10 Manfaat buah plum bagi kesehatan, ampuh obati sembelit

Kesehatan

10 Manfaat buah plum bagi kesehatan, ampuh obati sembelit

Khasiatnya ternyata sangat luar biasa. Kanker pun bisa dicegah dengan mengonsumsi buah plum secara rutin.

Nur Luthfiana Hardian, 15 Maret 2019 13:22

Brilio.net - Manusia telah dianugerahi berbagai banyak buah-buahan yang luar biasa bergizi dan lezat, salah satunya adalah buah plum. Buah plum tergolong keluarga Rosacea dan genus prunus domestica, yang juga termasuk kacang almond dan buah persik.

Plum tersedia dalam berbagai warna dan ukuran. Beberapa buah plum juga memiliki warna yang berkisar dari kuning ke putih, hijau dan merah, ungu dan hitam. Rasa buah plum ada yang manis hingga asam dan di dalamnya terasa sangat berair.

Saat ini buah plum juga hadir dalam bentuk kering dan bisa digunakan untuk pembuatan selai dan makanan lezat lainnya. Buah plum mengandung nutrisi yang meningkatkan kesehatan. Dilansir dari food.ndtv, menurut buku 'Healing Foods' dari DK Publishing, buah plum memiliki lebih dari 2.000 varietas.

Buah plum ini memiliki sifat antioksidan dan detoksifikasi yang baik dan merupakan stimulan metabolisme. Buah plum mengandung chromium, potassium, selenium, mineral lainnya, vitamin C, dan beta-karoten. Plum buah maupun kering, dapat dijadikan pengobatan tradisional dan berbagai penyakit lainnya.

Kamu bisa mengonsumsi plum segar secara langsung ataupun kering yang sering disebut prem. Kandungan vitamin dan mineral dari prem dan plum sedikit berbeda, tetapi keduanya sama-sama mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat buah plum bagi kesehatan yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/3).


1. Meredakan sembelit.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Buah plum kaya akan serat dan sorbitol. Serat dalam plum sebagian besar tidak larut saat di dalam tubuh. Sehingga berperan mempercepat laju pembuangan limbah melalui saluran pencernaanmu.

Sedangkan sorbitol adalah alkohol gula dengan efek pencahar alami. Adanya dua kandungan tersebut membuat plum menjadi terkenal karena efektif untuk meredakan sembelit daripada banyak obat pencahar lainnya.


2. Mengurangi risiko penyakit diabetes.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Buah plum kaya akan antioksidan bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas.

Plum sangat tinggi antioksidan polifenol, yang memiliki efek positif untuk kesehatan tulang dan dapat mengurangi risiko penyakit diabetes dan paru-paru.


3. Membantu pertumbuhan tulang.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Plum bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Beberapa penelitian misalnya dari healthline, mengonsumsi plum ampuh untuk mengurangi risiko kondisi tulang yang mulai melemah karena osteoporosis dan osteopenia.

Plum tidak hanya mampu mencegah keropos tulang, tetapi juga meningkatkan kadar hormon tertentu yang melibatkan dalam pembentukan tulang.


4. Menjaga kesehatan jantung.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Mengonsumsi plum secara teratur dapat membuat perlindungan pada kesehatan jantung. Plum memiliki potensi dalam mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, yang merupakan faktor utama risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi 12 plum setiap hari selama delapan minggu akan mengurangi kadar kolesterol yang tinggi.


5. Membantu menurunkan berat badan.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Buah plum bisa dengan mudah dimasukkan dalam menu diet bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kamu bisa langsung memakan buah plum, atau mengolahnya dan mencampurkan dengan bahan lain. Kamu bisa mengonsumsi buah plum dengan menjadikannya smoothie dan salad yang lezat.


6. Mencegah kanker.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Warna biru kemerahan pada kulit plum disebabkan oleh pigmen, anthocyanin, yang bisa melawan radikal bebas pada tubuh saat dikonsumsi. Kandungan yang ada pada buah plum dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker, terutama kanker payudara, rongga, dan mulut kanker.


7. Meremajakan kulit.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Mengonsumsi buah plum dapat menguatkan kulit dan membersihkan tekstur kulitmu. Buah plum dapat mengurangi keriput pada wajah dan membantu meremajakan kulitmu. Kamu bisa mengonsumsi buah plum secara langsung atau dibuat menjadi jus kemudian diminum.


8. Membantu menghilangkan bekas luka.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Plum mampu meningkatkan sirkulasi darah ke bagian bekas luka. Plum mampu membantu perkembangan kulit baru dan mengurangi tampilan bekas luka.

Ini membantu kulit untuk sembuh lebih cepat dengan cara mengganti kulit rusak dengan kulit yang baru. Tak hanya itu saja, mengonsumsi buah plum juga bisa meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit. Sehingga bisa mengurangi munculnya bintik-bintik hitam pada kulit.


9. Mengobati rambut rontok.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Plum dapat membantu menghentikan rambut rontok dengan membalikkan kelelahan kelenjar adrenal. Buah plum dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah.


10. Meningkatkan imunitas.

manfaat buah plum kesehatan pixabay

foto: pixabay


Buah plum kaya akan vitamin C, yang berperan banyak untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan pada tubuh. Vitamin C pada buah plum bertanggung jawab untuk membangun daya tahan tubuh terhadap infeksi dan radang. Sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit, salah satunya adalah mencegah indikasi flu.

 

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)

Makanan Sehat Buah Buah Plum Tips Kesehatan

More delicious idea for you

23 Resep kue berbahan pisang, enak dan praktis
25 Resep kue putri salju lezat dan lembut di lidah
Takjil bubur lodeh, tradisi di Masjid Sabilurosyad sejak abad 16
Viral mi goreng rasa sapi panggang Chitato, ini kata AnakJajan
25 Resep kue bolu kukus kekinian, enak dan mudah dibuat
30 Resep kue Lebaran paling diburu, enak dan praktis
10 Cara membuat ketupat dan lontong disertai resep, praktis
25 Resep nastar kekinian, istimewa untuk sajian Lebaran
Kamu bisa bikin bingkisan spesial & unik di studio ini, nih 4 faktanya
Tradisi takjil bubur Masjid Sabilurrosyad sejak abad 16
Back to top BACK TO TOP