7 Minuman yang dihindari saat turunkan berat badan, biar diet sukses

Kesehatan

7 Minuman yang dihindari saat turunkan berat badan, biar diet sukses

Jarang yang tahu, jika minuman ini bisa membuat berat badanmu melar.

Nur Luthfiana Hardian, 08 Maret 2019 14:25

Brilio.net - Kesan pertama dari seseorang biasanya muncul dari penampilan. Penampilan yang ideal akan membuatmu lebih percaya diri. Kamu juga bisa memakai semua jenis pakaian tanpa takut terlihat kekecilan. Memiliki badan ideal adalah dambaan setiap orang, cewek maupun cowok.

Usaha awal yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga. Kamu bisa meluangkan waktu untuk pergi ke gym atau tempat olahraga. Namun apabila kamu terlalu sibuk, olahraga bisa kamu tempuh secara mandiri di rumah. Selain olahraga kamu juga bisa menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan dengan baik.

Saat kamu ingin mencoba menurunkan berat badan, kamu mungkin mencoba untuk membatasi makanan tertentu demi keberhasilan diet. Tidak peduli seberapa ketat usahamu, kamu mungkin merasa ada sesuatu yang menghalangimu untuk mencapai tujuan. Ternyata, ada minuman-minuman tertentu yang dinilai cukup bisa mengganggu dan dapat menghambat hasil dietmu.

Nah, minuman apa saja yang bisa membuat program dietmu sia-sia? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (8/3) tentang minuman yang menurut para ahli diet harus dihindari.

 

1. Soda.

minuman penggangu diet pixabay

foto: pixabay

Banyak orang tahu kalau soda itu bisa menjadi sangat buruk untuk kesehatan. Ahli diet dari New York, Amerika Serikat, Natalie Rizzo, MS, RD, menunjukkan soda akan membuatmu susah kehilangan berat badan. Sebab soda sarat dengan gula dan kalori.

"Jika kamu minum soda dengan makanan, kamu justru bisa menggandakan kalori, tergantung pada ukuran minumannya. Jika kamu kesulitan menghilangkan kebiasaan minum soda, cobalah seltzer rasa, seperti LaCroix", kata Natalie.

 

2. Teh manis.

minuman penggangu diet pixabay

foto: pixabay

Saat kamu sedang diet, kamu harus berusaha mengurangi gula. Teh manis dapat menyimpan sekitar 100 kalori dan lebih dari 20 gram gula per minuman, yang bisa membuat tidak sepadan dengan program dietmu. Kalau kamu senang minum teh, cobalah untuk tidak menggunakan gula.

 

3. Kopi manis.

minuman penggangu diet pixabay

foto: pixabay

Saat berkumpul bersama teman, paling enak ngobrol sambil minum kopi. Namun buat kamu yang sedang diet, jangan lupakan program dietmu. Menurut kata ahli Natalie Rizzo, kopi seperti vanilla lattes atau caramel macchiatos jauh dari rasa kopi asli yang pahit, karena sudah diberi rasa manis yang berlebihan. Hal itu bisa membuat dietmu menjadi sia-sia. Kalau kamu sangat suka minum kopi, kamu bisa minum kopi asli atau cukup tambahkan dengan susu.

 

4. Minuman koktail buah kalengan.

minuman penggangu diet pixabay

foto: unsplash

Minuman ini paling enak diminum saat siang hari di cuaca yang sangat panas, apalagi ditambah dengan es batu jadi makin segar. Namun ternyata minuman koktail buah mengandung gula yan tinggi. Bahkan menurut Natalie, koktail memiliki kadar gula dan kalori sebanyak soda. Minuman ini sangat tidak cocok diminum saat kamu sedang diet.

 

5. Minuman olahraga.

minuman penggangu diet pixabay

foto: pixabay

Minuman olahraga biasanya terdiri dari minuman isotonik, hipertonik, dan hipotonik. Minuman olahraga berfungsi penting setelah kamu lelah melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Sebab minuman olahraga bisa membuat badan kembali fit dan berenergi seperti sedia kala.

Namun jenis minuman ini tidak baik untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Menurut ahli diet Jillian Kubala, minuman olahraga kebanyakan mengandung gula yang tinggi, yang tidak baik untuk kesehatan dan bisa berkontribusi menaikan berat badan seiring waktu.

 

6. Smoothie buah buatan.

minuman penggangu diet pixabay

foto: pixabay

Smoothie buah memilikii manfaat bagi tubuh, namun minuman ini tidak selalu sehat seperti kelihatannya. Smoothie buah yang dijual di toko kelontong dan toko serba ada biasanya sarat dengan gula. Kalau kamu minum satu atau dua kaleng smoothie ini perhari, maka bisa mengganggu upaya dietmu.

Apabila kamu ingin menghindari minuman kaleng yang penuh dengan gula, kamu bisa membuat smoothie sendiri di rumah. Kamu juga bisa mencampurkan sayuran hijau untuk sumber protein. Campurkan juga dengan almond tanpa pemanis sebagai alternatif supaya bergizi dan lezat.

 

7. Susu skim.

minuman penggangu diet pixabay

foto: pixabay

Susu skim adalah susu tanpa lemak. Namun menurut lansiran brilio.net dari menshealth, seorang peneliti bernama Ludwig mengatakan kalau mengonsumsi susu bebas lemak cenderung menambah berat badan dari waktu ke waktu daripada mereka yang mengonsumsi susu murni tanpa pemanis.

Alangkah lebih baiknya kalau kamu minum susu tanpa tambahan gula yang berlebih. Seperti susu almond atau susu beras, susu kacang tanpa rasa dan tanpa pemanis adalah pilihan terbaik. Satu cangkir susu almond biasa, hanya memiliki gizi setara 40 kalori, dua karbohidrat dan kurang dari satu gram gula, dan ia memiliki setengah kalsium yang kamu butuhkan dalam sehari.

RECOMMENDED

(brl/lea)

Diet Sehat Tips Diet Sehat Minuman Minuman menyehatkan Tren Gaya Hidup Sehat

More delicious idea for you

Matcha bisa meredam kecemasan, ini penjelasan ilmiahnya
12 Manfaat aprikot untuk kesehatan, mirip dengan buah persik
6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi
Resep brokoli goreng tepung, renyah dan mudah dibuat di rumah
Resep nasi goreng untuk bekal sekolah anak, mudah dan praktis
Filosofi Sate Kene, kuliner peninggalan nenek Pangeran Diponegoro
6 Cara cepat redakan nyeri otot usai olahraga, mudah dipraktikkan
11 Bahan alami pemutih pangkal paha yang hitam, cepat dan ampuh
11 Bahan alami pemutih gigi, ampuh dan mudah didapat
12 Makanan ini tak boleh dikonsumsi di waktu tertentu, kenapa ya?
Back to top BACK TO TOP