12 Makanan ini tak boleh dikonsumsi di waktu tertentu, kenapa ya?

Kesehatan

12 Makanan ini tak boleh dikonsumsi di waktu tertentu, kenapa ya?

Kelihatannya sepele, tapi ternyata sangat berpengaruh untuk daya tahan tubuhmu

Dwiyana Pangesthi, 16 Juli 2019 23:01

Brilio.net - Banyak cara dilakukan seseorang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Seperti misalnya menambah asupan nutrisi buah-buahan dan juga susu.

Menurut penelitian, rata-rata orang mengonsumsi sekitar 20% lebih banyak kalori. Namun, tidak dipungkiri sudah banyak orang yang sadar akan diet.

Nah, tapi tahukah kamu, tidak selalu mudah untuk mendapatkan semua aturan makan yang sehat dan benar? Misalnya, makan apel di waktu yang salah justru dapat menyebabkan masalah usus. Padahal sih, niatnya memperbaiki pencernaan kamu.

Lapar memang tak mengenal waktu. Waktu yang sering munculnya lapar adalah pada saat bangun tidur, siang hari bahkan pada saat menjelang tidur.

Biasanya jika kamu malas malas makan berat, kamu hanya akan ngemil makanan kecil untuk mengganjal perut. Tanpa memikirkan apakah makanan itu baik dan bermanfaat dikonsumsi pada saat itu.

Kamu pasti ingin kan, makan makanan dan minuman favorit kamu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal? Manakah dari aturan di bawah ini yang menurut kamu paling sulit untuk diikuti?

Berikut 12 makanan dan minuman yang berbahaya jika dikonsumsi pada waktu yang salah, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (16/7).


1. Pisang.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Biasanya pisang dipilih sebagai makanan alternatif untuk memulai pagi kamu. Namun jika kamu mengonsumsi pisang pada saat perut kosong, itu dapat menurunkan energi kamu.

Pada awalnya, kamu mungkin akan merasakan peningkatan energi karena kandungan gula yang tinggi. Tapi setelah beberapa jam, kamu cenderung merasa mudah lelah dan lapar lagi. Sebabnya karena makan pisang juga dapat menimbulkan ancaman bagi orang yang menderita sindrom iritasi usus besar, yang menyebabkan diare.

Jika kamu tetap ingin sarapan dengan pisang setiap hari, sebaiknya campurkan dengan beberapa makanan lain. Lebih baik dengan makanan yang mengandung lemak sehat seperti selai kacang.


2. Kopi.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Bagi banyak orang, minum secangkir kopi tepat setelah bangun tidur terasa seperti hal yang wajar untuk dilakukan. Tetapi sebenarnya sangat tidak bagus.

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sebelum makan meningkatkan toleransi kita terhadap kafein. Pada jam pertama setelah bangun tidur, tubuh kamu memproduksi kortisol dan penting untuk tidak mengganggu proses alami ini.

Jadi tunggu sebentar dan nikmati secangkir kopi kamu. Tetapi perlu diingat bahwa lebih baik tetap memperhatikan pada takaran kafein harian yang direkomendasikan. Jangan minum kopi pada malam hari, untuk mencegah insomnia.


3. Nasi.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Setelah seharian bekerja, pasti kita suka makan nasi yang akan mengenyangkan perut. Tapi itu bukan pilihan terbaik. Beras mengandung banyak karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

Hal itu sebenarnya baik, karena membuat kamu tetap bersemangat dalam waktu yang lama. Tapi kandungan nasi yang tinggi kalori akan berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan jika kamu makan di malam hari.

Waktu makan siang adalah waktu terbaik untuk memasukkan nasi ke dalam menu makan utama. Saat itu metabolisme kamu bekerja dengan cepat selama jam-jam. Ini akan lebih mudah bagi tubuh kamu untuk mencerna produk nasi.

Selain itu, makan nasi pada siang hari membantu kamu memiliki hari yang produktif karena dorongan energi karbohidrat yang kompleks.


4. Gula.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Jika kamu mencoba untuk tetap menjalankan diet sehat, lebih baik mengurangi dari gula olahan, seperti permen. Tetapi terkadang memang sulit menghindari godaan ini.

Kesalahan yang biasanya terjadi adalah ketika kamu makan permen sebagai camilan. Dengan cara ini kadar gula darah kamu naik dan menyebabkan lonjakan gula menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat membuat kamu lelah dan gugup.

Jika kamu tidak bisa menahan godaan permen, manjakan diri kamu dengan permen sebagai makanan penutup tepat setelah makan utama. Dengan cara ini kadar gula darah kamu tidak akan naik secara dramatis.


5. Susu.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Beberapa orang sudah terbiasa memulai hari mereka dengan segelas susu sejak kecil. Tetapi kebiasaan ini tidak baik untuk orang dewasa. Susu sulit dicerna, jadi meminumnya di pagi hari dan menggabungkannya dengan makanan lain dapat menyebabkan mulas dan sakit perut.

