12 Makanan ini dapat mencerdaskan anak sejak balita foto: pixabay.com

Kesehatan

12 Makanan ini dapat mencerdaskan anak sejak balita

Mengonsumsi makanan sehat ternyata sangat berpengaruh terhadap kecerdasan otak anak.

Lola Lolita, 16 April 2019 21:01

Brilio.net - Memiliki anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orangtua. Demi mewujudkannya tak sedikit ibu mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi agar si anak kelar lahir dan tumbuh cerdas dan membanggakan. Kecerdasan anak bisa diturunkan lewat genetika ibu dan ditunjang dengan makanan yang dikonsumsi selama masa hamil. Tak mengherankan, mengingat kecerdasan merupakan salah satu modal penting dalam kehidupan manusia.

Mengonsumsi makanan sehat ternyata sangat berpengaruh terhadap kecerdasan otak. Meski seseorang menginginkan anak yang cerdas, namun hal itu tidak bisa terjadi dengan mudah atau tak sesuai harapan. Banyak yang bertanya, apa sih yang bisa membuat seorang anak tumbuh sehat dan cerdas? Salah satu jawabannya adalah faktor makanan.

Nah jika ingin anak tubuh sehat dan cerdas, mulai sekarang coba untuk perhatikan makanan yang mereka konsumsi. Ibu juga bisa memberikan beberapa jenis makanan sehat dan alami berikut ini. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (16/4).

1. Ikan

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Ikan memiliki kandungan asam lemak yang memiliki manfaat tinggi untuk otak. Salah satunya adalah ikan salmon. Para ahli bahkan menyarankan agar anak-anak mengonsumsi ikan secara rutin. Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan, mereka yang gemar menyantap ikan memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.

2. Selai kacang

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Kebanyakan anak-anak sangat menyukai selai kacang untuk sarapan pagi mereka. Hal ini ternyata sangat baik, di mana selai kacang mengandung vitamin E dan juga antioksidan. Kandungan tersebut dapat melindungi membran sel-sel otak terhadap radikal bebas terutama kacang macadamia dan almond. Pilihlah selai kacang yang rendah gula dan natrium.

3. Kacang Hijau

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Kacang hijau bukanlah makanan yang sulit untuk didapat. Selain harganya yang tak mahal, manfaatnya juga sangat tinggi. Kacang hijau mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potasium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga dan thiamin. Semua kandungan tersebut penting bagi kesehatan tubuh khususnya penting bagi otak.

4. Telur

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Sudah banyak yang mengetahui bahwa telur merupakan makanan sehat jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Telur mengandung protein yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Telur akan sangat membantu dalam mencerdaskan anak. Di dalam kuning telur bahkan mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan otak.

5. Susu dan yogurt

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Susu beserta olahannya seperti yogurt akan sangat baik dalam mencerdaskan otak anak. Susu mengandung protein tinggi, vitamin D dan vitamin B yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel di otak.

6. Daging sapi bebas lemak

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Daging bebas lemak akan sangat membantu memberikan asupan gizi baik untuk anak. Di mana akan mendapatkan sumber zat besi yang dapat membantu membuat anak tetap berenergi dan berkonsentrasi. Satu ons daging sapi setiap hari membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan lainnya. Makan daging juga akan memelihara daya ingat anak.

7. Sayuran Berwarna

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Sayur-sayuran merupakan makanan yang harus diberikan kepada anak sesering mungkin. Pasalnya sayuran mengandung banyak manfaat yang bisa menjaga kecerdasan anak. Sayuran berwarna seperti Tomat, wortel, kubis, labu, brokoli adalah sayuran yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam mencerdaskan otak anak.

Sayur-sayuran bahkan dapat membantu dalam meningkatkan tumbuh kembang fisik maupun psikis anak. Sayuran juga dapat mencegah berbagai penyakit, salah satunya kanker.

8. Oat/Oatmeal

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Oat merupakan makanan yang banyak terkandung di serial, tentu ini menjadi makanan favorit anak-anak. Oat/Oatmeal adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang secara bertahap akan diserap oleh otak anak selama proses belajar. Tak hanya itu saja, Oat juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B, potasium dan zinc yang membantu tubuh dan otak untuk bekerja secara optimal.

9. Buah beri

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

Buah beri seperti stroberi, blueberi dan blackberi merupakan makanan yang baik dikonsumsi oleh anak-anak. Pasalnya kandungan vitamin C di dalamnya sangat baik untuk kesehatan anak. Bahkan buat beri sangat baik untuk memperbaiki daya ingat anak.

10. Alpukat

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Alpukat biasanya dikonsumsi oleh orang dewasa, terutama mereka yang sedang menjalankan program diet. Hal ini wajar saja karena alpukat memiliki kandungan rendah lemak baik yang bagus sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Nah ternyata alpukat juga sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak anak. Jika anak tidak begitu doyan makan nasi, ibu bisa menggantinya dengan alpukat.

11. Pisang

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Pisang juga menjadi makanan yang begitu disukai oleh anak-anak. Hal ini sangat baik, di mana pisang mengandung banyak sumber nutrisi, seperti magnesium, fosfor, belerang, kalsium, dan kalium yang baik untuk menyehatkan tubuh anak.

12. Gandum

Makanan ini dapat mencerdaskan anak istimewa

foto: pixabay.com

Gandum mengandung nutrisi berupa vitamin A, E, B6, saponin, kalsium, zat besi, dan mineral. Di mana kandungna tersebut dapat meningkatkan kinerja otak si kecil.vSelain itu, gandum juga rendah lemak dan memiliki serat tinggi yang sangat baik untuk melepaskan kandungan glukosa berlebih yang terdapat pada tubuh anak.


RECOMMENDED

(brl/guf)

Makanan Makanan Sehat Kecerdasan Balita

More delicious idea for you

Sate dan makanan panggang bisa sebabkan kanker, ini penjelasannya
6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker
15 Resep olahan kangkung istimewa, super simpel dan nikmat
20 Resep olahan buncis, masakan rumahan enak dan sederhana
11 Resep rempeyek gurih renyah, enak dan sederhana
Sarapan akhir pekan, menu serba hitam jadi favoritnya
4 Kandungan makanan cegah radikal bebas, lindungi tubuh dari polusi
5 Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit
18 Resep masakan jengkol paling nendang, mudah dan sederhana
6 Resep olahan daging dari berbagai negara ini bisa kamu coba
Back to top BACK TO TOP