11 Bahan alami pemutih gigi, ampuh dan mudah didapat

Kesehatan

11 Bahan alami pemutih gigi, ampuh dan mudah didapat

Kebanyakan orang ingin gigi menjadi lebih putih dan cerah.

Nur Luthfiana Hardian, 18 Juli 2019 22:01

Brilio.net - Memiliki senyum yang indah dan menawan adalah dambaan bagi setiap orang. Gigi putih dan berkilau menambah aura indah senyuman. Namun sayangnya tak semua orang berhasil mendapatkan gigi putih yang diidamkan. Banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam, bahkan hingga jutaan rupiah demi mendapatkan gigi putih bak iklan pasta gigi.

Menurut American Academy of Cosmetic Dentistry, kebanyakan orang ingin gigi menjadi lebih putih dan cerah. Tidak mengherankan jika banyak produk perawatan gigi yang muncul, dengan iming-iming dapat memutihkan gigi dengan cepat. Namun tahukah kamu perawatan pemutih gigi biasanya mengandung bahan-bahan kimia, yaitu hidrogen peroksida (H2O2) dan karbamid peroksida.

Apabila kamu tidak menggunakan dengan benar takarannya, dua bahan kimia itu berdampak buruk untuk tubuh. Bahkan efek samping pemakaian kedua bahan kimia itu bisa memicu penyakit kanker karena terdapat kandungan zat karsiogenik. Alih-alih mendapatkan gigi putih sesuai keinginan, justru terjangkit penyakit berbahaya.

Nah buat kamu yang ingin memiliki senyum putih mempesona, tapi tidak ingin menggunakan produk penuh bahan kimia berbahaya dan bahan yang tidak diketahui, ada cara lain. Yaitu dengan bahan alami yang cocok untuk masalah itu. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan harga terjangkau murah, dan nggak kalah ampuh dibandingkan produk di pasaran. Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (18/7).

1. Baking soda.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: pixabay

Baking soda atau soda kue memiliki khasiat pemutih alami, oleh karena itu soda merupakan bahan yang biasa digunakan pasta gigi komersial. Menyikat dengan pasta dicampur baking soda dan air dapat mengurangi bakteri di mulut dan membersihkan noda permukaan gigi.

2. Minyak kelapa.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: pixabay

Minyak kelapa meruapakan obat tradisional yang dapat meningkatkan kebersihan mulut dari bakteri. Gunakan minyak kelapa untuk membuat gigimu tampak lebih putih secara alami. Caranya oleskan minyak kelapa di area gigi. Diamkan selama 15-20 menit untuk menghilangkan bakteri. Lakukan cara ini setiap hari ini untuk mengurangi plak dan dapat mencerahkan gigi.

3. Cuka sari apel.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: pixabay

Cuka sari apel mengandung bahan aktif asam asetat, yang dapat efektif membunuh bakteri. Sifat antibakteri itu dapat membantu memutihkan gigi. Namun, penggunaan cuka yang berlebihan juga dapat mengikis enamel pada gigi, jadi batasi penggunaannya sampai beberapa kali per minggu.

4. Jahe.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: pixabay

Jahe tak hanya sebagai minuman penghangat tubuh. Tapi jahe ternyata mengandung antibakteri yang dapat membersihkan noda kuning pada gigi. Gunakan jahe untuk membuat gigimu tampak putih berseri tanpa efek samping. Cukup gosokan jahe langsung ke area gigi secara merata.

5. Kulit jeruk dan garam laut.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: pixabay

Bagian putih kulit jeruk mengandung d-limonene, zat yang digunakan dalam produk pemutihan gigi komersial. Sedangkan garam laut bersifat abrasif alami dan dapat membantu menghilangkan noda permukaan. Caranya campur sisi putih kulit jeruk dengan garam laut, lalu gosok dengan lembut ke gigi selama 2 menit. Setelah itu bilas dengan disikat pasta gigi biasa atau baking soda untuk menghilangkan semua residu jeruk.

6. Buah stroberi dan nanas.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: pixabay

Berbeda dari yang lain dengan digosok, kamu juga dapat mengonsumsi beberapa buah untuk membersihkan gigi kuning. Buah-buahan dan sayuran mentah yang renyah dapat membantu menghilangkan plak gigi saat mengunyah. Dilansir dari healthline, secara khusus merekomendasikan buah stroberi dan nanas untuk dapat membantu memutihkan gigi.

7. Arang kayu.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: pixabay

Arang kayu mengandung alkali yang dipercaya dapat membersihkan noda kuning yang menempel di gigi. Namun jangan terlalu banyak menggunakannya, pasalnya kekuatan arang kayu justru dapat mengikis lapisan enamel(luar) gigi. Cukup ambil secuil arang kayu, lalu haluskan. Kemudian tambahkan perasan ari lemon. Baru deh kamu sikatkan pada gigi kuningmu.

8. Siwak.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: Instagram/@kerudungharlina

Siwak sudah lama dikenal sebagai alternatif lain sikat gigi. Selain dapat membersihkan gigi, ternyata siwak juga digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya gosokkan siwak seperti layaknya sikat gigi biasa. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

9. Garam.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: pixabay

Garam menjadi salah satu cara efektif untuk memutihkan gigi secara ampuh. Garam mengandung antibakteri yang dapat membunuh kuman dan bakteri di mulut. Gunakan garam untuk berkumur setiap hari. Dengan garam, kamu tidak hanya akan mendapatkan gigi putih yang berkilau, tapi juga menguatkan gigi dari masalah berlubang.

10. Daun sirih.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: Instagram/@daliessiangadi123

Sudah lama nenek moyang kita menggunakan daun sirih untuk memperkuat gigi. Ternyata selain untuk menguatkan gigi. daun sirih juga dapat memutihkan gigi secara alami. Daun sirih mengandung antibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab gigi rusak dan kuning. Cukup ambil 1 atau 2 helai daun sirih kemudian gosokan langsung ke gigi secara merata. Kamu juga bisa merebusnya terlebih dahulu dan kemudian berkumurlah dengan air rebusan itu.

11. Daun salam.

bahan alami pemutih gigi instagram

foto: Instagram/@makcikmanggis

Daun salam tidak hanya bisa dimanfaatkan menjadi bumbu makanan, tapi juga untuk merawat kesehatan dan pemutih gigi alami. Caranya rebus daun salam dengan air secukupnya. Kemudian gunakan air rebusan itu untuk berkumur-kumur.


RECOMMENDED

(brl/guf)

Kesehatan Kesehatan Gigi Gigi Sensitif Minyak Kelapa Manfaat Jahe

More delicious idea for you

15 Resep olahan kangkung istimewa, super simpel dan nikmat
4 Kandungan makanan cegah radikal bebas, lindungi tubuh dari polusi
6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker
Sate dan makanan panggang bisa sebabkan kanker, ini penjelasannya
5 Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit
18 Resep masakan jengkol paling nendang, mudah dan sederhana
6 Resep olahan daging dari berbagai negara ini bisa kamu coba
Cara menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama
11 Resep rempeyek gurih renyah, enak dan sederhana
Jalani diet tapi tak kunjung langsing, begini penjelasan medisnya
Back to top BACK TO TOP