Brilio.net - Kembang kol merupakan salah satu sayuran yang kerap diolah menjadi hidangan lezat. Sayuran ini sangat mudah ditemui di Indonesia. Bentuknya menyerupai brokoli dengan warna putih yang tersusun rapi dan karakteristik kuntumnya yang runcing. Manfaat kembang kol makin dikenal dalam diet sehat.

Tak hanya lezat dikonsumsi, kembang kol juga memiliki banyak manfaat dan nutrisi di dalamnya. Jika mengonsumsinya dalam jumlah sedang, dapat memberikan manfaat kesehatan dalam jangka panjang. Kandungan nutrisi dan vitaminnya yakni antara lain vitamin B1, B2, B6, C, E fosfor, magnesium omega 3, dan banyak lainnya.

Selain itu, kembang kol juga merupakan sayur yang kaya akan antioksidan, sulforaphane, serta rendah karbohidrat. Kembang kol juga mengandung serat untuk meningkatkan pencernaan, kolin yang sangat penting untuk otak. Nutrisi ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kembang kol dalam berbagai menu masakan. Dapat dinikmati mentah, dikukus, dihaluskan, atau dipanggang.

Untuk mengetahui berbagai manfaat yang ada dalam kembang kol, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (20/1), 10 manfaat kembang kol untuk kesehatan.

Loading...

1. Untuk kesehatan jantung.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Kembang kol rupanya baik bagi kesehatan organ tubuh seperti jantung. Dilansir dari bbcgoodfood, kembang kol adalah sayuran yang ramah jantung berkat senyawa yang disebut sulforaphane. Senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan, mengurangi kerusakan inflamasi yang disebabkan oleh stres oksidatif, yang berperan sentral dalam perkembangan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi kembang kol, dapat membantu mengurangi tekanan darah dan aterosklerosis.

2. Cegah kanker.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Kembang kol mengandung sulforaphane, antioksidan yang dapat mencegah kanker. Sulforaphane melawan kanker dengan berbagai cara termasuk melindungi sel dari kerusakan DNA serta menonaktifkan karsinogen.

Sulforaphane tampaknya paling protektif terhadap kanker usus besar dan prostat tetapi juga telah dipelajari untuk efeknya pada banyak kanker lainnya, seperti payudara, leukemia, pankreas dan melanoma.

Antioksidan lain yang terkandung dalam sayuran ini adalah indole-3-carbinol atau I3C yang telah terbukti mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi pada pria dan wanita.

3. Baik untuk otak.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Satu cangkir kembang kol mengandung 45 miligram kolin, yang merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk suasana hati dan memori. Bahkan juga membantu menjaga keutuhan membran sel, pembentukan DNA, membantu jalannya metabolisme tubuh, serta menjaga kesehatan saraf dan otak.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Karena kaya belerang, sayuran hasil persilangan ini dapat mendukung kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Ini karena sulfur mendukung produksi glutathione yang penting untuk menjaga keutuhan lapisan usus serta mendukung regenerasinya. Sebagai antioksidan kuat, glutathione bekerja di seluruh tubuh melindungi sel dari kerusakan inflamasi.

5. Menyeimbangkan hormon.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Kembang kol termasuk salah satu sayuran yang kaya antioksidan. Beberapa di antaranya adalah betakaroten, kuersetin, asam sinamat, dan beta-cryptoxanthin.

Mengonsumsi sayuran kaya antioksidan seperti kembang kol telah terbukti mengurangi kadar estrogen yang berlebih. Antioksidan di dalam kembang kol juga dapat menyeimbangkan hormon yang tidak sehat. Itulah alasan wanita perlu mengonsumsi sayuran ini secara teratur.

6. Melawan penuaan dini.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Dilansir dari Health, beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat alami dalam kembang kol, seperti sulforaphane, dapat memengaruhi gen dengan cara memperlambat proses penuaan biokimiawi. Senyawa kembang kol juga telah terbukti melindungi fungsi otak dan sistem saraf serta memperlambat penurunan kognitif terkait usia.

7. Baik untuk kesehatan tulang.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Kembang kol juga mengandung vitamin B, fosfor, mangan, magnesium, dan kalium. Konsumsi vitamin K dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mencegah ekskresi kalsium dalam urin. Asupan vitamin K yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan risiko osteoporosis dan patah tulang.

8. Menurunkan berat badan.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Serat dalam kembang kol mendukung kesehatan pencernaan. Bahkan kembang kol juga kerap digunakan sebagai salah satu sayur untuk mendukung pengelolaan berat badan. Sebab manfaat yang didapat bisa meningkatkan rasa kenyang, menunda kembalinya rasa lapar, dan membantu mengatur kadar gula darah dan insulin.

Satu cangkir kembang kol mentah juga menyediakan sekitar 3,5 ons air, yang membantu meningkatkan rasa kenyang. Makan kembang kol sebagai pengganti nasi putih dapat secara serius menggantikan kalori dan karbohidrat.

9. Bantu detoksifikasi.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Kembang kol kaya akan antioksidan yang mendukung detoksifikasi tubuh. Dilansir dari pallensmith, kembang kol mengandung Indole-3-carbinol, fitonutrien yang telah terbukti membantu hati dalam fungsi detoksifikasi.

Kembang kol mengandung glukosinolat yakni senyawa yang mengaktifkan sistem detoksifikasi tubuh. Kembang kol mengandung jumlah glukosinolat tertinggi kedua setelah brokoli.

10. Menyehatkan kulit dan rambut.

Manfaat kembang kol freepik.com © 2021 brilio.net

foto: freepik

Vitamin C dalam kembang kol meningkatkan produksi kolagen yang bisa mengencangkan kulit. Antioksidan ini mencegah kerutan dan garis-garis halus.

Antioksidan lain dalam kembang kol juga membersihkan bintik-bintik gelap dan meningkatkan tekstur kulit.

Vitamin C juga dapat meningkatkan kesehatan rambut. Antioksidan pada kembang kol dapat memperkuat folikel rambut dan membuat rambut lebih sehat.

RECOMMENDED