Brilio.net - Apa sih minuman favoritmu selama ini? Segelas kopi, susu, atau teh? Ada begitu banyak jenis minuman yang bisa kamu nikmati. Bahan dasarnya pun bermacam-macam, mulai dari buah-buahan, dedaunan, ataupun dari sari makanan.

Selain segar, biasanya minuman yang memiliki rasa nikmat juga jadi incaran. Rasa nikmat ini juga tergantung dari selera masing-masing orang. Nggak melulu rasa manis yang jadi idola, karena rasa pahit hingga asam pada minuman juga kerap jadi incaran banyak orang.

Salah satu minuman yang wajib kamu coba adalah teh kunyit. Kamu pernah nggak mendengar minuman yang satu ini? Teh kunyit jadi minuman sehat yang banyak manfaat lho. Perpaduan bahan alami ini akan menjadi solusi yang tepat untuk menghalau berbagai jenis penyakit.

Seperti kamu tahu, kunyit dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Kunyit memiliki bahan aktif bernama kurkumin yang berperan mencegah benda asing (anti inflamasi) dan menjaga kekebalan tubuh.

Loading...

Nggak hanya bisa dimanfaatkan sebagai jamu, kunyit juga bisa diolah menjadi teh kunyit lho. Ramuan ini cukup populer sebagai minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Di samping rasanya yang unik, teh kunyit bisa kamu gunakan untuk menangkal berbagai penyakit. Apa saja? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Jumat (28/8) yang dilansir dari Healthline.com.

1. Meredakan permasalahan sendi.

foto: freepik.com

Sendi yang bermasalah jadi salah satu kendala yang dapat mengganggu kegiatanmu. Apalagi dalam beraktivitas, sendi yang sehat menjadi salah satu kunci kelancaran dalam berkegiatan. Maka, rawat kesehatan sendimu agar tidak mudah nyeri.

Teh kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang kuat. Kandungan ini bermanfaat untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita artritis. Dampaknya rasa nyeri pun akan berkurang. Salah satu penelitian juga menemukan bahwa senyawa aktif dalam kunyit, yaitu kurkumin, efektif dalam mengurangi rasa sakit pada pasien penderita osteoartritis.

2. Mencegah Alzheimer.

foto: freepik.com

Alzheimer merupakan gangguan kesehatan yang kerap ditemukan pada orang dengan usia lanjut. Biasanya penderita Alzheimer akan mudah lupa dengan ingatan mereka. Meski begitu, bukan berarti anak muda tidak dapat terserang Alzheimer. Maka penting untuk menjaga tubuh dari risiko terjadinya Alzheimer.

Meski begitu, kandungan kurkumin pada kunyit dikatakan dapat membantu mencegahnya. Antioksidan pada kunyit mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan Alzheimer. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat mengurangi hilangnya penanda sinaptik dan akumulasi amiloid yang terkait dengan perkembangan Alzheimer.

3. Mencegah kanker.

foto: freepik.com

Teh kunyit memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh. Nggak hanya untuk meningkatkan kekuatan tubuh, namun juga menangkis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan-kandungan yang ada di dalamnya.

Salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan adalah kandungan sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat berkontribusi untuk pencegahan kanker. The National Cancer Institute juga sudah mengakui kurkumin sebagai anticarcinogen yang efektif, atau zat yang membantu mencegah kanker.

4. Mempertahankan remisi kolitis ulserativa.

foto: freepik.com

Ulcerative colitis (UC) adalah kondisi kronis yang menyebabkan bisul di ujung bawah saluran pencernaan. Kunyit bisa jadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Menurut University of Maryland Medical Center, sebuah penelitian menemukan bahwa pasien UC memiliki tingkat kekambuhan yang jauh lebih rendah jika mereka mengonsumsi kunyit.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh.

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi kalau kunyit adalah bahan alami yang dapat membuat tubuh menjadi semakin sehat. Bahkan masyarakat Indonesia juga terbiasa mengonsumsinya sebagai jamu. Bukan tanpa alasan, karena kunyit menjadi sumber makanan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Kamu bisa mengolah kunyit dalam berbagai kreasi menu untuk mendapatkan manfaatnya. Agar imun tubuhmu semakin kuat, kamu juga bisa menambahkan sumber makanan atau minuman alami lainnya agar semakin lengkap.

6. Menurunkan kolesterol.

foto: freepik.com

Sebuah studi di tahun 2008 menyebutkan bahwa dosis rendah dari kurkumin dikaitkan dengan penurunan LDL dan kadar kolesterol total. Sehingga kunyit disebut sebagai salah satu bahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Seperti yang kamu ketahui, jika dibiarkan, permasalahan kesehatan kolesterol ini dapat mengakibatkan penyakit serius lainnya. Seperti penyakit jantung bahkan juga stroke. Namun kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui kadar yang tepat dalam menggunakannya, ya.

7. Membantu mengatasi uveitis.

foto: freepik.com

Uveitis merupakan peradangan pada iris. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit sebenarnya sama efektifnya dengan pengobatan kortikosteroid, namun justru tanpa efek samping. Nah sehingga manfaat rempah kuning yang satu ini nggak diragukan lagi bukan?

2 dari 2 halaman


Cara membuat teh kunyit.

foto: freepik.com

1. Rebus 3 hingga 4 gelas air.
2. Tambahkan 2 sendok teh kunyit, lalu aduk.
3. Didihkan selama sekitar 5 hingga 10 menit.
4. Saring teh ke dalam wadah lain.
5. Kamu juga bisa menambahkan madu, perasan lemon, dan susu secukupnya jika suka.

[crosslink_1]