11 Bahan alami pemutih pangkal paha yang hitam, cepat dan ampuh

Kesehatan

11 Bahan alami pemutih pangkal paha yang hitam, cepat dan ampuh

Kulit gelap pangkal paha bagian dalam atau selangkangan dapat dialami oleh siapa saja.

Nur Luthfiana Hardian, 16 Juli 2019 22:01

Brilio.net - Memiliki tubuh yang sempurna dan cantik adalah impian setiap orang. Namun keinginan itu tak selamanya menjadi kenyataan. Ada saja bagian tubuh yang terlihat kusam dan gelap, seperti tumit kaki, siku, wajah, tangan, hingga bagian yang tersembunyi yaitu pangkal paha.

Kulit gelap pangkal paha bagian dalam atau selangkangan dapat dialami oleh siapa saja, terlepas dari warna kulit. Hal ini terjadi karena kulit pada pangkal paha menghasilkan banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Proses itu disebut hiperpigmentasi.

Perubahan warna pangkal paha atau selangkangan yang gelap bahkan bisa meregang ke area bikini hingga ke area Miss V. Faktor lain penyebab pangkal paha hitam adalah karena gesekan pakaian yang terlalu ketat, lembab, kegemukan, faktor usia, kulit kering, paparan sinar matahari, dan lain sebagainya.

Tidak perlu cemas, untuk mengatasi masalah kulit hitam pada pangkal paha bisa dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat. Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (16/7).

1. Minyak zaitun.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang mampu membantu menjaga kadar air pada kulit. Minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang berguna untuk melindungi kerusakan sel. Caranya mudah, campurkan 4 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan madu. Kemudian gunakan campuran ini sebagai lulur setiap setelah mandi.

2. Minyak kelapa dan lemon.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Lemon kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengobati hiperpigmentasi. Sedangkan minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembab dan dapat membantu menjaga paha lebih lembut dan kenyal. Formulasi yang mengandung vitamin C lebih efektif untuk menjadi bahan pemutih selangkangan daripada yang lain.

Cara memakai dua bahan ini campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan jus setengah lemon. Lalu gosokkan campuran ini ke area gelap sambil dipijat selama kurang lebih 10 menit. Kalau sudah cuci area sampai bersih.

3. Gula scrub.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Gula dapat membantu pengelupasan kulit yang disebut dengan eksfoliasi area. Cara ini dapat membantu pengelupasan kulit gelap akibat penumpukan kulit mati secara alami. Caranya campurkan jus lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu. Gosok campuran itu dengan lembut ke paha bagian dalam. Setelah selesai bilas area untuk menghilangkan scrub.

4. Yoghurt dan oatmeal.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Oatmeal dapat digunakan untuk mengobati eksim dan kondisi kulit inflamasi lainnya. Ini juga bisa bertindak sebagai exfoliant, lulur yang lebih lembut daripada gula. Yoghurt mengandung asam laktat, dapat meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu yoghurt juga memiliki manfaat lain untuk menjaga kecantikan kulitmu.

Kamu bisa membuat lulur yoghurt oatmeal sendiri di rumah. Caranya campurkan yoghurt tawar dan oatmeal hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan pasta itu ke area kulit yang gelap, sambil digosok dengan lembut. Setelah selesai cuci pasta hingga bersih.

5. Lidah buaya.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Gel lidah buaya atau produk berbasis lidah buaya dapat menenangkan kulit iritasi dan lecet. Lidah buaya mengandung aloin, sumber yang Dipercaya sebagai pencerah kulit. Oleskan gel lidah buaya seperti lotion ke pangkal paha, diamkan agar meresap ke kulit. Lidah buaya ini akan kering dengan sendirinya, jadi kamu tidak perlu repot-repot membilas.

6. Kentang.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Kentang mengandung enzim katekolase, yang berfungsi sebagai pencerah kulit alami. Menggosok kentang pada kulit merupakan obat tradisional untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit. Caranya potong kentang tipis-tipis, lalu gosok irisan kentang di atas area paha dalam yang gelap selama kurang lebih 15 menit. Kalau sudah selesai cuci area tersebut dengan lembut.

7. Pepaya.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Pepaya memiliki sifat pencerah kulit yang dapat menghilangkan bintik-bintik gelap pada kulit. Ada dua cara untuk memutihkan pangkal paha atau selangkangan dengan pepaya. Pertama kamu bisa membeli sabun pepaya alami dan menggunakannya secara teratur.

Kedua kamu bisa menyiapkan obat rumahan dengan menumbuk beberapa pepaya matang menjadi pasta. Oleskan dengan lembut di area hitam dan biarkan setidaknya selama setengah jam sebelum dicuci dengan air biasa. Jika kamu menggunakannya secara rutin, kamu akan dapat melihat perbedaan hanya dalam beberapa minggu.

8. Susu.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Susu dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tak hanya mengatasi masalah kesehatan tapi juga untuk merawat kecantikan kulit. Karena susu adalah pencerah kulit alami. Kamu cukup mengoleskannya di area pangkal paha dengan bola kapas lembut. Setelah rata, diamkan setidaknya 30 menit, sebelum dicuci bersih.

9. Kunyit.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Kunyit tidak hanya berguna sebagai obat antiseptik tetapi juga memiliki sifat penyembuhan dan pencerah kulit. Cara menggunakan bahan ini adalah campurkan 1 sdt kunyit, 2 sdt jus lemon, dan 1 sdt yoghurt. Aduk campuran itu hingga membentuk pasta yang halus. Oleskan pada area, biarkan selama 15-20 menit sebelum dicuci bersih. Lakukan metode ini secara teratur setidaknya selama seminggu untuk hasil yang maksimal.

10. Tomat.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: pixabay

Tomat kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Yang perlu kamu lakukan adalah memotong tomat menjadi 2 bagian dan menggunakan pulpnya (sari di dalam). Gosok tomat ke area yang gelap. Biarkan selama 15-20 menit agar lebih meresap. Setelah itu baru cuci sampai bersih.

11. Bengkoang.

bahan alami pemutih pangkal paha pixabay

foto: Instagram/@fifi.bakers

Bengkoang merupakan pemutih alami untuk kulit. Bengkoang juga sering digunakan untuk masker wajah. Sudah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan bengkoang sebagai bahan pemutih kulit. Bengkoang mengandung vitamin B dan C yang berfungsi untuk memutihkan kulit. Caranya mudah, parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Ambil sarinya untuk lulur mandi. Gunakan setiap hari agar pangkal pahamu cepat putih.

 

RECOMMENDED

(brl/guf)

Kesehatan Kesehatan tubuh manusia Kesehatan Kulit Kulit Wanita Tips

More delicious idea for you

6 Resep olahan daging dari berbagai negara ini bisa kamu coba
11 Resep rempeyek gurih renyah, enak dan sederhana
Jalani diet tapi tak kunjung langsing, begini penjelasan medisnya
4 Kandungan makanan cegah radikal bebas, lindungi tubuh dari polusi
18 Resep masakan jengkol paling nendang, mudah dan sederhana
5 Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit
15 Resep olahan kangkung istimewa, super simpel dan nikmat
Cara menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama
6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker
Sate dan makanan panggang bisa sebabkan kanker, ini penjelasannya
Back to top BACK TO TOP