15 Makanan ini bisa membuat program diet jadi sia-sia

Kesehatan

15 Makanan ini bisa membuat program diet jadi sia-sia

Perlu diketahui bagi orang yang sedang menjalani diet.

, 26 Februari 2019 15:01

Brilio.net - Tubuh ideal merupakan idaman setiap orang. Berbagai upaya dilakukan agar memiliki tubuh yang indah dan ramping. Salah satu cara yang kerap dilakukan orang adalah diet. Cara tersebut sering dibagikan oleh banyak pakar kesehatan. Diet sendiri memiliki beragam jenis dan cara yang bisa disesuaikan dengan metabolisme tubuh.

Banyak orang berkeinginan memiliki badan ramping dengan cepat,  nggak heran kalau suplemen diet banyak dijual. Suplemen tersebut menjanjikan konsumen memiliki badan ideal dengan cepat dan praktis. Meski banyak pakar kesehatan melarang konsumsi suplemen karena berbahaya, ternyata suplemen masih dijual secara bebas di internet.

Untuk menghindari efek samping dari suplemen pelangsing, sebaiknya kamu melakukan diet yang sehat ditambah olahraga yang cukup. Diet sehat dapat dilakukan dengan cara membatasi beberapa makanan berkalori tinggi dan olahraga untuk mendetoksifikasi tubuh. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan efek samping obat yang berbahaya bagi kesehatanmu.

Banyak tips diet sehat yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet. Selain itu, kamu wajib mengetahui makanan apa saja yang baik dan tidak untuk dikonsumsi selama diet. Nah berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Selasa (26/2), berikut deretan makanan yang ternyata harus dihindari saat diet.

1. Kentang goreng dan kripik kentang.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kentang sebenarnya sehat, namun yang perlu diwaspadai adalah cara pengelolahannya. Kentang goreng yang ada pada restoran cepat saji banyak mengandung lemak jahat, minyak, dan mengandung kalori tinggi. Bukan hanya kentang goreng, keripik kentang kemasan apalagi. Keripik mengandung banyak nutrisi artifisial dan tinggi kalori. Makanan ini akan membuat berat badanmu naik, jadi lebih baik jika kamu ingin makan kentang, buatlah sendiri kentang rebus atau tumis.

2. Minuman kemasan.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Minuman kemasan seperti soda yang ada pada supermarket mengandung banyak gula buatan. Gula akan dengan sangat mudah meningkatkan berat badanmu. Daripada kamu mengonsumsi minuman kemasan yang tidak membuatmu kenyang, lebih baik minum air putih untuk menjaga cairan di dalam tubuhmu.

3. Permen bar.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Permen bar mengandung tinggi kalori. Permen bar mengandung banyak gula, tepung, dan minyak meskipun dikemas dalam ukuran kecil.  satu biji permen bar. Dalam satu permen bar rata-rata mengandung 200-300 kalori.

4. Jus dalam kemasan.

diet © 2019 brilio.net

foto: houston.eater.com

Jus memang memiliki banyak manfaat tapi kalau jus dalam kemasan  perlu dipikirkan lagi manfaatnya. Jus dalam kemasan mengandung sedikit buah asli dan mengandung banyak gula buatan sama seperti soda dan minuman kemasan lain. Jus dalam kemasan juga tidak memiliki serat yang dimiliki buah asli. Jadi lebih baik memakan buah utuh atau diolah sendiri.

5. Kue dan cookies.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kue dan cookies dibuat dengan berbagai tepung olahan, gula, dan mentega atau margarin. Bahan-bahan ini tidak baik untuk kamu yang sedang menjalani diet. Mentega dan margarin juga tidak sehat bagi tubuh karena mengandung lemak trans yang berbahaya.

Kue-kue kering juga memiliki gizi yang rendah sementara kalorinya tinggi. Jika kamu ingin sesuatu untuk menjadi camilan, kamu bisa memakan dark coklat yang mengandung sedikit gula.

6. Es krim.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Siapa yang tidak suka es krim? Rasa yang manis dan segar sangat cocok dikonsumsi di siang hari. Namun, es krim mengandung kalori yang tinggi karena bahan utama es krim adalah susu dan gula buatan.

