan lain pada alpukat juga karena padat akan nutrisi dengan mengandung 20 jenis vitamin dan mineral serta lemak tak jenuh. Olahan jus, smoothies, atau camilan lainnya bisa menjadi kreasi yang mudah dibuat sebagai camilan penambah nafsu makan anak.


8. Yoghurt.

Makanan sehat penambah nafsu makan anak © freepik.com

foto: freepik.com

Yoghurt kerap dijadikan solusi dalam berbagai gangguan kesehatan anak. Kandungan probiotik yang tinggi dalam yoghurt dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Tidak hanya itu, yoghurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Satu hal yang perlu diperhatikan, kamu harus lebih jeli saat memberikan varian yoghurt pada anak. Pilihlah yang memiliki rasa tawar dengan kandungan gula rendah. Jika ragu anak menyukainya, kamu bisa menambahkannya dengan buah-buahan manis yang disukai anak. Selamat mencoba!

RECOMMENDED