7 Cara mengatasi kembung secara alami, tanpa efek samping

Kesehatan

7 Cara mengatasi kembung secara alami, tanpa efek samping

Cara mudah mengatasi kembung secara alami.

Nur Luthfiana Hardian, 09 April 2019 19:34

Brilio.net - Masalah kesehatan seperti kembung bisa terjadi kepada siapa saja, tidak peduli usia muda maupun tua, wanita maupun pria. Kembung juga bisa menyerang kapan saja. Seperti saat wanita menstruasi, mabuk perjalanan, tiba-tiba tidak enak badan, dan kapan saja.

Kembung biasanya terjadi ketika gas berlebih menumpuk di perut atau usus. Faktor utama kembung bisa terjadi karena masalah pencernaan, contohnya sembelit dan alergi makanan.

Dilansir dari medicalnewstoday, kelebihan gas juga bisa menumpuk di belakang tempat feses berada. Feses yang tersumbat di usus besar karena masalah pencernaan bisa membuat kembung parah dan badan terasa sangat tidak enak.

Kembung terkadang menjadi penyakit yang sering disepelekan oleh banyak orang. Namun apabila masalah ini tidak diatasi dengan cepat, bisa berdampak lebih buruk. Kamu bisa memulai dengan mengoleskan minyak atau obat penghangat pada perut. Selain itu kamu juga bisa mencoba cara alami lainnya yang tidak menimbulkan efek negatif.

Berikut rangkuman brilio.net cara mudah mengatasi secara alami dari berbagai sumber, Selasa (9/4).

1. Jahe.

cara mengurangi kembung pixabay

foto: pixabay

Mengonsumsi 1 sampai 1,5 gram kapsul jahe setiap hari dalam dosis terbagi dapat meredakan mual. Jahe juga dapat mempercepat pengosongan lambung, meredakan gangguan pencernaan, dan mengurangi kram usus, mengurangi gas dalam perut.

 

2. Teh Chamomile.

cara mengurangi kembung pixabay

foto: pixabay

Chamomile mengandung komponen yang bermanfaat termasuk flavonoid. Teh Chamomile digunakan untuk pengobatan tradisional mengurangi gangguan pencernaan, diare, mual, bisul, dan kembung. Caranya tuangkan 1 gelas air matang, tuangkan satu sendok makan chamomile kering, tunggu hingga 10 menit, lalu kamu bisa meminumnya.

 

3. Jus lemon.

cara mengurangi kembung pixabay

foto: pixabay

Jus lemon merangsang enzim pencernaan sehingga dapat mempercepat kerja usus. Jus lemon ini berfungsi untuk mengeluarkan natrium pada tubuh jadi bisa mengurangi kembung secara alami dan mudah. Kamu cukup mengonsumsi lemon yang dicampur dengan segelas air hangat.

 

4. Lakukan beberapa gerakan yoga sederhana.

cara mengurangi kembung pixabay

foto: pixabay

Yoga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya meredakan nyeri otot dan persendian, tetapi juga menawarkan kelegaan ketika sistem pencernaanmu terganggu. Ada beberapa postur berbeda yang dapat kamu lakukan untuk meredakan kembung dan mengurangi rasa sakit perut.

Kamu bisa mulai dengan gerakan berbaring kemudian terlentang dan memeluk lutut ke dada. Kemudian kamu bisa melakukan gerakan telentang dengan mengangkat lutut ke satu sisi dan mebiarkan kepalamu jatuh ke arah yang berlawanan. Tahan selama beberapa menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

5. Jalan-jalan.

cara mengurangi kembung pixabay

foto: pixabay

Kembung bisa saja terjadi karena sembelit. Aktivitas fisik seperti jalan-jalan dapat membuat kerja usus lebih teratur yang dapat membantu melepaskan kelebihan gas dan feses. Berjalan di sekitaran rumah dapat memberikan bantuan cepat dari tekanan gas.

 

6. Pijat perut.

cara mengurangi kembung pixabay

foto: pixabay

Memijat perut dapat membantu menggerakkan perut. Kamu bisa memijat perut mengikuti jalur usus besar. Caranya tempatkan tangan tepat di atas tulang pinggul kanan, kemudian gosok dengan gerakan memutar ke arah sisi kanan tulang rusuk. Lalu gosok lurus melintasi area perut atas ke arah tulang rusuk kiri, lanjutkan gerakans secara perlahan ke bawah menuju tulang pinggul kiri.

 

7. Pisang.

cara mengurangi kembung pixabay

foto: pixabay

Kamu bisa mengonsumsi serat untuk mengurangi kembung pada perutmu. Pisang yang sudah matang diketahui dapat membantu pencernaan dan buang air besar. Pisang mengandung potasium yang dapat mengelola tingkat cairan dalam tubuh saat terjadi kembung.

RECOMMENDED

(brl/lea)

Perut Kembung Cara Mengatasi Perut Kembung Kesehatan Makanan

More delicious idea for you

3 Tips kurangi kebiasaan minum bubble tea buat yang kecanduan
7 Makanan pencuci mulut yang baik untuk radang sendi
11 Bahan alami pemutih gigi, ampuh dan mudah didapat
5 Manfaat konsumsi jamur untuk kesehatan, bisa cegah kanker
5 Jenis susu ini bermanfaat turunkan kadar kolesterol
Rambut nenek Siti Gimbal, kuliner primadona Pasar Kangen Jogja
7 Penyakit serius ditandai dengan bau mulut, kamu perlu waspada
6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi
12 Manfaat aprikot untuk kesehatan, mirip dengan buah persik
10 Kue ulang tahun ini bentuknya bikin salah fokus
Back to top BACK TO TOP