Brilio.net - Rasa manis pada makanan dan juga minuman biasanya bisa didapatkan dari gula. Nah, ada dua jenis pemanis yang kerap dikonsumsi, yakni gula putih yang kerap disebut gula pasir, dan gula merah yang dikenal dengan istilah gula aren atau brown sugar.

Meski sama-sama manis namun bahan dan kandungannya berbeda. Gula putih terbuat dari sari tebu dan memiliki jumlah kalori lebih banyak dari gula merah. Sedangkan gula merah biasanya terbuat dari bahan nira, merupakan cairan yang keluar dari bunga pohon keluarga palma atau palem seperti kelapa, aren, dan siwalan. Dari segi kandungan kalorinya pun lebih sedikit.

Tentunya gula merah ini juga dianggap lebih sehat dibanding gula pasir. Gula merah dapat dijadikan sebagai penambah rasa di dalam makanan maupun minuman. Bukan hanya sebatas pemanis alami yang menyehatkan tubuh, tapi gula merah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat.

Salah satunya gula merah dapat digunakan sebagai penambah energi dan stamina. Hal ini karena gula merah mengandung nutrisi penting vitamin C, kalium, fosfor, kalsium, seng, zat besi, tembaga, beberapa fitonutrien, polifenol, flavonoid, dan anthocyanidin. Tidak hanya itu, gula merah juga dipercaya mengandung sejumlah nutrisi lain berupa vitamin B inositol yang mampu membantu perasaan dan membuat tubuh lebih kuat sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Loading...

Nah berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 12 manfaat gula merah untuk kesehatan, Selasa (22/9).

1. Meningkatkan kekebalan tubuh.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Ketika kamu merasa lelah dan tidak berenergi, mengonsumsi gula merah bisa menjadi salah satu solusinya. Gula merah diketahui dapat meningkatkan energi tubuh secara cepat dan instan. Selain itu gula merah juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan tersebut memiliki peran untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Meredakan nyeri sendi.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Diketahui bahwa mengonsumsi gula merah dan sepotong jahe dapat membantu meringankan nyeri sendi. Kamu juga dapat meminum segelas susu hangat dengan tambahan satu sendok makan gula merah, maka akan memperkuat tulang dan menjauhkan dari masalah kesehatan tulang.

3. Mencegah anemia.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Gula merah memiliki kandungan yang kaya zat besi dan folat. Kedua kandungan tersebut ampuh mencegah terjadinya anemia. Selain itu gula merah dapat mempertahankan kadar normal sel darah merah dan juga mempercepat peredaran darah.

4. Melancarkan menstruasi.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat gula merah selanjutnya yakni dapat melancarkan siklus menstruasi. Nah, mungkin bagi kamu yang mengalami siklus menstruasi tak lancar, tak ada salahnya untuk mendapatkan manfaat dari gula merah ini. Sebab seperti diungkapkan di atas, gula merah dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membuat siklus haid normal.

5. Menurunkan berat badan.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet untuk mengurangi berat badan, bisa menggantinya dengan mengonsumsi gula merah. Kadar potasium yang tinggi dapat membantu meningkatkan metabolisme, mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Serta membantu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga kamu dapat membakar lebih banyak kalori.

6. Mengandung antiseptik.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Nggak hanya mengandung antioksidan, rupanya gula merah mengandung nutrisi yang berperan sebagai anti peradangan dan antimikroba. Kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi luka minor dan luka terbakar, karena bersifat antiseptik. Caranya, cukup dengan menempelkan gula merah ke area luka dan diamkan beberapa saat.

7. Mengobati sariawan.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Sariawan meski luka kecil namun terkadang sangat membuat tak nyaman dan terasa perih. Nah, kandungan mineral alami dalam gula merah memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk sariawan. Ditambah dengan senyawa niacin di dalamnya, membuat gula merah semakin ampuh untuk mengatasi berbagai masalah sariawan.

Caranya pun cukup sederhana, kamu hanya butuh segelas kunyit asam yang dimasak menggunakan gula merah. Ramuan ini sudah lama digunakan nenek moyang untuk mengatasi sariawan dan panas dalam.

8. Mencegah penuaan dini.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Peran antioksidan dalam gula merah sangat baik untuk kesehatan kulit. Terutama untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, peradangan dan infeksi bakteri. Cukup dengan mengonsumsi gula merah secara teratur, misalnya dengan mencampurkan gula merah dengan teh hangat maka manfaat ini dapat diperoleh kulit.

9. Mengatur kadar kolesterol.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Gula merah dapat menjadi solusi alternatif pengganti pemanis buatan. Namun, dengan syarat tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Gula merah mengandung senyawa niacin yang berperan dalam mengatur kolesterol dalam darah, sehingga kadar kolesterol dapat dijaga untuk tetap normal.

10. Mencegah masalah pernapasan.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat gula merah berikutnya yakni berguna bagi penderita masalah sistem pernapasan. Oleh karena itu mengonsumsi gula merah secara teratur dan jumlah tepat dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti bronkitis dan asma. Selain itu, gula merah juga mengandung sifat tertentu yang membantu dalam mengatur suhu.

11. Mengatasi flu dan batuk.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Meski sepele, namun flu dan batuk yang tak cepat diatasi juga bisa makin parah. Gula merah juga sangat kaya akan antioksidan yang bisa membuat tubuh semakin kebal terhadap radikal bebas. Sebab mengonsumsi gula merah dapat menghangatkan dan meningkatkan suhu tubuh. Sehingga membuat terhindar dari demam, flu dan batuk. Kamu juga bisa mengonsumsi gula merah ditambah dengan jahe untuk meredakan masalah ini.

12. Baik dikonsumsi ibu hamil.

manfaat gula merah freepik.com

foto: freepik.com

Gula merah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi saat masa kehamilan. Sebab gula merah ini dapat mencegah risiko kekurangan zat besi, anemia, dan membantu untuk menjaga berat badan yang sehat dari bayi. Bagi ibu hamil yang ingin merasakan manis, bisa menambahkan gula merah dalam minumannya. Tidak hanya sebagai penambah manis saja, mengonsumsi gula merah saat hamil bermanfaat untuk memulihkan tenaga.

RECOMMENDED