7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan

Kesehatan

7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan

Perpaduan madu dan jahe memiliki manfaat kesehatan tersendiri, seperti memiliki sifat antioksidan dan bermanfaat bagi pencernaan.

Dwiyana Pangesthi, 05 November 2019 16:34

Brilio.net - Musim pancaroba sering jadi faktor penentu kesehatan seseorang. Bagaimana tidak, perubahan musim yang tak menentu ini membuat tubuh rentan terkena penyakit. Kondisi ini biasanya berlangsung pada bulan Maret sampai April, perubahan dari musim penghujan ke musim kemarau. Sedangkan bulan Oktober hingga Desember merupakan peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Kondisi musim pancaroba sering ditandai dengan udara yang terasa cukup panas, kelembapan udara yang cukup ekstrem serta hujan yang tiba-tiba datang dalam waktu singkat. Jika kondisi badan tidak sehat, makan seseorang akan rentan terhadap paparan penyakit, seperti flu, batuk, infeksi akibat virus, maupun bakteri.

Tentunya dibutuhkan obat atau suplemen agar badan tetap kuat dan berstamina. Penggunaan campuran jahe dan madu sudah sangat dikenal dari zaman dahulu untuk kesehatan badan dan memiliki banyak manfaat. Jahe dan madu juga dikenal sebagai bahan rempah yang digunakan untuk masakan.

Aroma yang kuat dan khas membuat jahe dikenal sebagai minuman penghangat tubuh. Cukup direbus dengan air hingga mendidih kemudian ditambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, madu juga terbukti dapat menjadi media untuk mentransfer berbagai manfaat jahe bagi tubuh.

Perpaduan madu dan jahe memiliki manfaat kesehatan tersendiri, seperti memiliki sifat antioksidan dan bermanfaat bagi pencernaan. Oleh sebab itu kombinasi kedua bahan ini bisa membantu meningkatkan kesehatan serta mengobati berbagai penyakit.

Lalu apa saja manfaat jahe dan madu untuk kesehatan? Brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (5/11), berikut tujuh manfaat jahe dan madu untuk kesehatan.

1. Obat batuk dan pilek.

7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Musim hujan seperti sekarang ini mambuat daya tubuh menjadi lemah dan mudah terserang batuk dan pilek. Meski flu dan batuk merupakan kondisi yang normal, jika tidak segera diobati akan menggangu aktivitas.

Salah satu obat herbal alami yang bisa digunakan adalah jahe dan madu. Caranya cukup mudah, minum air jahe madu hangat. Nutrisi dalam jahe mampu menghangatkan tubuh dan membunuh bakteri di tubuh penyebab flu. Madu yang mengandung antioksidan bisa jadi peningkat sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh semakin sehat.

Cara membuatnya, siapkan satu rimpang jahe kupas dan memarkan kemudian rebus bersama satu gelas air. Tunggu hingga jahe terlihat matang dan air mendidih, angkat. Masukkan 3 sendok makan madu ke air jahe lalu aduk hingga rata.

2. Penghilang rasa nyeri.

7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Kombinasi jahe dan madu dikenal sebagai penghilang rasa sakit secara alami. Meskipun jahe memiliki rasa kuat, jahe membantu menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan. Jahe dapat menghalangi pembentukan senyawa peradangan prostaglandin dan leukotrien. Efek antioksidan dari jahe dapat memecah peradangan dan keasaman yang ada pada cairan di persendian.

Kamu bisa mengonsumsi kombinasi jahe dengan madu untuk mengatasi nyeri otot, nyeri sendi, dan pembengkakan. Caranya cukup siapkan satu rimpang jahe, cuci bersih dan parut. Kemudian siapkan dua gelas besar air. Masukkan parutan jahe dan rebus hingga mendidih. Angkat lalu saring dan tambahkan satu sendok makan madu.

3. Bermanfaat bagi jantung.

7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari dabur.com, studi menunjukkan madu dan jahe baik untuk kesehatan jantung. Jahe terbukti sangat bermanfaat dalam mencegah pembekuan darah dan mengurangi kolesterol. Hal ini yang membantu melawan penyakit jantung atau pembuluh darah tersumbat.

Manfaat dari madu dan jahe yakni mampu meredakan ketegangan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan kemungkinan aterosklerosois, serangan jantung, dan stroke.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Madu dan lemon ini sangat cocok untuk melawan penyakit. Bahan tersebut juga membantu kemampuan tubuh untuk mempertahannkan diri. Meminum secangkir air jahe dan madu ditambah dengan lemon setiap harinya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lemon kaya akan vitamin C dan mampu mencegah serangan pilek, begitu juga dengan jahe yang menghangatkan serta madu melawan virus. Cukup siapkan 2 cm jahe kemudian memarkan, 3 irisan lemon dan 2 sendok makan madu. Rebus jahe hingga mendidih beri perasan lemon dan masukkan madu selagi hangat. Minumlah secara rutin tiap hari.

5. Memperlancar pencernaan.

7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Dipercaya bahwa minuman jahe dan madu dapat digunakan untuk membantu memperlancar pencernaan secara alami. Selain itu keduanya mempunyai sifat antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ramuan jahe dan madu memiliki kandungan protein tinggi yang membantu proses pencernaan dan merangsang sekresi empedu yang membantu melarutkan lemak.

Tak hanya itu, jahe dan madu juga dapat merangsang pertumbuhan flora usus, yang mempercepat proses pencernaan dan memfasilitasi pergerakan usus yang tepat.

6. Mencegah mual.

7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat jahe dan madu dapat meredakan mual atau mabuk perjalanan. Sebaiknya minumlah segalas air jahe dan tamahan madu sebelum kamu melakukan perjalanan. Jahe mengurangi rasa mual dan menenangkan perut yang bergejolak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dan senyawanya dapat meningkatkan daya tanggap pencernaan dan mempercepat pengosongan lambung untuk mengurangi mual. Selain itu jahe juga dapat meredakan mual bagi pasien penderita kanker dan meredakan mual pada ibu hamil.

7. Menurunkan risiko kanker.

7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari Organic fact, penelitian menyatakan madu memiliki sifat anti-inflamasi, antikanker dan antioksidan. Sedangkan jahe dikenal dengan antioksidannya.

Sementara itu, penelitian dari Sahdeo Prasad, Pusat Kanker Texas MD Anderson University menunjukkan bahwa penggunaan jahe efektif melawan kanker gastrointestinal seperti kanker lambung, kanker hati dan kanker pankreas.

Mengonsumsi air rebusan jehe dan madu setiap hari dapat mengurangi dari risiko kanker.


keyword:

(brl/vin)

Manfaat Jahe Khasiat ampuh wedang jahe Wedang Jahe Manfaat Madu Kesehatan
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

7 Resep dan cara membuat krim kue lembut, enak & mudah
7 Cara membuat manisan mangga enak, mudah, dan sederhana
7 Manfaat jahe dan madu untuk kesehatan
11 Resep makanan unik, simpel, kreatif, dan menggugah selera
20 Resep makanan khas daerah, mudah dibuat
7 Resep macaroon, enak, warna-warni dan antigagal
6 Cara membuat keripik singkong, renyah dan gurih
11 Manfaat bawang putih hitam untuk kesehatan dan kecantikan
7 Resep soto ayam kuning enak, segar dan sederhana
Back to top BACK TO TOP