Brilio.net - Daun kemangi, daun dengan aroma wangi yang sering digunakan sebagai lalapan ini memang sangat lezat saat dikonsumsi bersama sambal dan nasi hangat. Aroma wangi yang khas dari daun kemangi ternyata berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Meski memiliki bau yang cukup kuat, kemangi ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ocimum sanctum ini ternyata memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki sejarah dalam pengobatan di India sebagai pengobatan untuk banyak kondisi, dari penyakit mata hingga kurap. Dari daun hingga bijinya, kemangi dianggap sebagai tonik untuk tubuh, pikiran, dan jiwa.

Dilansir dari healthline.com, banyak penelitian mendukung penggunaan seluruh tanaman kemangi untuk digunakan manusia karena nilai terapeutiknya. Di dalam daun kemangi segar terkandung air, karbohidrat, antioksidan, protein, lutein, serat, dan zeaxanthin. Tak hanya itu, kemangi juga mengandung berbagai macam vitamin kalium, serta folat.

Tak hanya itu, kemangi juga memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi sehingga kemangi dapat mencegah ataupun mengobati berbagai gangguan kesehatan dengan berbagai cara. Berikut 10 manfaat daun kemangi untuk kesehatan seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (27/10).

Loading...

1. Mengobati batuk.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Daun kemangi dapat digunakan untuk meredakan batuk secara alami. Caranya, seduh dengan air hangat 8 lembar daun kemangi dengan cengkeh, kemudian minum secara rutin setiap hari sampai batuk sembuh. Untuk memberikan rasa, kamu dapat mencampurkan sedikit garam dalam ramuan tersebut.

2. Turunkan gula darah.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengonsumsi kemangi dapat membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Uji coba pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa kemangi dapat membantu mencegah gejala diabetes seperti penambahan berat badan, hiperinsulinemia, atau kelebihan insulin dalam darah.

3. Mencegah demam.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang lainnya, yaitu dapat mengurangi demam karena flu. Saat demam karena flu, kamu dapat mengunyah daun kemangi. Untuk mencegah masalah demam saat musim penghujan, kamu dapat meminum air rebusan daun kemangi. Minum setiap hari untuk mencegah demam karena musim penghujan.

4. Meringankan peradangan dan nyeri sendi.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sebagai adaptogen dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan, kemangi dapat meringankan peradangan dan nyeri sendi. Bahkan dapat membantu orang dengan artritis atau fibromyalgia atau rasa nyeri di sekujur tubuh. Caranya, seduh daun kemangi seperti teh dalam cangkir, konsumsi setiap hari.

5. Mengobati penyakit kulit.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

6. Menurunkan kolesterol.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Memasukkan kemangi dalam menu makananmu dapat membantu menurunkan kolesterol. Penelitian pada hewan menunjukkan perubahan signifikan pada molekul lemak kelinci saat mereka memakan daun kemangi yang segar. Penelitian pada hewan menemukan bahwa minyak dalam kemangi (eugenol) menurunkan kadar kolesterol yang disebabkan stres. Terjadi penurunan kolesterol total di ginjal, hati, atau jantung pada tikus dengan dan tanpa diabetes setelah mereka mengonsumsi bubuk daun kemangi.

7. Mengobati luka infeksi.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah dapat mengobati luka infeksi. Karena sifat antibakteri ditemukan pada daun kemangi, sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit. Menggunakan daun kemangi pada kulit sangat membantu orang-orang yang mengalami eksim pada kulit. Ambil beberapa daun kemangi dan tumbuk hingga halus. Lalu, tambahkan dengan setengah cangkir yogurt. Campurkan bahan dan terapkan pada wajah hingga mengering, kemudian bilas dengan air.

8. Mencegah bau badan dan bau mulut.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Daun kemangi yang terkenal memeiliki aroma khas ini bisa membantu mencegah bau badan dan bau mulut. Mengonsumsi daun kemangi secara rutin dikatakan mampu mencegah badan mengeluarkan bau tidak sedap. Jika tidak suka disantap secara langsung, kamu juga bisa membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.

9. Menjaga kesehatan kulit.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Daun kemangi juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Kemangi membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Buat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar. Oleskan pasta di wajah dan biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Sifat antiinflamasi dan antimikroba yang kuat dari kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

10. Mengatasi masalah perut.

daun kemangi untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak atsiri kemangi telah dilihat sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai masalah perut selain gangguan pencernaan. Mengonsumsi kemangi bisa membantu mengurangi kembung dan retensi air. Kemangi bahkan dapat merangsang hilangnya nafsu makan dan dapat menyembuhkan refluks asam.

RECOMMENDED