Ini tingkat kematangan steak yang paling lezat

Hits

Ini tingkat kematangan steak yang paling lezat

Ada lima tingkat kematangan steak yang bisa dipilih.

Syifa Fauziah, 20 Maret 2019 06:24

Brilio.net - Siapa sih yang enggak suka makan steak? Makanan berbahan dasar daging yang dibakar dengan tingkat kematangan tertentu ini berasal dari negara Barat. Zaman dahulu, steak hanya bisa dinikmati kalangan bangsawan namun sekarang sudah bisa dinikmati oleh semua orang.

Perkembangan restoran steak di Indonesia saat ini juga pesat. Masyarakat Indonesia memiliki kriteria sendiri saat makan steak. Menurut Founder Steak Hotel by Holicow, Wynda Mardio sebanyak 70 persen orang Indonesia lebih suka menikmati steak dengan tingkat kematangan well done.

"Setiap customer ingin order steak, kita selalu edukasi. Sebenarnya steak paling enak itu dinikmati ditingkat kematangan medium, karena masih terasa juicy. Tapi orang kita lebih suka well done, itu karena sudah budaya di sini seperti itu," ujar Wynda dalam acara 9th anniversary Steak Hotel by Holycow.

Hal serupa disampaikan Pengamat Kuliner, Kevindra Soemantri yang mengatakan bahwa orang Indonesia takut makan steak yang masih ada darahnya. Padahal daging yang bagian dalamnya masih merah itu mengandung zat besi.

"Ya itu memang asimilasi budaya yah. Tapi kalau saya rekomendasikan kalau makan steak itu lebih baik di tingkat kematangan medium atau medium rare agar tekstur juicy dagingnya masih terasa. Kalau matang itu dagingnya jadi kering dan nggak berasa," jelasnya.

Kevindra pun menjelaskan daging steak yang berkualitas itu memiliki tekstur yang lembut serta tingkat marbling yang baik. Marbling sendiri merupakan kandungan lemak intraotot yang ada pada daging steak. Semakin banyak kadar marbling maka tekstrur daging semakin lembut dan juicy. "Kualitas marbling yang baik biasanya ada di daging jenis wagyu," pungasnya.

RECOMMENDED

(brl/pep)

Steak Kuliner Makanan

More delicious idea for you

Resep membuat granola, teman menyantap smoothies lezat dan sehat
16 Resep olahan mi instan yang super enak, mudah dan murah
Studi membuktikan makanan Korea ini bisa atasi kebotakan
14 Resep western food ala rumahan, enak dan sederhana
Gerai cokelat ini buat sajian spesial untuk Istana Negara
5 Manfaat jeruk limau untuk kesehatan, bisa cegah kanker
4 Bahan alami bisa mengusir perut kembung dengan cepat
Back to top BACK TO TOP