Brilio.net - Mangga salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Buah ini paling nikmat disantap dalam keadaan matang dan memiliki cita rasa manis.

Selain buahnya yang lezat, mangga juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Misalnya untuk kesehatan mata, otak, menjaga kecantikan kulit, bahkan membantu menurunkan berat badan.

Tetapi tahukah kamu, bahwa mangga muda juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan? Sebuah penelitian menyebut bahwa mangga muda memiliki kandungan vitamin C setara dengan 35 apel, 18 pisang, sembilan lemon dan tiga jeruk.

Selain vitamin, terdapat juga kandungan zat besi dan lebih dari 80 persen kebutuhan magnesium dan kalsium setiap hari. Lantas, apa saja sih, manfaat dari mangga muda untuk kesehatan?

Dilansir brilio.net dari Boldsky pada Rabu (15/7), berikut 10 manfaat mengonsumsi mangga muda untuk kesehatan.


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Semenjak munculnya Covid-19, masyarakat terus mencari makanan dan minuman yang mampu meningkatkan sistem imun. Nah, kamu bisa menjadikan mangga muda sebagai pilihan untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.


2. Mengatasi asam lambung.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Loading...

Mangga muda kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino yang membantu untuk menetralkan asam dalam lambung, sehingga mengurangi refluks asam dan mengurangi keasaman. Kamu bisa langsung makan mangga muda untuk mengatasi asam lambung.


3. Meningkatkan energi.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Para ahli menyebut bahwa mangga muda yang dikonsumsi setelah siang hari dapat membuat tubuh lebih berenergi. Selain itu, mangga muda juga dapat menghilangkan ngantuk setelah banyak makan di siang hari.


4. Mengobati anemia.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Sebuah penelitian menyebut bahwa kandungan nutrisi pada mangga muda dapat mengobati masalah kelainan darah, salah satunya adalah anemia. Kandungan vitamin C pada mangga muda mampu meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan juga membantu dalam memproduksi sel darah baru.


5. Mengatasi gangguan pencernaan.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Seringkali kita mengalami masalah pencernaan karena kurang serat. Nah, dengan konsumsi mangga mentah bisa mengatasi gangguan pencernaan. Mangga muda sangat cocok untuk wanita hamil.


6. Menurunkan berat badan.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Mangga mentah dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu membakar lebih banyak kalor. Selain itu, dibanding buah mangga yang sudah matang, mangga muda lebih rendah kalori jadi aman dikonsumsi apalagi untuk para pelaku diet.


7. Mengatasi masalah mulut dan gigi.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Masalah mulut dan gigi biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C, yang menyebabkan pendarahan gusi, ruam, memar, kelemahan dan kelelahan. Mangga muda kaya akan vitamin C sehingga dapat membantu menyembuhkan masalah tersebut. Mangga muda dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan mencegah bau mulut.


8. Meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Mangga muda mengandung vitamin B3 yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit stroke dan serangan jantung.


9. Mencegah dehidrasi.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Ketika cuaca panas, tubuh kerap mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh. Hal itu membuat tubuh kehilangan sodium klorida dan zat besi. Oleh sebab itu, kamu perlu konsumsi mangga muda. Caranya, rebus mangga muda dan campurkan dengan gula, jinten, dan sedikit garam. Selain itu, minum jus mangga muda untuk mencegah hilangnya natrium klorida dan zat besi secara berlebihan karena keringat berlebih.


10. Menjaga kesehatan hati.

Manfaat mangga mentah © 2020 brilio.net

Mengonsumsi mangga muda dapat menjaga kesehatan hati. Karena rasa asam dalam mangga muda meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri. Sekresi juga membantu meningkatkan penyerapan lemak dengan membersihkan racun keluar dari tubuh.




RECOMMENDED