Brilio.net - Makanan menjadi salah satu sumber energi untuk tubuhmu. Nggak hanya membuat perut menjadi kenyang, makanan juga akan memberikan nutrisi melalui kandungan di dalamnya.

Nah, bahan yang kamu makan bisa memberikan banyak dampak pada tubuh lho. Seharusnya sih, kamu bisa semakin sehat dan bugar setelah mengonsumsi sebuah makanan. Tapi kalau ternyata justru menjadi lemas dan berujung sakit? Sepertinya kamu harus memeriksa kembali makanan yang kamu konsumsi.

Dalam setiap makanan yang masuk dalam mulutmu harus diamati dengan cermat. Akan lebih baik lagi kalau kamu juga memahami kandungan yang ada di dalamnya. Karena jangan sampai bahan makanan yang kamu pilih justru membuat tubuh menjadi tidak produktif seperti lemas, mengantuk, dan tidak bersemangat. Maka dari itu pilihlah makanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Kalau kamu sedang butuh makanan untuk penambah semangat sekarang ada solusinya. Dijamin mudah ditemukan dan bikin badan menjadi lebih segar. Nggak cuma menambah energi, makanan-makanan ini juga akan mengusir rasa kantuk dan lemasmu. Apa saja?

Dilansir brilio.net dari Healthline dan berbagai sumber lainnya pada Rabu (2/9), berikut 10 makanan penambah energi yang bisa usir lemas dan kantuk.

1. Telur.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Mungkin kamu sudah nggak asing mendengar bahwa telur adalah salah satu sumber tenaga yang baik. Sebagai sumber protein, telur akan menambah energi tubuhmu. Selain itu, kandungan leusin yang ada di dalamnya dapat membantu sel untuk mengambil gula darah lebih banyak, merangsang produksi energi dalam sel, serta meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi.

Nggak cuma itu, telur juga kaya akan vitamin B. Ia memberikan peran untuk membantu enzim menjalankan perannya dalam proses memecah makanan untuk energi.

Loading...

2. Pisang.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Siapa sih, yang nggak suka pisang? Buah berwarna kuning ini memiliki rasa yang manis. Selain itu, mengonsumsi pisang juga kerap dijadikan banyak orang sebagai cara untuk mengganjal rasa lapar.

Pisang juga menjadi salah satu sumber energimu lho. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan sumber karbohidrat kompleks, kalium, dan vitamin B6 yang sangat baik, yang semuanya dapat membantu meningkatkan tingkat energimu. Untuk menemukan pisang juga nggak sulit. Jadi kamu bisa merasakan manfaatnya kapan saja, kan?

3. Apel.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Selain pisang, ada juga buah apel yang bisa jadi pilihan lain dalam menambah energimu. Apel juga dikenal sebagai sumber karbohidrat dan serat yang baik. Kamu juga harus tahu, apel dengan ukuran 100 gram, mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 10 gram gula, dan hingga 2,1 gram serat.

Di samping itu, apek juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga mereka melepaskan energi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Oh iya, untuk mendapatkan manfaat serat, terutama pada kulitnya, kamu bisa mencoba mengonsumsi apel secara utuh. Cobain deh!

4. Alpukat.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Kamu juga nggak boleh melewatkan buah yang satu ini. Alpukat kerap disebut sebagai makanan super. Tentu bukan tanpa alasan, pasalnya alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin B, dan serat. Apalagi Sekitar 84% lemak sehat dalam alpukat berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Lemak sehat pada alpukat mampu meningkatkan kadar lemak darah yang optimal dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Kandungan ini juga dapat disimpan pada tubuh sebagai sumber energi. Yang nggak kalah hebat, serat dalam alpukat memberikan 80% dari kandungan karbohidratnya, yang dapat membantu menjaga tingkat energi yang stabil.

