20 Manfaat daun talas untuk kesehatan, menjaga keindahan kulit

Kesehatan

20 Manfaat daun talas untuk kesehatan, menjaga keindahan kulit

Daun talas yang hijau ini juga sering dibuat menjadi menu masakan seperti tumis.

Dwiyana Pangesthi, 31 Juli 2019 08:31

Brilio.net - Tanaman talas biasanya hidup di derah tropis, yang semua bagiannya dapat dimakan. Tanaman ini memiliki kandungan nutrisi sangat besar yang terdapat dalam daunnya, bermanfaat dan dibutuhkan tubuh manusia. Selain itu, talas juga poluper dijadikan keripik, atau brownis, bahkan di beberapa negara seperti Filipina, Brasil dan Kolombia talas dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Daun talas yang hijau ini juga sering dibuat menjadi menu masakan seperti tumis dan juga buntil. Daunnya mengandung kalsium oksalat, yang bisa menyebabkan gatal pada tenggorokan, jadi harus direndam semalaman sebelum dimasak. Terlepas dari kandungan itu, banyak juga kandungan yang baik dari daun talas seperti protein, serat makanan, asam askorbat, zat besi, riboflavin, mangan, tembaga dan lain-lain.

Berikut ini 20 manfaat daun talas untuk kesehatan, brilio.net himpun dari The-Benefit, Selasa (30/7).

1. Mengurangi kolesterol

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Ada fakta yang mengejutkan bahwa daun talas tidak memiliki kolesterol (0%) sedangkan lemaknya hanya 1%. Inilah sebabnya mengapa orang yang menderita kadar kolesterol tinggi disarankan untuk makan makanan super ini untuk menurunkan kadar tersebut. Daun talas tinggi serat serta mengandung metionin, yang dapat memecah kolesterol kamu. Karenanya, daun talas bisa menjadi pilihan masakan yang tepat untuk tetap sehat.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Daun talas yang dimasak, sangat mudah dicerna karena mengandung serat makanan yang penting untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat mempertahankan curah tinja dan menormalkan gerakan usus kamu. Ini akan membantu dalam pencegahan gangguan pencernaan seperti iritasi usus dan sindrom konstipasi. Selain itu, asupan serat akan membantu melemahkan kemungkinan perkembangan kanker usus besar.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Masalah jantung rentan terhadap asupan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Untungnya, daun talas terbukti memiliki lemak jenuh dalam kadar rendah. Daun ini diklaim sebagai makanan sehat untuk menjaga jantung kamu. Serat di dalam daun dapat mencegah penumpukan kolesterol dalam aliran darah. Sementara itu, kandungan kalium sangat penting dalam membantu menjaga tekanan darah sehingga akan selalu terkendali. Ini dapat menurunkan kadar homocysteine di dalam darah untuk mencegah stroke dan masalah jantung.

4. Memberikan mineral yang cukup untuk tubuh

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Manfaat daun talas lainnya berasal dari kandungan kalium. Kalium sendiri dikenal sebagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh manusia agar berfungsi dengan baik. Ini menyerap dan memecah karbohidrat, mengontrol seluruh aktivitas jantung, membangun otot, meningkatkan perkembangan tubuh manusia dan menjaga keseimbangan asam basa yang lebih baik. Selain itu, potasium juga penting untuk mempertaruhkan keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh. Karena kandungan potasium yang kaya, mengkonsumsi daun talas secara teratur dapat memberikan jumlah mineral yang cukup untuk tubuh.

5. Mencegah kanker

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker secara alami adalah dengan makan daun talas. Berdasarkan penelitian, secara teratur mengonsumsi daun yang baru dimasak dapat mencegah penyakit berbahaya. Alasannya adalah bahwa daun talas mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Vitamin C memberikan antioksidan yang kuat dan melindungi yang baik untuk mencegah penyakit umum seperti batuk, pilek hingga kanker tertentu.

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Manfaat daun talas tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Dalam daun talas, ada jumlah vitamin A dan vitamin E yang cukup yang dapat melindungi kulit kamu. Multivitamin semacam itu dapat membersihkan kondisi kulit. ini juga untuk mengurangi keriput. Hasilnya, kilau kulit akan sehat seperti semula.

Daun talas juga mengandung asam amino tingkat tinggi yang disebut threonine. Senyawa ini membantu dalam membangun elastin dan kolagen untuk mendapatkan kulit yang sehat. Karena itu, memasukkan sayuran ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu kamu meremajakan kulit dan mencegah keriput secara bersamaan.

7. Memperkuat perkembangan janin

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Ada banyak manfaat kesehatan dari daun talas, terutama untuk wanita hamil. Semua dokter akan merekomendasikan pasien hamil mereka untuk mendapatkan asupan folat yang cukup. Daun talas adalah sumber folat yang tepat sehingga mereka perlu menyajikan makanan daun talas selama kehamilan mereka.

Folat tidak hanya penting untuk perkembangan janin normal tetapi juga dapat mencegah sebagian besar ketidaksempurnaan kelahiran seperti cacat saraf. Selain itu, folat sangat penting untuk sintesis DNA dan juga dianggap bermanfaat untuk mencegah kanker rektum dan kanker usus besar.

8. Menyembuhkan hipertensi

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Penyakit ini dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak dan natrium yang rendah. Ada 20 mg natrium per satu cangkir daun talas yang dapat membantu kamu mempertahankan retensi cairan dan masalah ginjal.

9. Mengobati anemia
foto: Instagram/@therealmeganmarie

Besi dikategorikan sebagai mineral mendasar karena perannya sangat penting dalam membantu mengembangkan sel darah merah. Juga, zat besi diperlukan dalam mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Bagi penderita anemia mengkonsumsi daun talas secara rutin dapat memberikan kekurangan zat besi.

10. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Agar mata kamu tetap sehat, kamu perlu mendapat asupan vitamin A. Salah satu sumber vitamin A terbaik berasal dari daun talas. Vitamin A yang ada dalam daun talas memiliki kadar tinggi sehingga dapat diandalkan untuk mendukung penglihatan normal dan kesehatan mata. Daun ini tidak hanya meningkatkan kesehatan mata, tetapi juga membantu menjaga ketajaman penglihatan dan mencegah berbagai gangguan mata seperti miopia, katarak, dan kebutaan.

11. Memberikan perlindungan sel

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Ada senyawa fenolik dan karetenoid yang dapat melepaskan sifat antioksidan untuk melindungi sel. Kedua senyawa itu baik untuk membantu tubuh ketika melawan radikal bebas dan tetap melindungi sel-sel vital dari stres oksidatif dan kerusakan lebih lanjut. Oleh karena itu, ini merupakan langkah pencegahan terhadap penyakit serius seperti penyakit jantung dan kanker.

12. Mengandung sumber vitamin B6

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@westbrgonk

Vitamin B6 termasuk dalam kelompok vitamin B yang sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh. Ini tak hanya bermanfaat untuk aktivitas metabolisme tetapi juga untuk transportasi oksigen dan pencegahan anemia. Vitamin B6 diperlukan untuk neurotransmitter untuk dapat melindungi kesehatan jantung kamu dengan mengurangi tingkat asam amino. Asam amino dapat memicu stroke dan penyakit kardiovaskular jika terkandung banyak di dalam darah.

13. Membantu transportasi oksigen

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Tembaga diperlukan untuk mendapatkan metabolisme normal. Zat ini membantu transportasi oksigen dan membantu penyerapan dari cadangan besi dan lemak. Karena tubuh tidak memiliki kemampuan untuk mensintesis mineral, sangat baik jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan tembaga yang cukup.

14. Memperkuat tulang

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Mangan hanya dibutuhkan tubuh dalam di tingkat yang rendah. Namun, penting untuk menjaga organ tubuh agar berfungsi dengan baik. Zat ini banyak mempengaruhi pembentukan tulang, jaringan ikat, dan juga hormon seks. Selain itu, mangan memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium, metabolisme karbohidrat dan lemak, fungsi otak dan saraf, dan kadar gula darah yang tepat. Selain itu, mangan dapat digunakan untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu seperti osteoporosis, sindrom pramenstruasi dan radang sendi.

15. Menjaga sistem saraf dan otot

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Magnesium terlibat dalam sebagian besar proses biokimia dalam tubuh manusia. Ini berfungsi penting dalam seperti membantu sintesis protein dalam tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik, menjaga fungsi saraf dan otot, menjaga tulang yang sehat, mengendalikan glukosa darah, menghasilkan energi dan mengatur tekanan darah. Kamu bisa mendapatkan semuanya dengan makan daun talas secara teratur.

16. Membantu memproduksi sel darah

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Manfaat kesehatan daun talas lainnya yaitu mengandung vitamin B1. Vitamin B1 sangat dibutuhkan untuk konduksi saraf, metabolisme karbohidrat dan produksi energi. Juga, membantu dalam produksi sel darah. Daun talas memberikan 0,14 mg jumlah vitamin B1 per 100 g ketika mereka dimasak dan disajikan tanpa garam.

17. Mencegah proses penuaan

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Kandungan bergizi seperti vitamin A, B, C, dan mineral termasuk mangan, seng, tembaga, selenium, kalium, dll dapat membantu orang dari penuaan dini. Karena semua kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang baik yang membantu melindungi terhadap berbagai penyakit dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, daun talas bebas gluten, rendah sodium dan bebas kolesterol.

18. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Ketika kamu sedang melakukan penurunan berat badan, kamu harus harus tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup. Daun talas bisa menjadi pilihan terbaik kamu untuk makan setiap hari karena rendah kalori atau lemak jenuh. Oleh karena itu, talas maupun daun talas dianggap sebagai makanan ideal kamu selama program penurunan berat badan. Ini menghasilkan serat dalam jumlah besar untuk diet kamu.

19. Meningkatkan energi

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Ketika kamu membutuhkan pasokan energi, maka kamu membutuhkan makanan tertentu yang mengandung banyak energi setelah dikonsumsi. Daun talas dapat melepaskan energi yang kamu butuhkan. Ini mengandung protein tingkat tinggi sehingga akan menjadi sumber makanan penting untuk energi tambahan.

20. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun talas © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Mungkin, sifat terpenting dalam daun talas adalah perannya dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh. Daun talas memiliki vitamin C dalam tingkat yang sangat tinggi per sajian. Oleh karena itu merangsang pembentukan lebih banyak sel darah yang membela tubuh manusia dari patogen yang tidak diketahui. Ini dapat memastikan tubuh kamu tidak rentan terhadap serangan penyakit apa pun.


RECOMMENDED

(brl/guf)

Kesehatan Kesehatan tubuh manusia Talas Makanan Sehat

More delicious idea for you

15 Resep olahan jamur, lezat dan mudah dibuat
15 Resep olahan buah sukun, enak dan mudah dibuat
10 Kebiasaan cara konsumsi makanan bikin nutrisi nggak maksimal
Kampanye ini ajak masyarakat mulai hidup sehat dengan cara gampang
Nasi Langgi Pak Man, kuliner malam legendaris Jogja sejak 1988
Seni penjara bukti napi bisa berkarya
20 Resep pizza rumahan paling simpel tapi menggugah selera
15 Resep olahan nanas lezat, praktis dan menggugah selera
Back to top BACK TO TOP