11 Cara hilangkan kutil dengan bahan-bahan alami, mudah didapat

Kesehatan

11 Cara hilangkan kutil dengan bahan-bahan alami, mudah didapat

Kutil dapat menimbulkan rasa kekhawatiran dan tidak percaya diri.

Dwiyana Pangesthi, 13 Juli 2019 08:01

Brilio.net - Kutil merupakan daging yang biasanya tumbuh di mana saja pada kulit, baik di muka, badan hingga tangan bahkan kaki. Selain menjengkelkan dan tak enak dilihat, terkadang kutil juga terasa sakit saat kamu menekannya. Tak hanya itu kutil juga dapat tumbuh dan menyebar dengan jumlah banyak.

Kutil biasanya tumbuh disebakan oleh virus dengan jenis HPV. Virus ini menginfeksi lapisan atas kulit dan membentuk kutil. Penyebaran dan penularan virus ini disebabkan oleh kurangnya kebersihan badan yang berasal dari bakteri di pakaian, handuk, kaos kaki, bahkan di alat cukur.

Kutil sulit untuk dihilangkan dan tetap tumbuh di waktu yang lama. Meskipun sifatnya tidak berbahaya, kutil dapat menimbulkan rasa kekhawatiran dan tidak percaya diri. Biasanya kutil di wajah terlihat jelek dan sangat menganggu. Kebanyakan orang mencoba untuk menghilangkan dengan cara mencubiti atau menekannya. Padahal semakin sering untuk dicubiti, kutil tidak akan hilang dan dapat menimbulkan iritasi bahkan tumbuh kembali.

Sebenarnya banyak cara sederhana dan murah untuk menghilangkan kutil. Bahan-bahan alami ini dapat membantu menghilangkan kutil dan mudah didapat, berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Sabtu (12/7).

1. Cuka apel.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Sari cuka apel dianggap dapat berfungsi seperti asam salisilat. Asam salisilat ini dapat mengupas kulit yang terinfeksi bahkan mengobati kutil. Cuka juga memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu melawan virus HPV. Untuk mencobanya, campur 2 sendok cuka sari apel dan 1 satu sendok air putih. Rendam kapas dengan campuran ini. Letakkan di kutil, dan tutup dengan perban. Biarkan selama tiga hingga empat jam.

2. Kulit pisang.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Pisang sangat mudah didapat, namun kali ini kamu dapat memanfaatkan kulit pisang untuk menghilangkan kutil. Ternyata kulit pisang memiliki zat kalium yang dapat melawan virus HPV. Kamu dapat mencobanya dengan cara menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada bagian kulit yang muncul kutil. Cara ini dapat diulangi setiap saat.

3. Bawang putih.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Bawang putih yang merupakan bumbu dasar pada makanan ini dapat menyembuhkan masalah kulit seperti psoriasis dan bekas luka keloid. Ini juga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri, jamur dan juga virus pada kutil. Allicin adalah senyawa utama dalam bawang putih dan memiliki efek mikroba. Senyawa ini bekerja menghancurkan enzim patogen yang berbahaya. Untuk mengobati kutil dengan bawang putih, caranya hancurkan 1 siung dan campur dengan air. Oleskan ke kutil dan tutup dengan perban. Ulangi setiap hari selama tiga hingga empat minggu. Kamu juga bisa mengoleskan jus bawang putih di kutil.

4. Kulit Jeruk.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Obat kutil lain yang mudah didapat adalah kulit jeruk. Cara penggunaan bahan ini dengan menggosok kulit jeruk pada kutil sekali sehari. Biasanya, kutil akan berubah warna menjadi gelap, lalu rontok.

5. Nanas.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi mencerna protein. Dipercaya bahwa enzim ini dapat menghilangkan kutil. Kamu dapat mencobanya dengan cara merendam kutil pada jus nanas atau dapat langsung mengoleskan nanas segar pada kutil.

6. Kentang.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Orang-orang mengklaim bahwa jus kentang dapat mengeringkan kutil. Kamu juga bisa mencobanya dengan cara potong kentang kecil menjadi 2, gosokkan sisi kentang pada kutil atau lumuri dengan jus kentang.

7. Akar dandelion.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Akar dandelion merupakan obat tradisional untuk penyakit kulit seperti kutil. Ekstrak dandelion memiliki komponen antimikroba. Selain itu dandelion dapat mendukung produksi kalogen, mengurangi peradangan kulit dan mengatasi iritasi. Untuk mencobanya, kamu bisa mengoleskan getah dandelion pada kutil.

8. Lidah buaya.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Biasanya orrang-orang menggunakan lidah buaya untuk mengatasi luka bakar dan psoriasis. Gel lidah buaya memiliki zat yang dapat membunuh patogen termasuk virus. Jika kutil kamu terasa sakit dan gatal kamu dapat mengoleskan jel lidah buaya ini untuk meredakan rasa nyeri.

9. Minyak jarak.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Minyak jarak adalah obat antimikroba dan anti-inflamasi. Ini digunakan sebagai obat alami untuk kutil, kurap, ketombe, dan masalah kulit lainnya. Penggunaannya oleskan minyak jarak pada kutil setiap hari. Mungkin butuh dua minggu atau lebih untuk melepaskan kutil.

10. Soda kue

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Soda kue sering digunakan untuk kondisi luka, karena memiliki sifat antiseptik. Dalam hal kutil, soda kue membunuh virus dan mengurangi peradangan. Kamu bisa mencoba dengan cara campurkan satu sendok teh soda kue dengan sedikit cuka putih atau minyak jarak untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta pada kutil dua kali sehari dan tutup dengan perban. Kutil akan hilang dalam beberapa minggu.

11. Wortel.

Cara hilangkan kutil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Sayuran wortel dapat digunakan dengan acar diparut dan ditambahkan minyak zaitun agar menjadi pasta. Oleskan pasta pada kutil dan diamkan selam 30 menit. Ulangi cara ini setiap dua hari sekali.


RECOMMENDED

(brl/guf)

Kesehatan Kesehatan Kulit Obat Herbal Obat

More delicious idea for you

4 Kandungan makanan cegah radikal bebas, lindungi tubuh dari polusi
Jalani diet tapi tak kunjung langsing, begini penjelasan medisnya
18 Resep masakan jengkol paling nendang, mudah dan sederhana
6 Resep olahan daging dari berbagai negara ini bisa kamu coba
Cara menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama
5 Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit
6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker
Sate dan makanan panggang bisa sebabkan kanker, ini penjelasannya
Begini tips menyimpan daging kurban agar tahan lama & berkualitas
30 Kafe instagramable di Jakarta, unik dan cocok untuk hangout
Back to top BACK TO TOP