5. Jeruk.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Si buah segar ini memang terkenal bikin ngantuk hilang. Rasanya yang asam dan segar akan bikin mata menjadi lebih melek. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi dari stres oksidatif.

Menurut hasil penelitian, stres oksidatif dapat meningkatkan perasaan lelah. Oleh karena itu, perlindungan antioksidan yang diberikan oleh senyawa dalam jeruk dapat membantu mengurangi rasa lelah.

Hal ini juga dibuktikan dengan penelitian terhadap 13 wanita yang mengonsumsi 17 ons jus jeruk. Mereka melakukan 1 jam latihan aerobik 3 kali seminggu selama 3 bulan. Hasilnya, mereka mengalami penurunan kelelahan otot dan peningkatan kinerja fisik.

6. Bit.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Bit adalah salah satu bahan makanan yang juga perlu kamu coba untuk mengusir rasa lemas dan ngantuk. Penelitian telah menunjukkan bahwa bit dapat meningkatkan aliran darah karena kandungan antioksidannya.

Pada bit terdapat senyawa nitrat dalam jumlah tinggi. Nitrat dapat membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dan meningkatkan darah serta memungkinkan peningkatan pengiriman oksigen ke jaringan.

Efeknya, energi akan meningkat terutama selama performa atletik. Untuk meningkatkan energi secara berkelanjutan, kamu juga akan dibantu oleh karbohidrat, serat, dan gula yang ada di dalam bit.

7. Teh hijau.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Kamu harus tahu kalau teh hijau nggak hanya baik untuk diet. Teh ini memiliki konsentrasi antioksidan kuat yang tinggi yang dapat membantu mencegah stres oksidatif dan peradangan. Teh hijau juga memiliki kandungan kafein seperti kopi.

Namun menariknya, teh ini juga mengandung senyawa yang disebut L-theanine. Kandungan ini dapat memoderasi efek kafein, seperti kecemasan dan kegugupan, dan menghasilkan dorongan energi yang lebih halus.

Teh hijau juga bisa membantu untuk mendorong energi yang baik untuk aktivitas fisik. Hal ini karena teh hijau dapat mengurangi kelelahan dengan meningkatkan pemecahan lemak dan pelepasan hormon norepinefrin.

8. Edamame.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Edamame sering ditemukan dalam berbagai sajian makanan. Edamame bisa dijadikan menu tambahan untuk membuat cita rasa masakan semakin nikmat. Namun kamu juga bisa mengolahnya sebagai camilan atau dengan cara ditumis.

Kacang rendah kalori ini memiliki banyak protein, karbohidrat, dan juga serat. Ada juga vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, seperti asam folat dan mangan, yang dapat membantu meningkatkan energi dengan berbagai cara.

Asam folat pada edamame bekerja dengan zat besi untuk meningkatkan energi dan melawan kelelahan dan anemia, sementara mangan membantu menghasilkan energi dari pemecahan karbohidrat dan protein.

9. Stroberi.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Ada banyak cara untuk menikmati kesegaran stroberi. Kamu nggak hanya mendapatkan kandungan vitaminnya, tapi juga kandungan yang dapat menambah energi.

Stroberi memiliki karbohidrat, serat, dan gula yang dapat meningkatkan tingkat energi. Bahkan satu cangkir stroberi mengandung 13 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 100% RDI untuk vitamin C lho.

Selain melawan rasa lemas, stroberi juga dapat membantu melawan peradangan. Gimana tertarik untuk mencoba, kan?

10. Oatmeal.

Makanan penambah energi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Apakah kamu salah satu pecinta oatmeal? Makanan yang satu ini sering dijadikan solusi pengganti nasi untuk sarapan. Oatmeal kaya akan vitamin dan mineral yang membantu proses produksi energi. Kombinasi kandungan yang terdapat dalam oatmeal menjadi perpaduan yang tepat untuk energimu dalam berkegiatan sehari-hari. Yuk, cobain!




RECOMMENDED