5 Manfaat jeruk limau untuk kesehatan, bisa cegah kanker foto: pixabay

Kesehatan

5 Manfaat jeruk limau untuk kesehatan, bisa cegah kanker

Jeruk limau bisa mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

Nur Luthfiana Hardian, 20 Agustus 2019 22:02

Brilio.net - Ada begitu banyak makanan di Indonesia yang mudah didapat dan bisa dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah jeruk limau. Jeruk limau merupakan salah satu buah citrus yang sering digunakan sebagai penambah rasa dalam makanan.

Jeruk limau bisa dicampurkan ke dalam campuran makanan, sebab jeruk ini dapat menambah cita rasa makanan karena memiliki aroma menggoda. Tak hanya sebagai penambah cita rasa pada makanan, ternyata jeruk limau memiliki manfaat untuk kesehatan.

Selain menyegarkan tenggorokan, jeruk limau ini merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang bisa bantu mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Selain mengandung antioksidan, jeruk limau juga kaya akan kalium, kalisum, magnesium, serta vitamin A, B, C, dan D yang penting bagi tubuh.

Nah, dengan segudang kandungan baik yang dimilikinya ini, tak heran kalau ada manfaat jeruk limau untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat jeruk limau seperti rangkuman brilio.net dari liputan6.com pada Selasa (20/8).



1. Mencegah kanker.


Tak hanya mengandung vitamin, jeruk limau juga mengandung mineral yang memiliki peran penting untuk tubuh. Di dalam jeruk limau juga terdapat kandungan kalium yang berguna untuk menjaga tekanan darah dan fungsi saraf. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan di dalam jeruk limau yang bisa membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Bahkan bisa mencegah penyakit kanker.



2. Bantu menurunkan berat badan.


Manfaat jeruk limau untuk kesehatan lainnya adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya asam sitrat yang terdapat di dalam jeruk limau. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Namun kamu juga perlu mengimbanginya dengan olahraga secara rutin setiap hari untuk merasakan manfaat jeruk limau secara signifikan.



3. Meningkatkan sistem imun tubuh.


Jeruk limau merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan. Nah, kedua kandungan utama pada jeruk limau ini bisa membantu sistem kekebalan tubuh melawan kuman yang menyebabkan pilek atau flu. Vitamin C ini bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak sel sehat yang dapat membunuh mikroba dan melindungi tubuh terhadap penyakit.



4. Menjaga kesehatan kulit.


Kandungan vitamin C dan flavonoid yang berlimpah pada jeruk limau bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti melawan radikal bebas penyebab peradangan, mencerahkan kulit, dan mengurangi bekas kerutan di wajah. Selain itu, kandungan vitamin C juga merupakan vitamin penting yang bisa membantu memproduksi kolagen agar kulit lebih lembut dan kenyal. Namun kamu tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi jeruk limau untuk mendapatkan kulit yang sempurna.

Ya, perasan jeruk limau tidak boleh langsung dioleskan langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Terutama jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Bisa-bisa kulit kamu akan semakin rusak.



5. Menjaga kesehatan jantung.


Kandungan pada perasan jeruk limau yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh adalah adanya magnesium dan kalium. Kalium pada jeruk limau ini bisa membantu menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol di dalam pembuluh darah, dan memperlancar peredaran darah. Nah, dengan begitu, risiko stroke, serangan jantung, dan gangguan jantung lainnya akan menurun.

 

 

RECOMMENDED

(brl/red)

Brilio News Buah Jeruk Kanker Kesehatan Makanan Buah

More delicious idea for you

20 Resep pizza rumahan paling simpel tapi menggugah selera
15 Resep olahan jamur, lezat dan mudah dibuat
Kampanye ini ajak masyarakat mulai hidup sehat dengan cara gampang
Seni penjara bukti napi bisa berkarya
15 Resep olahan buah sukun, enak dan mudah dibuat
10 Kebiasaan cara konsumsi makanan bikin nutrisi nggak maksimal
15 Resep olahan nanas lezat, praktis dan menggugah selera
Nasi Langgi Pak Man, kuliner malam legendaris Jogja sejak 1988
Back to top BACK TO TOP