6 Buah yang bisa membantu meredakan batuk foto: baptisthealth.com

Kesehatan

6 Buah yang bisa membantu meredakan batuk

Buah ini memiliki kandungan alami yang bisa membantu meredakan batuk.

Lola Lolita, 08 Maret 2019 08:05

Brilio.net - Batuk merupakan respons alami yang ditimbulkan dari tubuh. Batuk terjadi apabila sel-sel pada saluran udara di belakangan tenggorokan teriritasi. Iritasi tersebut yang memicu paru-paru untuk mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi.

Mungkin jika batuk hanya terjadi sekali atau dua kali hal ini dianggap wajar, namun jika terjadi berkali-kali dan terus menerus dalam waktu yang lama, maka ini sudah menganggu kesehatan tubuh.

Dalam dunia kesehatan menyebutkan bahwa gejala batuk tidak boleh disepelekan. Biasanya gejala batuk dimulai dari kondisi badan yang mulai tak enak. Misalnya saja pilek, demam, lemas, nyeri tenggorokan, sulit menelan makanan serta sesak napas. Jika berada di cuaca yang kerap berubah-ubah atau pancaroba, biasanya orang mudah terserang batuk.

Kebanyakan orang terkadang merasa kesal dengan penyakit satu ini, karena membutuhkan waktu lama untuk bisa sembuh. Karena itulah penyakit ini sangat mengganggu dan bisa menghambat kelancaran aktivitas sehari-hari. Jika terserang batuk, seseorang akan merasa sangat lemas dan tak bergairah. 

Bagi kamu yang sedang mengalami hal ini, harusnya segera diatasi. Kamu bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami yang mudah kamu temui. Selain itu kamu juga harus menjaga pola makanmu.

Selama menderita batuk, kamu harus memperbanyak makan sayur dan buah. Untuk buah, kamu bisa memilih beberapa jenis buah berikut ini yang dipercaya sangat ampuh untuk membantu meredakan batuk dengan cepat. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (7/3).

1. Nanas.

Buah meredakan batuk istimewa

foto: pixabay.com

Jika batukmu tak kunjung sembuh, kamu bisa mencoba makan buah nanas. Bisa di makan langsung atau di jus. Buah tropis ini mengandung vitamin C dan kandungan yang disebut sebagai bromelain, enzim untuk melawan peradangan. Di mana buah ini juga berkhasiat sebagai antivirus, anti-inflamasi, dan antibakteri. Komponen ini secara bersamaan bisa meredakan batuk, saluran bernapasan dan melawan infeksi.

 

2. Jambu biji.

Buah meredakan batuk istimewa

foto: pixabay.com

Jambu biji sangat mudah ditemukan. Kamu tidak perlu repot-repot untuk kedokter, jika masih bisa diatasi dengan buah ini. Jambu biji mengandung vitamin C dan zat besi yang terbukti ampuh untuk mencegah dan meredakan batuk.

 

3. Jeruk lemon.

Buah meredakan batuk istimewa

foto: pixabay.com

Pastinya sudah banyak yang tahu bahwa lemon memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk meredakan batuk, flu, sakit kepala dan hidung tersumbat. Kamu bisa memeras jeruk lemon untuk dijadikan jus. Perasan tersebut bisa kamu campur dengan air hangat dan ditambah sedikit gula jika perlu.

 

4. Apel.

Buah meredakan batuk istimewa

foto: pixabay.com

Apel dipercaya sangat baik untuk menyembuhkan batuk. Kamu cukup menyediakan buah apel, kemudian dipotong menjadi empat bagian. Lalu kukus selama lebih dari 10-20 menit, kemudian di makan. Lakukan secara rutin, paling tidak tiga kali sehari sampai batuk benar-benar mereda.

 

5. Kiwi.

Buah meredakan batuk istimewa

foto: pixabay.com

Jika kamu sudah merasakan akan adanya gejala batuk, kiwi bisa jadi menawar yang baik. Kandungan vitamin C di dalam buah kiwi dipercaya dapat mendorong sistem kekebalan tubuh secara alami. Maka kamu akan terlindung dari flu dan batuk. Selain itu buah kiwi juga mengandung actinidain yang bisa menghilangkan mual selama batuk serta mengusir virus dan bakteri penyebab batuk.

 

6. Pisang.

Buah meredakan batuk istimewa

foto: pixabay.com

Pisang merupakan buah yang sangat mudah ditemui dan banyak disukai. Kandungan B6 di dalam buah pisang dapat membantu menyembuhkan flu dan batuk. Caranya, haluskan pisang, kemudian kukus pisang yang telah dihaluskan tersebut. Setelah itu dinginkan, lalu tambahkan madu, kemudian kamu tinggal mengonsumsinya.

RECOMMENDED

(brl/lea)

Buah Batuk Kesehatan Buah-buahan Tips

More delicious idea for you

Resep membuat granola, teman menyantap smoothies lezat dan sehat
20 Resep olahan buncis, masakan rumahan enak dan sederhana
11 Resep rempeyek gurih renyah, enak dan sederhana
Sarapan akhir pekan, menu serba hitam jadi favoritnya
15 Resep olahan kangkung istimewa, super simpel dan nikmat
Gerai cokelat ini buat sajian spesial untuk Istana Negara
Back to top BACK TO TOP