6 Bahan alat makan ini bisa sebabkan penyakit berbahaya

Kesehatan

6 Bahan alat makan ini bisa sebabkan penyakit berbahaya

Bahan alat makanan ini ada di sekitar lho, guys.

Fariz Faizul, 16 April 2019 17:06

Brilio.net - Kesehatan tubuh kita bukan hanya ditentukan pada makanan dan minuman yang kita konsumsi. Namun ternyata juga dari alat makan yang kita kenakan sehari-hari. Bahkan kita dapat terserang penyakit berbahaya. Bagaimana bisa? Senyawa berbahaya yang terkandung dalam alat makan akan menimbulkan reaksi negatif terhadap tubuh.

Berbagai zat kimia berbahaya ini dapat masuk ke dalam mulut hingga dicerna oleh tubuh saat alat makan kita terkena cairan panas seperti kuah, air dan minyak. Tak hanya lewat mulut, zat tersebut juga dapat masuk ke dalam tubuh melalui udara. Aktivitas ini dapat menimbulkan penyakit pernapasan hingga kerusakan hati.

Salahnya memilih alat makan juga dapat mempengaruhi kekebalan tubuh. Sebelum penyakit tersebut datang menyerang orang terdekat, sebaiknya kita mengenali jenis alat makan yang berbahaya bagi kesehatan.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, beberapa bahan alat makan yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

 

1. Plastik

bahan alat makan berbahaya © 2019 brilio.net

foto: freepik

Plastik mengandung senyawa kimia BPA (Bisphenol-A). Zat ini digunakan pada proses pembuatan alat makan plastik seperti piring, gelas dan botol bayi. Reaksi senyawa ini dapat berdampak jangka panjang bagi kesehatan. BPA bisa menyebabkan penyakit kanker prostat, kanker payudara, pubertas lebih awal, perubahan sistem imun, mengganggu pengaturan hormon tiroid dan lain-lain.

 

2. Alumunium.

bahan alat makan berbahaya © 2019 brilio.net

foto: dekoruma.com

Kandungan ion yang ada pada piring dan alat makan berbahan alumunium dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer. Kamu dapat mengganti alat makan alumunium dengan bahan stainless steel.

 

3. Styrofoam.

bahan alat makan berbahaya © 2019 brilio.net

foto: dekoruma.com

Alat makan berbahan styrofoam kian marak digunakan karena harga yang tergolong mudah dan sederhana. Siapa sangka makanan dan minuman panas yang kita konsumsi bercampur dengan senyawa benzena. Senyawa ini dapat mengganggu kelenjar endokrin yang berfungsi pada saat manusia mengalami proses reproduksi.

 

4. Tembaga.

bahan alat makan berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Meskipun sedikit jarang kita temukan, nyatanya alat makan berbahan tembaga juga berbahaya. Reaksi biasa ditimbulkan bila alat makan terdapat makanan yang terlalu asam, seperti cuka. Alat ini mengandung nikel dan kromium. Kerusakan tubuh yang ditimbulkan adalah gangguan paru-paru dan ketidak stabilan DNA yang bisa berubah menjadi sel kanker.

 

5. Seng.

bahan alat makan berbahaya © 2019 brilio.net

foto: freepik

Alat makan dari seng juga mengandung senyawa berbahaya. Sifat seng yang mudah mencair pada suhu rendah, menyebabkan gampang terkena flu dan ataksia.

 

6. Poly Vinyl Chloride (PVC).

bahan alat makan berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pinterest

Logam berbahaya juga terkandung pada kemasan makanan berbahan PVC. Bahan ini mengandung racun berbahaya bernama Arsen (As) yang menimbulkan kerusakan ginjal, hati dan lambung.

RECOMMENDED

(brl/lea)

Makan Zat Kimia Berbahaya Zat Kimia Berbahaya dalam Makanan Makanan
Loading...

More delicious idea for you

15 Resep masakan Padang asli, enak, sederhana, mudah dibuat
10 Cara membuat tahu walik crispy, lezat, dan bikin nagih
12 Cara membuat roti goreng, enak, lembut, dan mudah dibuat
Kisah sukses Widodo dari budidaya kroto yang mudah dan menghasilkan
10 Cara membuat onion ring kekinian, crispy dan mudah
10 Cara membuat sup jagung, enak, sederhana, dan praktis
8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif
9 Cara membuat saus asam manis, enak, sederhana & praktis
8 Cara membuat popcorn enak, gurih, dan praktis
7 Cara membuat nugget tahu enak, crispy dan sederhana
Back to top BACK TO TOP