7 Manfaat santan bagi kesehatan, bisa kontrol berat badan

Kesehatan

7 Manfaat santan bagi kesehatan, bisa kontrol berat badan

Ketika santan murni dikonsumsi dengan takaran yang semestinya, ternyata santan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Yusuf Harfi, 08 Juni 2019 08:28

Brilio.net - Makanan yang mengandung santan seperti opor identik dengan momentum Lebaran. Selama ini, santan yang berasal dari kelapa sering dianggap sebagai bahan makanan yang bisa memicu berbagai penyakit serius, mulai dari peningkatan kolesterol hingga penyakit jantung. Anggapan tersebut tentu tidak sepenuhnya benar sekaligus tidak sepenuhnya salah juga.

Tapi tahukah kamu, santan kelapa juga memiliki kandungan baik untuk kesehatan? Santan murni yang belum tercampur dengan bahan lain tidak mengandung kolesterol yang tinggi. Risiko kolesterol akan tinggi apabila santan telah dicampur dengan bahan lain yang seperti daging, telur, atau jeroan.

Apalagi ketika santan dikonsumsi bersamaan dengan makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi. Risiko penyakit yang selama ini dibicarakan akan terjadi ketika santan dikonsumsi dalam takaran yang tidak wajar. Ketika santan murni dikonsumsi dengan takaran yang semestinya, ternyata santan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Mau tahu? Yuk, simak 7 manfaat santan bagi kesehatan seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (1/6).


1. Santan murni menurunkan kolesterol.

manfaat santan © 2019 brilio.net

foto: boldsky.com


Santan murni memang mengandung lemak jenuh. Namun, siapa sangka kalau santan murni sebenarnya menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu, konsumsi santan juga memberi tubuh kamu asam lemak omega 6 yang baik dibutuhkan tubuh.


2. Baik untuk kesehatan kulit.

manfaat santan © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com


Kandungan nutrisi pada santan seperti vitamin C, E, B6, dan zat bei baik untuk kesehatan kulit. Khasiat santan untuk kulit mulai sebagai pelembap alami, mencegah timbulnya jerawat, hingga mencegah penuaan dini. Selain dikonsumsi, santan juga dapat menjadi bahan untuk masker.


3. Memperbaiki rambut rusak.

manfaat santan © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com


Santan juga dapat menjadi alternatif untuk memperbaiki rambut yang tidak sehat, seperti rambut rontok dan kering. Caranya yang yakni dengan membalurkan santan ke rambut hingga merata ke kulit kepala sembari dipijat perlahan.


4. Kaya akan vitamin.

manfaat santan © 2019 brilio.net

foto: thinkstockphotos.com


Santan murni mengandung berbagai mineral yang baik untuk tubuh, antara lain zat besi, magnesium, pospor, potassiun dan folat. Terdapat pula vitamin A, D, E, K, dan B16 di dalam kandungan santan murni.


5. Baik untuk imunitas tubuh.

manfaat santan © 2019 brilio.net

foto: thinkstockphotos.com


Manfaat santan yang jarang diketahui bagi kesehatan ialah dapat membantu menjaga kekebalan atau imunitas tubuh dari penyakit. Santan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan lain yang terkandung dalam santan murni yakni asam laurat, asam kaprat, dan antimikroba berfungsi sebagai penangkal bakteri dan virus yang dapat masuk ke tubuh, seperti influenza.


6. Memperkuat tulang.

manfaat santan © 2019 brilio.net

foto: fimela.com


Sejumlah kalsium dan fosfor yang terkandung dalam santan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Meminum santan murni dapat menurunkan risiko patah tulang, osteoporosis, hingga rematik. Santan murni mengandung selenium, yakni antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menurunkan risiko peradangan pada sendi.


7. Membantu mengontrol berat badan.

manfaat santan © 2019 brilio.net

foto: prevention.com


Siapa bilang santan menyebabkan kegemukan? Hal itu benar apabila santan dikonsumsi dengan campuran makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi dan dalam takaran yang tidak wajar. Santan murni mengandung serat yang tinggi, hal itu membantu menekan rasa lapar dan mencegah keinginan untuk makanan yang mengandung lemak.

 

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)

Makanan Sehat Santan Minuman Sehat Tips Kesehatan

More delicious idea for you

5 Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit
Resep membuat granola, teman menyantap smoothies lezat dan sehat
Sarapan akhir pekan, menu serba hitam jadi favoritnya
6 Resep olahan daging dari berbagai negara ini bisa kamu coba
4 Kandungan makanan cegah radikal bebas, lindungi tubuh dari polusi
15 Resep olahan kangkung istimewa, super simpel dan nikmat
20 Resep olahan buncis, masakan rumahan enak dan sederhana
11 Resep rempeyek gurih renyah, enak dan sederhana
Gerai cokelat ini buat sajian spesial untuk Istana Negara
6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker
Back to top BACK TO TOP