Brilio.net - Pernah mencoba sayuran bernama okra? Sayuran yang juga memiliki nama lain lady finger ini memang masih asing di Indonesia. Bentuknya menyerupai cabai besar serta memiliki tekstur yang cenderung berlendir dan lengket. Namun, okra merupakan sayuran dengan nutrisi sehat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Sayuran yang tumbuh di iklim tropis tersebut berasal dari Etiopia dan Asia Selatan. Namun, kini okra sudah mulai banyak dibudidayakan di Indonesia. Okra ini memiliki dua variasi yakni okra hijau dan okra merah, keduanya pun memiliki rasa yang sama.

Okra memiliki kandungan anyak serat dan glutation. Selain itu juga mengandung berbagai macam mineral, seperti kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor dan kalsium. Okra juga mengandung berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, hingga vitamin K.

Sayangnya meski mengandung banyak nutrisi, tapi masih banyak masyarakat yang enggan mengonsumsi sayur okra. Padahal dengan beragam kandungan yang ada, okra bermanfaat untuk banyak kesehatan manusia. Penasaran apa saja?

Loading...

Berikut 13 manfaat okra bagi kesehatan, mulai dari antikanker hingga mencegah anemia, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu ( 23/9).


1. Berpotensi membunuh sel kanker.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Diketahui okra mengandung sejumlah protein, salah satunya dalam bentuk lektin. Jenis protein ini berpotensi membunuh sel-sel kanker dan menghentikan perkembangannya. Selain itu kandungan antioksidan di dalamnya bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga melindungi tubuh dari radikal bebas serta mencegah mutasi sel kanker.


2. Mengobati anemia.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dan sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Nah, mengonsumsi okra akan membantu produksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah atau mengobati anemia. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi okra.


3. Meredakan asma.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Okra juga bermanfaat meredakan asma. Okra dipercaya dapat membantu mengendalikan asma karena kandungan antioksidan dan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bisa membantu mengurangi serangan asma secara aktif.


4. Menurunkan kolesterol.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya orang tua, bahkan anak muda pun bisa terkena kolesterol tinggi. Diketahui serat larut dalam okra akan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Menurut Harvard Health Publications, serat dapat mengikat lemak di dalam tubuh sehingga lemak tersebut ikut dicerna bersama dengan makanan lainnya. Dengan rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh, pembuluh darah bisa mengalirkan darah dengan baik dan risiko terkena stroke dan penyakit jantung bisa dihindarkan.


5. Melancarkan konstipasi.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, okra juga bermanfaat untuk melancarkan konstipasi. Caranya pun mudah, kamu dapat mengonsumsi okra. Kandungan serat dan lendir di dalamnya merupakan obat pencahar alami yang bisa meningkatkan pergerakan usus. Sehingga Pencernaan lancar dan risiko kanker usus besar akan turun.


6. Mencegah gangguan fungsi ginjal.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Untuk mencegah gangguan fungsi ginjal, kamu dapat mengonsumsi okra secara teratur. Cara ini terbukti dapat mencegah gangguan fungsi ginjal. Hal tersebut ditunjukkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Jilin Medical Journal.

Dalam jurnal tersebut ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak okra secara rutin memiliki gejala gangguan fungsi ginjal yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.


7. Baik untuk ibu hamil.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Ibu hamil biasanya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Okra memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, seng, asam folat serta kalsium terutama sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Mengonsumsi okra saat hamil bisa jadi salah satu alternatif untuk memenuhi asupan folat harian.


8. Menyembuhkan diabetes.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Bagi penderita diabetes, okra menjadi salah satu sayuran yang dapat kamu konsumsi setiap hari. Sebab, sifat alaminya mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh.

Cukup dengan mengonsumsi biji okra yang dipanggang atau dengan minum air okra. Air okra dapat dibuat dengan cara merendam okra semalaman di dalam air putih dan meminum air rendaman tersebut di pagi harinya


9. Melindungi hati dan jantung.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Okra juga bermanfaat melindungi hati dan jantung. Sebab okra juga dikenal memiliki efek hepatoprotektif atau mampu melindungi organ hati dari kerusakan akibat peradangan atau radikal bebas.

Senyawa antioksidan dan serat yang terkandung pada okra mampu membantu proses detoksifikasi racun dari dalam hati dan mengeluarkannya. Sehingga hati dapat berfungsi dengan lebih baik.


10. Menguatkan tulang.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Seperti diungkapkan di atas, okra tinggi folat yang diketahui dapat membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Okra termasuk jenis sayuran yang mengandung vitamin K, yang mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kandungan vitamin K pada okra dapat membantu tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan tulang dengan lebih baik.


11. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Okra dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang tinggi pada okra.

Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih yang menjadi komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sedangkan antioksidan untuk menghancurkan semua radikal bebas yang bisa melemahkan kekebalan tubuh.


12. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman kapas dan Hibiscus ini diketahui memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan beta karoten, lutein dan xanthin yang ada pada okra.

Antioksidan tersebut juga menetralisir radikal bebas di mata, yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Yang bertanggung jawab untuk degenerasi katarak dan makula.


13. Menyehatkan rambut.

Manfaat okra bagi kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat okra yang terakhir yakni dapat menutrisi rambut. Okra mengandung banyak asam folat yang dapat membantu mengontrol keseimbangan hormon untuk menghentikan kerontokan rambut. Okra mengandung 46 mcg Asam folat untuk mencegah kerontokan rambut.

RECOMMENDED