10 Manfaat ikan asin untuk kesehatan, ampuh cegah kanker kulit

Kesehatan

10 Manfaat ikan asin untuk kesehatan, ampuh cegah kanker kulit

Jadi, nggak perlu minder ketika kamu doyan makan ikan asing dicampur sambal. Simpel tapi ternyata sehat banget

Dwiyana Pangesthi, 15 Juli 2019 15:01

Brilio.net - Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan istilah ikan asin bukan? Sebab kamu pasti pernah mencicipinya meski cuma sedikit saja. Ya, ikan olahan khas Indonesia ini memang sangat mudah kamu dapatkan. Selain rasanya yang asin dan gurih, makanan ini juga terjangkau harganya.

Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa ikan asin yang sering digunakan sebagai bahan lauk pauk itu, hanya dimakan untuk kalangan masyarakat bawah saja. Padahal kalau kamu tahu, ternyata ikan asin mengandung banyak manfaat untuk kesehatan lho.

Proses pembuatan ikan asin ini dengan cara diasinkan atau digarami. Kemudian dijemur selama beberapa hari agar ikan menjadi awet. Tak heran jika ikan asin dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan. Berbeda dengan ikan segar yang hanya bertahan dua sampai tiga hari saja pada suhu ruangan.

Ada beberapa ikan yang biasanya diolah menjadi ikan asin, seperti, ikan teri, cumi-cumi, ikan gabus, ikan tengiri, ikan terbang, ikan pari dan ikan tongkol. Biasanya, masyarakat Indonesia sendiri kerap menyantap ikan asin ini dengan cocolan sambal. Sedap!

Nah, penasaran kan, apa saja manfaatnya? Dilansir brilio.net dari drhealthbenefit.com pada Senin (15/7), berikut 10 manfaat ikan asin untuk kesehatan.


1. Baik untuk kesehatan gigi dan tulang.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Ikan asin memiliki manfaat kalsium dan fosfor tinggi. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan asin kering yang berjumlah 100 gram memiliki 300 mg fosfor dan kadar kalsium 200 mg.

Fosfor dan kalsium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kamu dan memiliki manfaat kesehatan lain dari ikan asin yaitu: meningkatkan tinggi selama pertumbuhan, mencegah osteoporosis, mencegah kelainan tulang dan memperkuat struktur tulang.


2. Membantu mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Manfaat ikan asin dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Kandungan yang berperan dalam penyembuhan luka pada ikan asin berasal dari zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gram ikan asin.


3. Mencegah anemia.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Zat besi yang terkandung dalam ikan asin juga sangat bermanfaat dalam tubuh kita untuk mencegah terjadinya anemia, gejala kekurangan darah.

Zat besi yang berada dalam ikan asin akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah dan mencegah anemia. Beberapa gejala anemia seperti, mudah merasa lelah, sering merasa pusing dan sakit kepala, seringkali tidak fokus melakukan aktivitas dan memiliki risiko tinggi terhadap beberapa penyakit.


4. Menjaga sistem kekebalan tubuh.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Ikan asin ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu karena kandungan manfaat protein yang ada pada ikan asin. Jika sistem kekebalan tubuh kamu baik, maka kamu tidak akan mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.


5. Membantu pembentukan otot.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Ikan asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42 gram protein per 100 gram. Protein ini akan sangat berguna untuk membangun otot dan meningkatkan massa otot, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program pembentukan otot.

Namun, kamu tidak boleh terlalu sering mengonsumsi ikan asin karena kandungan garamnya yang tinggi pada ikan asin.


6. Sumber energi untuk tubuh.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Seratus gram ikan asin kering dapat memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal. Ini dapat membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh dalam satu hari. Terutama bila dikombinasikan dengan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi.


7. Mencegah penyakit jantung.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Ikan asin memiliki kandungan manfaat omega 3 yang tinggi. Selain itu, manfaat ikan asin juga memiliki kandungan kolesterol baik yang tinggi. Karena itu, ikan asin sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan beberapa masalah jantung.

Demikian pula kolesterol, karena omega 3 dalam ikan asin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.


8. Menjaga kulit tetap sehat.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Ikan asin memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa jenis kandungan ikan asin yang baik untuk manfaat kesehatan kulit kamu, seperti vitamin E, selenium, omega 3 dan asam lemak esensial.


9. Mengurangi risiko kanker kulit.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Manfaat vitamin E yang terkandung dalam ikan asin dapat melindungi kamu dari paparan sinar ultraviolet. Bahkan dapat mengurangi, dan mencegah terjadinya kanker kulit yang disebabkan oleh radiasi UV.


10. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat ikan asin © 2019 brilio.net

foto: pixabay


Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin juga sangat baik untuk ketahanan dan kekebalan tubuh kamu. Manfaat vitamin A ini, tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kamu, seperti, mencegah katarak, mencegah mata minus dan plus serta mencegah degenerasi makula.

 

 

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)

Makanan Sehat Ikan Asin Makanan Olahan Kuliner Indonesia Lauk Pauk

More delicious idea for you

4 Kandungan makanan cegah radikal bebas, lindungi tubuh dari polusi
18 Resep masakan jengkol paling nendang, mudah dan sederhana
5 Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit
6 Resep olahan daging dari berbagai negara ini bisa kamu coba
Begini tips menyimpan daging kurban agar tahan lama & berkualitas
Cara menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama
Jalani diet tapi tak kunjung langsing, begini penjelasan medisnya
30 Kafe instagramable di Jakarta, unik dan cocok untuk hangout
6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker
Sate dan makanan panggang bisa sebabkan kanker, ini penjelasannya
Back to top BACK TO TOP