Malam hari adalah waktu terbaik untuk minum segelas susu hangat. Ini membantu menenangkan tubuh dan meningkatkan tidur malam yang nyenyak.


6. Daging.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Daging adalah sumber protein dan vitamin B yang baik, tetapi daging dapat menyebabkan beban berlebih pada sistem pencernaan. Itu sebabnya lebih baik menghindari makan steak tepat sebelum tidur.

Memilih daging tanpa lemak dan makan setidaknya tiga jam sebelum tidur, sebenarnya merupakan pilihan baik. Sebab ini memberikan rasa kenyang dan tidak mengandung kalori dalam jumlah berlebihan yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Kamu bisa makan daging sepanjang hari untuk mendapatkan protein yang cukup. Tetapi berhati-hatilah pada saat memakannya di pagi hari, karena makan berat seperti ini mungkin terlalu sulit dicerna di tubuh kamu.


7. Kacang.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Kacang adalah sumber lemak dan kalori sehat, tetapi menjadikannya sebagai camilan malam hari bukanlah pilihan terbaik. Sebetulnya makan kacang dalam ukuran yang pas juga baik untuk kesehatan. Tetapi jika kamu makan terlalu banyak, mereka bisa memakan waktu lama untuk dicerna dan menyebabkan masalah tidur.

Pilih kacang untuk sarapan atau sebagai camilan sehat di antara waktu makan kamu. Apa saja sih, manfaat kacang yang bisa kamu dapatkan?

Kacang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, menormalkan kadar kolesterol, dan berkontribusi pada penurunan berat badan serta kecantikan kulit dan rambut kamu.


8. Keju lemak tinggi.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Saat ini banyak varian makanan yang terbuat dari keju. Tapi sebenarnya keju memiliki kandungan lemak tinggi yang sulit dicerna. Artinya dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu tidur kamu jika kamu memakannya di malam hari menjelang waktu tidur.

Di sisi lain, mengonsumsi keju untuk sarapan memberi tubuh kamu kalsium yang sangat dibutuhkan yang meningkatkan pertumbuhan otot dan kesehatan tulang.


9. Buah sitrus.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Minum segelas jus jeruk segar pada pagi hari mungkin tampak sehat, tetapi ternyata tidak. Buah jeruk sangat asam dan jika diminum setelah makan utama akan meningkatkan pembentukan asam yang dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan.

Beberapa masalah ini yang tidak menyenangkan ini biasanya seperti mulas, perasaan berat di perut, dan memperlambat penyerapan nutrisi. Sebaiknya tunggu sebentar setelah makan jika kamu tetap ingin meminumnya.


10. Kacang-kacangan.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Kacang-kacangan mengandung serat tinggi sehingga memakannya di malam hari dapat menyebabkan kembung dan menurunkan kualitas tidur di antara beberapa orang. Lebih baik berhati-hati dengan produk ini.

Kacang adalah makanan yang baik untuk makan siang. Jila kamu ingin makan kacang sebaiknya atau makan malam lebih awal agar terhindar dari rasa kembung.


11. Apel.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Apel kaya serat dan mengandung asam alami yang meningkatkan fungsi pencernaan dan usus besar. Tetapi jika kamu makan apel di malam hari, kandungan asam dapat menumpuk di perut menyebabkan ketidaknyamanan.

Makan apel di malam hari juga dapat menyebabkan pembentukan gas yang berlebihan dan masalah pada buang air besar. Ini terjadi karena pencernaan melambat pada malam hari dan butuh waktu lebih lama untuk mencerna makanan.

Waktu terbaik untuk makan apel adalah di pagi hari. Dengan cara ini kamu bisa merangsang gerakan usus setelah tidur lama.


12. Yogurt.

Makanan & minuman yang berbahaya © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Lebih baik menghindari makan yogurt dengan perut kosong atau sebelum makan. Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat menurunkan keasaman lambung. Ini akan memperlambat pencernaan saat kamu sedang makan utama.

Lebih baik minum yogurt sekitar 1-2 jam setelah makan utama untuk mendapatkan semua manfaat asam laktat. Mengonsumsi yogurt dalam porsi kecil sebelum tidur merupakan pilihan yang baik, karena akan mengisi tubuh kamu dengan protein, berkontribusi pada perkembangan otot. 

 

 

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)

Makanan Sehat Minuman Sehat Camilan Tren Gaya Hidup Sehat

More delicious idea for you

Sate dan makanan panggang bisa sebabkan kanker, ini penjelasannya
6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker
4 Kandungan makanan cegah radikal bebas, lindungi tubuh dari polusi
5 Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit
Jalani diet tapi tak kunjung langsing, begini penjelasan medisnya
Cara menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama
15 Resep olahan kangkung istimewa, super simpel dan nikmat
11 Resep rempeyek gurih renyah, enak dan sederhana
6 Resep olahan daging dari berbagai negara ini bisa kamu coba
18 Resep masakan jengkol paling nendang, mudah dan sederhana
Back to top BACK TO TOP