10 Makanan ini dapat mencegah kanker payudara

Kesehatan

10 Makanan ini dapat mencegah kanker payudara

Penyakit yang paling tinggi merenggut nyawa kaum wanita adalah kanker payudara.

Nur Luthfiana Hardian, 12 April 2019 21:01

Brilio.net - Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang di dunia. Kanker adalah penyakit yang terkenal ganas dan bisa dengan mudah merenggut nyawa manusia. Bahkan ada peringatan hari kanker sedunia.

Begitu juga di Indonesia, penyakit kanker sangat ditakuti. Kanker bisa menyerang banyak bagian tubuh, seperti rahim, kulit, darah, paru-paru, hati, dan payudara. Salah satu kanker yang dikenal mematikan adalah kanker payudara. Kanker payudara awalnya bisa tumbuh dari berbagai bagian payudara. Biasanya sebagian besar kanker payudara dimulai pada saluran yang membawa susu ke puting. Selain itu kanker payudara yang bisa dimulai dari kelenjar yang membuat ASI (air susu ibu).

Dilansir brilio.net dari depkes, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan kalau penyakit yang paling tinggi merenggut nyawa kaum wanita adalah kanker payudara. Pada tahun 2018 kanker payudara pada wanita yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk.

Meskipun kanker payudara sangat ditakuti oleh para wanita, penyakit ini bisa saja terjadi pada kaum pria. Jadi kanker payudara harus selalu diwaspadai untuk semua kalangan. Masyarakat diharapkan untuk selalu mengantisipasi dan mencegah agar penyakit berbahaya ini tidak masuk ke tubuhnya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan adalah dengan cara makan makanan yang sehat dan bergizi. Tidak hanya sehat, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang dipercaya mampu menjadi pencegah penyakit kanker payudara. Nah apa saja makanan yang bisa mencegah kanker payudara? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (12/4).

1. Beri.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry hitam, mengandung polifenol tinggi yang memiliki sifat antikanker. Buah ini juga tinggi antioksidan, seperti vitamin C. Dilansir dari healthline, buah beri sudah terbukti dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

2. Plum.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Dilansir dari healthline, sebuah penelitian pada 2009, polifenol yang berada dalam plum dan persik dapat membantu mencegah pembentukan sel kanker payudara. Selain itu juga plum berfungsi untuk membantu menghentikan proses perkembangbiakan sel-sel kanker ke seluruh tubuh. Polifenol membantu membunuh sel kanker sambil meninggalkan sel sehat sendiri.

3. Kedelai.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Dilansir dari medicalnewstoday, penelitian ekstensif selama 25 tahun terakhir telah mengidentifikasi kedelai sebagai sumber makanan yang sangat menyehatkan, kaya protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral, tetapi rendah karbohidrat. Selain mengurangi risiko kanker payudara, kedelai juga dapat mengurangi lipoprotein densitas rendah atau "kolesterol jahat", dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Salmon.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Nutrisi penting yang mendukung sistem kekebalan tubuh.
Dilansir dari timesofindia, sebagai sumber omega-3 dan vitamin B12 dan D, salmon dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah kanker.

Bahkan, beberapa jenis Vitamin B12 (methylcobalamin) terbukti efektif dalam pengobatan kanker. Kamu bisa menyajikan salmon dengan cara dikukus, bakar, panggang, atau tumis. Ikan ini adalah pilihan yang bagus dan cocok dengan banyak menu makanan lain seperti bawang putih, sayuran berdaun hijau gelap, kunyit, paprika dan brokoli.

5. Bawang putih.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Bawang putih kaya akan senyawa yang disebut allium, sebagai senyawa pelawan kanker. Bawang putih terbukti dapat memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah risiko kanker payudara. Kamu bisa mengonsumsi bawang puti dengan cara dihancurkan atau telan sepotong bawang putih setiap pagi.

6. Buah delima.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Buah delima sangat dianjurkan untuk mencegah kanker payudara. Buah delima mengandung polifenol-asam ellagic dengan sifat anti-oksidan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. Masukkan buah lezat ini ke dalam makananmu dan temukan manfaat kesehatan yang efektif.

7. Brokoli.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Brokoli adalah sayuran persilangan dari kembang kol dan kangkung. Brokoli termasuk dalam keluarga tanaman Cruciferae. Brokoli kaya akan sulforophane dan indol, yang terbukti mengatur pertumbuhan sel dengan berbagai cara dan membantu melawan berbagai kanker, termasuk kanker payudara.

8. Paprika.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Paprika mengandung capsaicin tinggi. Paprika juga kaya akan phytochemical atau nutrisi yang akan membantu melawan kanker. Sedangkan kandungan capsaicin dapat melawan laju pertumbuhan sel kanker. Ada dua jenis paprika yang cocok dikonsumsi untuk mencegah kanker.

Paprika hijau kaya akan klorofil yang dapat mengikat karsinogen penyebab kanker yang ditemukan di usus. Paprika merah memiliki capsaicin dan antioksidan karotenoid. Kamu bisa mengonsumsi paprika dengan cara memasukkan ke dalam tumisan sayuran atau makan lainnya.

9. Ubi jalar.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Dilansir dari boldsky, ubi jalar adalah sayuran berwarna oranye yang merupakan sumber utama karotenoid dikenal sebagai beta-karoten. Wanita yang mengonsumsi lebih banyak ubi jalar memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena kanker payudara jenis tertentu.

10. Telur.

makanan kanker payudara pexels

foto: pixabay

Telur mengandung nutrisi penting yang dikenal sebagai kolin, yang dapat melawan kanker payudara. Wanita yang mengonsumsi kolin dalam jumlah tinggi pada telur, memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah. Telur tidak hanya dipercaya untuk mencegah kanker payudara, melainkan juga untuk kesehatan otak.


RECOMMENDED

(brl/guf)

Kesehatan Makanan Buah-buahan Kanker Kanker Payudara

More delicious idea for you

7 Makanan alami ini dapat mencegah kanker serviks
Fast food dan junk food ternyata nggak sama, ini 5 perbedaannya
10 Makanan murah ini baik untuk kesehatan kulit, ada kangkung
12 Makanan ini dapat mencerdaskan anak sejak balita
Menu baru khas Korea hadir di gerai McDonald's Indonesia
5 Makanan ini bisa memperparah radang tenggorokan
6 Bahan alat makan ini bisa sebabkan penyakit berbahaya
Sarapan 10 makanan ini sebelum wawancara kerja, biar tak ngeblank
Back to top BACK TO TOP