Brilio.net - Garam adalah bumbu dapur yang wajib dimiliki sebagai penyempurna rasa masakan. Saat ini terdapat beberapa macam garam yang mulai dikonsumsi atau digunakan oleh masyarakat. Tak hanya sebagai penyedap rasa, tapi garam biasanya juga digunakan untuk campuran produk obat dan produk kecantikan.

Salah satu jenis garam yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah garam Inggris atau biasa dikenal dengan garam Epsom. Garam ini berasal dari Epsom, Surrey, Inggris. Garam Inggris biasanya digunakan sebagai campuran air untuk berendam.

Meski tampak seperti garam pada umumnya, namun garam Inggris tidak dapat dijadikan untuk bahan penyedap. Garam ini mengandung magnesium dan sulfur dengan rasa yang pahit. Ketika dilarutkan dalam air, garam akan melepaskan ion magnesium dan sulfat yang kemudian akan diserap oleh kulit.

Jikapun ingin mengonsumsinya, seseorang perlu melarutkannya terlebih dulu dengan banyak air. Selain untuk mandi berendam, garam Inggris juga biasanya dapat ditemukan dalam aspirin maupun obat pencahar.

Biasanya, garam Inggris digunakan sebagai obat anti-inflamasi oleh para atlet untuk mengatasi nyeri otot. Magnesium sulfat adalah mineral yang sangat penting untuk tubuh. Kekurangan nutrisi ini dalam tubuh disebabkan oleh kombinasi beberapa masalah, termasuk penggunaan obat resep secara berlebihan, konsumsi makanan cepat saji dan lain sebagainya. Inilah salah satu alasan mengapa garam Inggris harus menjadi bagian penting untuk meningkatkan kesehatan seseorang.

Karena memiliki kandungan magnesium dan sulfur, garam Inggris memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat garam Inggris untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir brilio.net dari boldsky dan berbagai sumber lainnya pada Selasa (11/8).

1. Memenuhi kebutuhan magnesium.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Menderita kekurangan magnesium sangat umum terjadi dan kadar magnesium yang rendah dalam tubuh dapat disebabkan oleh alkoholisme, diare parah, malnutrisi atau kadar kalsium tinggi. Magnesium memainkan peran kunci dalam mengatur banyak fungsi tubuh, sehingga garam Inggris dapat membantu meningkatkan kadar magnesium internal dalam tubuh.

Loading...

2. Mengatasi insomnia.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Kandungan magnesium yang terdapat dalam garam Inggris dipercaya dapat merangsang seseorang untuk segera tidur. Hal ini karena magnesium dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang menimbulkan rasa kantuk, yaitu melatonin.

Di samping itu, magnesium dalam garam Epsom juga dapat membantu mengurangi stres, sehingga dapat membuat seseorang jadi lebih relaks dan mudah tertidur.

3. Mengurangi stres.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Salah satu manfaat garam inggris adalah dapat mengurangi stres. Caranya, kamu dapat mencampurkan 2 cangkir garam Inggris ke dalam air hangat untuk berendam. Hal ini terjadi karena magnesium dikenal untuk mengurangi stres dan memperbaiki gangguan neuropsikiatri.

4. Menghilangkan racun dalam tubuh.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Sulfat yang ada dalam garam Inggris membantu tubuh mengeluarkan racun dan menyediakan detoksifikasi dari sel-sel tubuh. Kamu dapat menambahkan beberapa cangkir garam Inggris ke dalam air mandi yang akan membantu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh sekaligus akan menghasilkan peremajaan tubuh.

5. Mengatasi nyeri otot dan sendi.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Manfaat garam Inggris selanjutnya adalah untuk mengatasi nyeri otot dan sendi. Hal ini sangat baik untuk kamu yang sering berolahraga yang cukup berat.

Masih berkaitan dengan kandungan magnesiumnya, garam Epsom dapat membantu tubuh dalam menyerap gula dan asam laktat sehingga nyeri otot dan sendi dapat mereda. Hal ini juga dapat mengatasi nyeri sendi yang terjadi karena proses peradangan pada sendi.

6. Mengatasi konstipasi.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Kandungan magnesium dalam garam dapat menimbulkan mekanisme penarikan air ke dalam rongga usus. Mekanisme tersebut dapat membuat feses lebih lunak dan melancarkan pergerakan usus, sehingga proses buang air besar pun menjadi lebih mudah. Caranya dengan mencampurkan 2-6 sendok teh garam ke dalam satu cangkir air, lalu minum.

7. Mengobati migrain.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Migrain bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, cobalah berendam dalam air mandi yang telah diberi garam inggris. Garam ini mampu membantu dalam mengendurkan otot-otot di sekitar tulang tengkorak. Alhasil, tubuhmu akan lebih rileks dan sakit kepala pun reda.

8. Mengurangi nyeri dan peradangan.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Mandi air hangat dengan garam Inggris atau garam Epsom ini diketahui dapat meredakan nyeri dan peradangan yang merupakan akar penyebab banyak penyakit. Bermanfaat untuk mengobati asma bronkial, nyeri otot dan sakit kepala. Garam epsom juga dapat membantu penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan yang menyertai kulit yang memar.

9. Meningkatkan kadar gula darah.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Kadar magnesium yang tinggi dalam tubuh telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes. Garam epsom, sebagai sumber magnesium yang sangat baik, meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi dan memanfaatkan insulin. Konsumsi garam Epsom secara teratur dapat membantu mengatur gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

10. Meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat garam inggris © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Garam Inggris meningkatkan sirkulasi darah di jantung dan arteri. Maka dari itu garam Inggris dapat mencegah penyakit kardiovaskular dengan mengurangi peradangan dan melindungi elastisitas arteri. Memiliki arteri yang lebih sehat berarti risiko penggumpalan darah, penumpukan plak, dan kerusakan pada dinding arteri juga lebih rendah.



RECOMMENDED