9 Cara menikmati olahan kentang jadi nendang, favoritmu mana? foto: shutterstock.com

Hits

9 Cara menikmati olahan kentang jadi nendang, favoritmu mana?

Olahan kentang berbentuk biskuit jadi favorit.

Brilio + Canasta
, 14 Februari 2019 10:15

Brilio.net - Kentang merupakan salah satu bahan makanan favorit banyak orang. Mau diolah menjadi campuran sayur sop maupun camilan, kentang bisa disantap hingga tandas.

Lantaran mengandung banyak nutrisi, termasuk karbohidrat yang tinggi, kentang bisa menjadi andalan pengganjal lapar. Contohnya saja saat kamu lagi nongkrong bersama teman satu geng di kafe tapi nggak mau makan nasi, kentang goreng sering jadi pilihan menikmati obrolan seru. Atau ketika kamu nonton festival musik outdoor, sering ada booth jualan camilan kentang yang nggak pernah kamu lewatkan.

Menikmati kentang untuk menemani segala aktivitasmu nggak cuma digoreng aja. Kamu bisa mencicipi beragam kreasi olahan kentang sehingga makin nendang saat dimakan.

Nah, berikut sembilan cara menikmati olahan kentang jadi nendang seperti dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/2). Mungkin salah satunya favoritmu?

1. Dijadikan camilan dalam bentuk keripik rasa-rasa.

Image_Canasta © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Cara menikmati olahan kentang satu ini merupakan cara paling umum. Hampir semua orang pernah merasakan olahan kentang dalam bentuk keripik. Disajikan dalam bentuk irisan kentang tipis yang renyah dan gurih dengan berbagai macam rasa. Bahkan bisa dikatakan jika camilan keripik kentang favorit banyak orang di berbagai belahan dunia.

2. Dinikmati dalam bentuk biskuit rasa-rasa.

Image_Canasta © 2019 brilio.net

foto: Canasta

Selain dijadikan keripik kentang, cara menikmati olahan kentang jadi nendang juga bisa dalam bentuk biskuit kentang. Berbeda dengan keripik kentang yang cenderung tipis, biskuit kentang memiliki tekstur lebih padat namun crunchy. Proses pembuatannya juga nggak digoreng, melainkan dipanggang.

Nah, berbicara tentang biskuit kentang enak, kini ada Canasta, produk baru dari Indofood. Hadir dengan varian rasa rumput laut, BBQ, dan keju, serta teksturnya yang renyah dan gurih, Canasta bisa jadi camilan yang nendang banget saat ngumpul bareng teman-teman dalam segala suasana. Terbuat dari gandum dan kentang yang diolah menjadi biskuit kentang, Canasta bikin kentang jadi nendang!

3. Digoreng lalu dicocol mayones atau saus sambal.

Image_Canasta © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Olahan kentang ini lebih dikenal dengan nama french fries alias kentang goreng. Camilan ini juga sudah lama menjadi favorit banyak orang di berbagai belahan dunia. Gurih, renyah, dan mempunyai sentuhan rasa khas, tak ayal jika french fries akan membuat setiap orang ketagihan saat menyantapnya. Apalagi jika ditambah cocolan mayones atau saus sambal, kenikmatannya akan langsung bertambah, deh!

4. Jadi potato wedges paling nikmat.

Image_Canasta © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Nggak beda jauh dari french fries, potato wedges juga merupakan camilan favorit banyak orang. Perbedaan keduanya terletak pada proses pembuatan. Jika french fries digoreng, potato wedges melalui proses pemanggangan sebelum siap disantap.

Ciri khas olahan kentang satu ini adalah penggunaan oregano dalam bumbunya sehingga menghasilkan aroma yang khas. Selain itu, potongan kentang potato wedges juga terlihat berbeda dengan french fries.  

5. Dalam bentuk mashed potato.

Image_Canasta © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Mashed potato biasanya disajikan sebagai makanan pokok bersama makanan pendamping lain. Teksturnya sangat berbeda dari olahan kentang sebelumnya karena menghancurkan kentang yang sudah direbus hingga lembut. Penambahan lada, keju, dan susu fullcream di dalamnya juga membuat teksturnya semakin lembut dan kental.

6. Diolah menjadi perkedel.

Image_Canasta © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Nikmatnya kentang juga bisa kamu rasakan dalam bentuk olahan perkedel kentang. Olahan kentang satu ini juga memiliki tekstur lembut seperti mashed potato. Namun bedanya, kentang yang sudah dihancurkan kemudian dibentuk sedemikian rupa dan digoreng setelah dilumuri telur hingga warnanya cokelat keemasan.

7. Paling asyik dicamil dalam bentuk stik.

Image_Canasta © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Camilan yang berbahan dasar kentang ini juga nggak kalah nikmat. Bentuknya yang lebih kecil dari keripik kentang, membuat stik kentang memiliki tekstur sangat renyah. Biasanya camilan satu ini hadir saat momen Lebaran tiba.

8. Diolah jadi nugget yang lezat.

Image_Canasta © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Olahan kentang jadi nendang selanjutnya adalah dengan diolah menjadi nugget. Cara membuatnya nggak jauh berbeda dengan perkedel, tapi ketika sudah dibentuk menjadi persegi dan dicelupkan dalam kocokan telur, langkah selanjutnya adalah membalurkannya ke tepung roti. Lalu diamkan selama 30 menit dalam freezer, kemudian goreng hingga cokelat keemasan. Cocok banget buat jadi menu sarapan lezat pada pagi hari.

9. Kentang panggang utuh yang bagus buat diet.

Image_Canasta © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Kentang panggang atau baked potato merupakan olahan kentang yang paling digemari para pelaku diet. Hal ini nggak lain karena proses pembuatannya yang nggak digoreng.

Cara membuatnya pun mudah yaitu menggunakan kentang berukuran besar yang bagian atasnya telah dibelah menjadi empat, kemudian masukkan filling sesuai selera dan sedikit lada di atasnya. Masukkan kentang dalam alumunium foil dan panggang dalam oven selama 15 menit. Kentang panggang sehat pun bisa dinikmati.


RECOMMENDED

(brl/guf)

Canasta #Canasta #BikinKentangJadiNendang #RumahIndofood Sponsored Content

More delicious idea for you

10 Resep makanan khas Jawa Barat mudah dipraktikkan
Cara membuat whipped cream sendiri ala kafe, mudah dibuat
Hada Hiroshi, penjual takoyaki di Solo dengan harga Rp 5 ribu
10 Manfaat daun kelor untuk rahim dan cara mengolahnya
10 Resep nasi goreng Hongkong, enak dan mudah dipraktikkan
10 Manfaat minyak zaitun extra virgin untuk kesehatan
9 Resep nasi goreng pedas, enak, sederhana dan bikin nagih
Resep urip urip gulung, makanan kesukaan Sri Sultan HB IX
Back to top BACK TO TOP