Brilio.net - Majalah kesehatan Korean Health Magazine menampilkan hasil survei 100 orang ahli di bidang nutrisi, fisika dan farmasi pada makanan-makanan Korea Selatan yang seharusnya tidak sering dikonsumsi. Seperti dilansir dari Koreaboo, Rabu (26/4), mereka akhirnya membuat daftar 5 makanan Korea Selatan yang tingkat konsumsinya harus dikurangi.

Hal itu lantaran jenis makanan tersebut dinilai mengandung bahan yang tidak sehat dan berbahaya apabila sering masuk ke dalam tubuh. Wah apa aja sih? Yuk simak daftarnya seperti dilansir dari Koreaboo.

1. Minuman berkarbonasi

makanan Korea nggak sehat © 2017 brilio.net

foto: fyexo-k

Minuman berkarbonasi menduduki peringkat pertama sebagai jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi sering-sering. Menurut Kepala bidang nutrisi Rumah Sakit Cheil, Park Bo-kyung, minuman ini mengandung gula tinggi.

"Minuman ini memiliki kadar gula tinggi dan tidak mengandung nutrisi sama sekali. Orang yang sering mengonsumsi ini akan memiliki ketidak-seimbangan nutrisi di tubuhnya dan akan mengalami obesitas," katanya.

2. Daging olahan kemasan

makanan Korea nggak sehat © 2017 brilio.net

foto: Koreaboo

Bo-kyung mengatakan bahwa makanan ini mengandung banyak zat adiktif sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan membahayakan tubuh.

3. Usus dan jeroan olahan

makanan Korea nggak sehat © 2017 brilio.net



foto: taste.au

Orang Korea memang suka makan usus dan jeroan yang dimasak kemudian dinikmati sambil minum soju. Ahli nutrisi mempertanyakan bagaimana dengan higienitas olahan tersebut dan bagaimana dengan feses si hewan sendiri. Apalagi orang Korea biasa menikmatinya dengan dibakar. Maka lemak yang ada di usus dan jeroan itu bisa menjadi lebih berbahaya.

4. Margarine

makanan Korea nggak sehat © 2017 brilio.net

foto: Koreaboo

Margarin masuk dalam daftar keempat karena adanya lemak yang tinggi. Di mana hal ini menjadi penyebab penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular lainnya.

5. Ramyun

makanan Korea nggak sehat © 2017 brilio.net

foto: Koreaboo

Ramyun masuk ke dalam daftar ini karena kandungan sodium yang tinggi. Profesor dari Gachoen Daegil Hospital, Lee Kyung-young mengatakan bahwa Ramyun bisa menyebabkan diabetes.

"Ramyun bisa membantu glukosa dicerna dengan cepat, dan ini juga bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh, sehingga berisiko diabetes," tuturnya.

Nah, dari kelima makanan ini ada yang jadi favoritmu nggak?

RECOMMENDED