7 Makanan favorit Nabi Muhammad untuk buka puasa, ada kurma

Kesehatan

7 Makanan favorit Nabi Muhammad untuk buka puasa, ada kurma

Sebagian besar adalah buah-buahan.

Fariz Faizul, 09 Mei 2019 04:33

Brilio.net - Berbuka menjadi momentum yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat Islam yang menjalankan puasa Ramadan. Kebanyakan umat muslim sangat antusias dengan segala persiapan untuk berbuka puasa. Perut kosong selama seharian membuat orang yang berpuasa ingin segera berbuka dengan banyak menu. Padahal, hal ini tidaklah baik untuk kesehatan pencernaan.

Kesehatan lambung akan terganggu dengan adanya makanan-makanan yang kurang cocok untuk menu berbuka. Bisa menimbulkan maag, asam lambung meningkat, dan lain-lain. Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan bahwa perut harusnya terdiri dari tiga unsur di antaranya air, angin, dan makanan. Maka, kita sebagai umat nabi yang taat ada baiknya selalu mengikuti sunnah yang diajarkan sang nabi.

Selain mengenai porsi makan yang tak berlebihan, Nabi Muhammad memiliki makanan kesukaan. Makanan favorit Nabi Muhammad ini sering disantap untuk buka puasa. Apa saja makanan favorit Nabi Muhammad? Brilio.net merangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/5), berikut tujuh makanan favorit Nabi Muhammad untuk berbuka puasa.

1. Kurma.

buah favorit nabi berbuka © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Kurma menjadi makanan anjuran Nabi Muhammad SAW. Kurma sangat aman bagi kesehatan tubuh karena mengandung gula alami. Kurma juga membuat perut kenyang lebih lama. Selain sehat, kurma juga mempunyai rasa yang lezat. Salah satu jenis kurma kesukaan nabi adalah Al-Barniy.

2. Anggur.

buah favorit nabi berbuka © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Anggur menjadi menu berbuka puasa Nabi Muhammad SAW saat berbuka. Hal tersebut terkuak melalui hadis riwayat Abu Nuaim, "kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak."

Anggur mempunyai banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Buah satu ini bisa menjadi penguat jantung, liver dan paru-paru. Anggur menjadi menu yang sehat untuk disantap saat berbuka puasa.

3. Zaitun.

buah favorit nabi berbuka © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda," makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi)

Hadis di atas memberikan intruksi kepada umat Islam agar menjadikan zaitun sebagai lauk. Zaitun mempunyai khasiat yang luar biasa untuk mengobati segala macam penyakit. Sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

4. Buah Ara.

buah favorit nabi berbuka © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Buah Ara disebut juga buah tin bisa menjadi menu pilihan berbuka. Buah ini sangat disukai nabi, seperti yang diriwayatkan oleh Abu Darda RA bahwa nabi pernah memakan buah tersebut. Beliau bersabda bahwa buah tin adalah buah surga tanpa biji.

Buah Ara atau Tin mengandung banyak khasiat seperti mengobati sembelit, penyakit usus, lambung, bisul dan haid. Jadi, buah ini sangat pas bila dikonsumsi saat berbuka.

5. Delima.

buah favorit nabi berbuka © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@carmelgohar_creativestylist

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa delima masuk dalam daftar buah surga. Hal ini tercantum pada Surat Al-Rahman ayat 68 yang artinya, "di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima."

Sedangkan dalam hadis dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya. Selain itu, Buah Delima juga dipercaya dapat mengusir setan selama 40 hari.

6. Labu.

buah favorit nabi berbuka © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@hobiolarakyiyorum

Buah labu mengandung banyak sekali air yang mencapai hingga 97 persen. Selain lezat, buah ini juga bisa menjaga cairan dalam tubuh selama berpuasa. Silakan dicoba!

7. Melon.

buah favorit nabi berbuka © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Hampir sama dengan labu, melon juga menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Hal ini dikuatkan dengan hadis berikut.

Rasulullah SAW bersabda, "tak satu pun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat."

Rasulullah pernah bersabda mengenai Kurma dan Melon.
"Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin." (HR. At-Tirmidzi).

Melon dapat membantu mengusir penyakit batu ginjal dan kantung kemih. Jadi, Melon sangat aman dikonsumsi untuk santapan berbuka puasa.

RECOMMENDED

(brl/vin)

Buah-buahan Buah Nabi Muhammad Nabi Muhammad SAW Kuliner Ramadan Serba-Serbi Ramadan Inspirasi Ramadan Ramadan 2019

More delicious idea for you

15 Cara memasak cumi empuk, enak, dan bikin lidah bergoyang
20 Resep masakan ayam paling enak, empuk, dan sederhana
11 Cara membuat perkedel kentang enak dan mudah
10 Cara membuat takoyaki rumahan, sederhana dan enak
13 Cara membuat rendang enak , empuk, dan sederhana
13 Cara memasak okra, lezat, sederhana dan tidak berlendir
25 Cara membuat infused water, mudah, segar dan menyehatkan
10 Cara memasak kepiting asam manis aneka saus, enak, mudah
5 Resep sayur bayam bening, segar dan praktis
 12 Cara membuat bolu pisang kukus paling enak
Back to top BACK TO TOP