Satu porsi kecil es krim sebenarnya tidak akan membuat berat badan kamu naik. Namun demikian, orang sering menyantap es krim dengan porsi yang banyak. Jika kamu tetap ingin es krim sebagai cemilan gunakan yogurt tawar, buah-buahan dengan sedikit gula. Makan es krim dengan porsi sedikit agar berat badan nggak naik.

7. Pizza.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Pizza adalah makanan cepat saji yang banyak disukai orang. Pizza pada restoran cepat saji mengandung kalori yang tinggi ditambah daging olahan yang tidak sehat. Jika kamu ingin pizza, buatlah sendiri pizza di rumah agar bisa memastikan bahan-bahan di dalam pizzamu menggunakan bahan-bahan yang sehat.

8. Makanan beku.

diet © 2019 brilio.net

foto: rd.com

Makanan beku memang sangat murah untuk dibuat dan dikonsumsi. Dalam makanan beku terdapat natrium yang tinggi setara dengan natrium yang tubuh kamu perlukan dalam satu harinya. Bayangkan jika kamu memakan makanan beku tiga kali sehari.

9. Snack bar berserat tinggi.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kita memang membutuhkan serat setiap harinya. Serat berfungsi melancarkan pencernaan. Namun pada snack bar yang berlabel memiliki serat tinggi. Sebenarnya snack ini mengandung banyak fruktosa. Cemilan ini akan membuat berat badanmu cepat naik dan dietmu akan sia-sia.

10. Makanan berlabel 'low-fat'.

diet © 2019 brilio.net

foto : channelone.com

Penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung makan hingga 30 persen lebih banyak ketika mereka mengonsumsi makanan berlabel rendah lemak. Masalahnya adalah ketika produsen menghilangkan lemak dari makanan, mereka pasti menghilangkan sebagian rasa. Sebagai gantinya, mereka sering menambahkan gula yang membuat produk itu lebih buruk bagi program diet kamu.

11. Anggur.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Anggur ternyata nggak cocok dikonsumsi saat diet. Anggur seberat 100 gram mengandung 67 kalori dan 16 gram gula. Kalaupun kamu ingin makan anggur, makanlah dengan porsi yang kecil.

12. Sereal.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Sereal memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan berat badanmu secara drastis. Nggak cuma itu, sereal juga bisa meningkatkan risiko diabetes dan gula darah tinggi.

13. Buah kering.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Buah-buahan kering seperti kismis memiliki lebih banyak kalori karena tidak mengandung air. Dikatakan bahwa satu gram kismis mungkin mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan anggur. Jadi, sekitar satu cangkir kismis mengandung 500 kalori. Jika kamu memperhatikan berat badan, lebih baik makan buah segar yang banyak mengandung air.

14. Pisang.

diet © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Pisang memang sehat, tetapi pisang tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan. Pisang mengandung banyak kalori dan mengandung gula alami berlebihan. Satu pisang memiliki sekitar 150 kalori, yaitu sekitar 37,5 gram karbohidrat. Jadi, jika kamu mengonsumsi 2-3 pisang setiap hari, kemungkinan hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan. Baiknya memakan pisang sekali sehari.

15. Makanan instan.

diet © 2019 brilio.net

foto : pixabay.com

Makanan instan seperti mie, bubur, hingga oatmeal tidak sehat untuk tubuh. Makanan tersebut banyak mengandung lemak jahat, protein buatan dan perasa buatan yang berbahaya bagi tubuh. Makanan ini tidak cocok dimakan oleh kamu yang sedang diet selain tidak sehat makanan ini juga mengandung kalori tinggi.


(Mgg/ Fairuz Puspita)

RECOMMENDED

(brl/vin)

Tips Diet Tips Diet Sehat Diet Kesehatan Diet Melangsingkan Tubuh
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

9 Resep nasi goreng pedas, enak, sederhana dan bikin nagih
10 Resep nasi goreng Hongkong, enak dan mudah dipraktikkan
Hada Hiroshi, penjual takoyaki di Solo dengan harga Rp 5 ribu
Back to top BACK TO TOP